img_title
Foto : Tokopedia

IntipSeleb – Jika kamu sedang mencari kota destinasi liburan untuk menjernihkan pikiran setelah dihimpit dengan kesibukan dan pekerjaan, Surabaya mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan sejarah bangsa ini. Tak heran, ada banyak sekali tempat wisata di Surabaya yang berkaitan erat dengan sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan di Kota Pahlawan ini.

Tak hanya itu, Surabaya juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menawarkan hiburan, edukasi dan sejarah. Maka tak heran jika Surabaya kerap menjadi kota destinasi liburan bagi banyak orang setelah lelah dengan hiruk pikuk kesibukan.

Untuk itu, yuk simak rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Kota Pahlawan ini.

1. Kelenteng Sanggar Agung

Tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi adalah Kelenteng Sanggar Agung. Berlokasi di kawasan Pantai Ria Kenjeran membuat kelenteng ini memiliki daya tarik tersendiri.

Di tempat ini, banyak terdapat patung-patung seperti Dewi Kwan In yang merupakan ikon dari kelenteng ini, patung Sha Nan dan Tong Nu serta patung naga yang meliuk.

Kelenteng Sanggar Agung cocok dijadikan sebagai tempat wisata religi di Surabaya. Jika ingin mendapatkan suasana yang lebih sakral, kamu bisa datang ke sini saat perayaan Imlek karena kelenteng ini ramai dikunjungi orang untuk beribadah maupun wisata lokal maupun asing.

2. Museum House of Sampoerna

Berkunjung ke Surabaya kurang rasanya jika tidak mengunjungi Museum House of Sampoerna. Tempat wisata di Surabaya ini merupakan sebuah Museum Kretek yang terletak di Taman Sampoerna 6. Tempat ini merupakan lokasi pertama produksi rokok Sampoerna.

Di museum ini, kamu bisa mengenal sejarah kretek di Indonesia. Mulai dari mengenal jenis-jenis cengkeh, pemantik rokok, dan tentu saja bisa melihat proses pembuatan rokok. Selain itu, museum ini juga menawarkan pada pengunjung untuk keliling Surabaya gratis dengan menggunakan bus.

Museum House of Sampoerna juga memiliki kafe dan tempat penjualan souvenir di lantai 2. Dan tentu saja, museum ini juga instagramable untuk dijadikan spot foto menarik. Maka dari itu, jangan lupa siapkan kamera, ya!

3. Atlantis Land

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya terkenal dengan cuaca yang panas. Maka dari itu, mengunjungi tempat wisata air merupakan pilihan yang tepat untuk menyegarkan badan. Salah satu tempat wisata air di Surabaya adalah Atlantis Land.

Atlantis Land tak hanya menyediakan kolam renang dengan banyak perosotan panjang nan meliuk. Atlantis Land juga memiliki banyak wahana hingga atraksi yang siap membuat pengunjung terhibur.

4. Ekowisata Mangrove

Tak hanya wisata air, berkunjung ke daerah yang hijau menjadi pilihan yang tepat jika kamu berada di Surabaya. Nah, salah satu tempat wisata di Surabaya yang bisa menjernihkan pikiranmu adalah Ekowisata Mangrove.

Selain menghirup udara segar, pengunjung juga bisa menyusuri hutan mangrove di atas jembatan kayu. Lokasinya yang bagus, bersih dan murah menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan spot hunting foto. Selain itu, ada juga kolam pemancingan untuk keluarga yang tentunya akan membuat liburan semakin seru.

5. Hutan Bambu Keputih

Bagi kamu penggemar wisata alam, Hutan Bambu Keputih mungkin adalah tempat wisata di Surabaya yang cocok untukmu. Tempat ini terletak di Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya.

Awalnya, tempat ini hanya sebatas tempat pembuangan sampah, namun kemudian disulap menjadi hutan bambu dengan pemandangan indah bak di Jepang.

Dengan banyaknya spot cantik dan menawan, membawa kamera adalah hal wajib jika kamu datang ke sini. Kamu juga bisa menemukan pohon-pohon sakura di Hutan Bambu Keputih ini, lho.

6. Pagoda Tian Ti

Tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah Pagoda Tian Ti yang berlokasi di kawasan Kenjeran. Pagoda ini berdiri sejak tahun 2010 dan menjadi salah satu tempat wisata populer di Surabaya.

Pagoda yang kerap disebut sebagai Sky World ini terinspirasi dari desain Pagoda Tian Tan di Beijing, China. Namun, pagoda ini sengaja dibuat sebagai ikon pariwisata di Surabaya dan bukan untuk ritual keagamaan.

Pagoda Tian Ti terdiri dari tiga lantai dengan diameter 60 meter dan tinggi 58 meter. Konstruksi bangunan utamanya terbuat dari baja dan bukan kayu seperti bangunan aslinya. Walau begitu, kesan megah tetap bisa didapatkan ketika menyaksikannya dari dekat.

7. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo merupakan tempat wisata religi di Surabaya yang bisa kamu kunjungi. Masjid ini selalu ramai pengunjung karena visualnya yang unik. Masjid bergaya arsitektur China ini didominasi dengan warna merah dan hijau yang menawan.

Selain beribadah, banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk selfie di setiap sudut bangunannya. Maka dari itu, kalau kamu sedang berada di Surabaya, jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini, ya.

8. Kebun Binatang Surabaya

Jika kamu mencari tempat wisata untuk liburan keluarga di Surabaya, maka Kebun Binatang Surabaya adalah pilihan yang tepat. Tempat ini sempat menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan total koleksi 211 spesies dan lebih dari 2 ribu binatang.

9. Kampung Arab

Indonesia memang kaya akan keberagaman dan hal tersebut tercermin dari banyaknya suku dan budaya yang dimiliki. Ada banyak kampung di Surabaya yang terbagi berdasarkan etnis, salah satunya adalah Kampung Arab.

Kampun Arab dihuni oleh penduduknya yang mayoritas berdarah Arab. Kampung ini menjadi salah satu kampung yang dijadikan tempat wisata di Surabaya dan mendapat perhatian dari banyak wisatawan. Salah satu alasan utamanya adalah karena bisa dijadikan sebagai tempat wisata religi.

Selain bisa lebih mengenal budaya Arab yang kental di sana, kamu juga bisa berburu souvenir mulai dari pakaian, minyak wangi, hingga peralatan ibadah yang dijual di kawasan Ampel tersebut.

10. Museum 10 November

Jika kamu ingin mengetahui secara detail cerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya ketika melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945, Museum 10 November adalah tempat wisata sejarah di Surabaya yang wajib dikunjungi. Sebab, museum ini adalah gudangnya cerita dan bukti sejarah perjuangan pahlawan.

Museum 10 November berlokasi tidak jauh dari Tugu Pahlawan, yaitu masih sama-sama di Jalan Pahlawan. Di museum ini kamu bisa menyaksikan foto dan lukisan dari situasi zaman perang. Selain itu, ada pula benda koleksi dari bukti perjuangan Bung Tomo dan perlatan perang masyarakat Surabaya.

Nah, itulah rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang wajib kamu kunjungi. Selain menawarkan hiburan, tempat-tempat di atas juga menyajikan wahana bermain, objek wisata alam, tempat wisata edukasi dan tempat wisata religi yang memberikan kesan tersendiri yang akan sulit dilupakan.

Dengan rekomendasi tempat wisata di atas, semoga kamu dapat menemukan lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu dan menjernihkan pikiran. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait