img_title
Foto : GaijinPot Travel

IntipSeleb – Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi incaran wisatawan, terlebih karena aktifnya pemberlakuan bebas visa untuk turis. Hal tersebut tentu mempermudah wisatawan dalam perjalanan liburan mereka.

Seperti yang disebutkan di situs resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, bebas visa berlaku untuk wisatawan mulai Oktober 2022 dengan syarat tertentu. Bagi wisatawan Indonesia, ini tentu menjadi kabar bahagia lantaran mereka bisa liburan ke negeri sakura tanpa harus mengurus visa perjalanan.

Lantas, apa saja sih tempat wisata di Jepang terfavorit yang wajib dikunjungi wisatawan? Yuk scroll lebih lanjut untuk mengetahui selengkapnya!

Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Dikunjungi

Hotels
Foto : Hotels

Salah satu bagian menarik ketika merencanakan liburan ke luar negeri adalah menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi di negara tersebut. Nah, kalau kamu sedang merencanakan liburan ke Jepang, berikut ini rekomendasi tempat wisata di Jepang yang wajib dikunjungi.

1. Sapporo

Sapporo dikenal sebagai kota terbesar di Hokkaido dengan jumlah penduduk sekitar 2 juta jiwa. Meskipun berperan sebagai pusat politik dan ekonomi, kota ini juga menawarkan berbagai tempat wisata populer yang menarik dikunjungi.

Sapporo Clock Tower adalah landmark ikonik dengan sejarah 130 tahun yang ditetapkan sebagai Properti Budaya Penting Nasional. Sementara itu, ada pula Goryokaku yang mengacu pada tempat bersejarah dengan benteng berbentuk bintang yang dikenal sebagai tempat melihat bunga sakura di musim semi.

Di kota ini, ada Festival Salju Sapporo yang merupakan festival tahunan simbolis yang diadakan pada bulan Februari yang memukau pengunjung dengan pameran pahatan es yang luar biasa.

2. Shibuya Crossing

Terletak di kawasan Shibuya di Tokyo, Shibuya Crossing dikenal luas sebagai penyeberangan tersibuk di dunia. Terdiri dari 5 persimpangan jalan yang memungkinkan pejalan kaki datang dan pergi ke segala arah persimpangan.

Pada waktu tersibuk, diperkirakan lebih dari 3 ribu orang melintasinya pada waktu yang bersamaan tanpa bertabrakan, sehingga menciptakan pemandangan yang luar biasa.

Selain itu, di kawasan ituada Shibuya Scramble Square yang merupakan kompleks perbelanjaan pemandangan 360 derajat persimpangan ikonik serta distrik Shibuya yang penuh dengan gedung pencakar langit.

3. Yokohama Minatomirai

Yokohama Minatomirai mengacu pada kawasan wisata populer di Kanagawa dengan berbagai kompleks komersial dan tempat hiburan. Kota ini berperan sebagai pusat ekonomi dan perbelanjaan di Yokohama, kota terbesar kedua di Jepang berdasarkan jumlah penduduk yang dapat dikses dalam waktu kurang dari 30 menit dengan kereta api dari Tokyo.

Kunjungi Yokohama Landmark Tower yang menawarkan pemandangan malam Kota Yokohama yang spektakuler dari dek obsevasi di ketinggian 273 meter. Kunjungi juga Cup Noodles Museum untuk mempelajari sejarah mie instan yang berasal dari Jepang melalui pameran interaktif. Kamu juga bisa menghadiri kelas membuat mie instan, lho.

4. Gunung Fuji

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Gunung Fuji adalah salah satu tempat wisata di Jepang yang wajib dikunjungi karena menjadi simbol dari negeri sakura tersebut.

Dikenal sebagai gunung tertinggi di Jepang, gunung ini memikat banyak pengunjung dengan keindahan dan kehadirannya yang luar biasa. Kamu dapat menikmati puncak simbiolis dari kejauhan, atau melewati jalur pendakian menarik yang memungkinkanmu menjelajahi alam sekitarnya.

Gunung Fuji juga menawarkan berbagai petualangan outdoor seperti berkayak atau berlayar dengan prahu di danau indah yang disebut Fujigoko. BBQ dan berkemah bisa menjadi pilihan lain untuk dilakukan di sana.

5. Kyoto (Fushimi Inari)

Kyoto memang tidak pernah memukau pengunjung dengan pemandangan kota yang luar biasa dengan kuil yang indah. Dulunya, Kyoto merupakan ibu kota kuno Jepang hingga Tokyo mengambil alih tempatnya dan menjadi pusat ekonomi dan politik terbesar.

Berjalan-jalan di sekitar kota yang indah akan membawamu ke situs bersejarah yang terkenal di dunia, seperti Arashiyama, kawasan damai yang terkenal dengan hutan bambu yang menakjubkan. Ada pula Kiyomizudera yang merupakan kuil suci Buddha yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994.

Tempat wisata di Kyoto lainnya yang menarik adalah Fushimi Inari, kuil Shinto yang terletak di kaki Gunung Inari. Kuil indah ini dikunjungi oleh banyak wisatawan dari seluruh dunia sebagai objek wisata populer di Jepang, khususnya Kyoto.

Tempat tersebut menyambut kedatangan pengunjung dengan Senbon-torii yang secara harafiah mengacu pada seribu gerbang Torii merah yang menciptakan pemandangan menakjubkan.

Berkunjung ke sana di pagi hari akan memungkinkanmu mengambil foto gerbang Tori yang indah tanpa keramaian. Ini juga merupakan tempat hiking semourna yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi area kuil yang misterius dan sakral sambil meraskan udara segar.

6. Nara Park

Dibutuhkan waktu sekitar 50 menit perjalanan kereta dari Kyoto untuk mencapai Nara Park yang merupakan tempat wisata bersejarah di Jepang. Di sana, terdapat banyak tempat bersejarah seperti Todaiji, kuil Buddha simbolis yang didirikan oleh kaisar Shomu pada awal abad ke-8.

Nara Park merupakan taman yang dibuka pada tahun 1880. Luasnya sekitar 502 hektar dan terdapat sejumlah situs bersejarah populer seperti Todaiji, Kofukuji dan Museum Nasional Nara. Nara Park juga dikenal sebagai Taman Rusa karena terdapat lebih dari 1000 rusa yang tinggal di taman ini.

7. Original Castles

Jepang dulunya memiliki lebih dari 25 ribu kastil, namun seiring berjalannya waktu akibat peperangan, bencana alam, dan pergerakan modernisasi, hanya tersisa 12 original castles atau kastil asli. Kastil asli berarti memiliki menara kastil yang dibangun pada zaman Edo atau sebelumnya.

Kastil yang paling populer bagi wisatawan adalah Kastil Himeji di Hyogo. Kastil putih yang indah ini sering disebut sebagai Shirasagi-jo yang artinya bangau putih. Kastil ini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

8. Ghibli Spots

Ada beberapa tempat yang disebut-sebut sebagai Ghibli spot yang terkenal di Jepang. Yakushima adalah salah satunya, yang konon menjadi inspirasi dari film Ghibli Princess Mononoke. Lokasi Ghibli di Jepang lainnya adalah Dogo Onsen di Ehime di mana kamu bisa melihat pemandangan air panas yang terlihat seperti pemandian di film Ghibli.

9. Game Spots

Budaya bermain game adalah sesuatu yang dibanggakan Jepang. Dengan budaya Otaku yang unik, kamu dapat menikmati beberapa tepat terkait game, khususnya di Tokyo. Akibahara dikenal sebagai kota Otaku yang menampilkan berbagai toko permainan dan pusat permainan arcade, serta Nakano.

Jika kamu menyukai game-game Jepang, kunjungilah lokasi nyata di game yang kamu mainkan dan kamu akan terkejut melihat betapa akuratnya mereka menggambarkan tempat tersebut di dalam game.

Nah, itulah sederet rekomendasi tempat wisata di Jepang yang wajib dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara. Tempat wisata populer di Jepang di atas tak hanya menawarkan keindahan alam, tapi juga kekayaan budaya Jepang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk perencanaan liburanmu ke Jepang, ya!

Topik Terkait