img_title
Foto : Instagram @putrihabibie

IntipSeleb – Tak terasa bulan Ramadan akan segera tiba. Pada momen mendekati bulan puasa seperti sekarang ini, banyak orang sudah mulai kepikiran untuk menyiapkan stok makanan, baik itu untuk hampers, untuk sahur maupun untuk menu buka puasa di bulan Ramadhan.

Jika kamu juga demikian, maka kamu tidak perlu khawatir! Konten kreator masak Putri Habibie memiliki banyak sekali resep makanan yang lezat dan menarik yang cocok sekali untuk dijadikan stok selama Ramadan, hampers puasa, hingga menu takjil.

Dalam artikel kali ini, ada tiga resep yang dapat kamu pelajari dan praktikkan sendiri di rumah. Terdapat 2 menu sambal untuk stok selama Ramadan serta satu menu untuk takjil buka puasa.

Semua resep tersebut tak hanya lezat, tapi juga memiliki keunikan tersendiri dibandingkan resep-resep yang biasa kamu temui di luar sana, lho. Selain itu, kamu pasti bakal ketagihan dengan resep-resep makanan di bawah ini.

Oh iya, resep-resep di bawah ini juga sangat cocok buat kamu yang tengah mencari ide jualan saat Ramadan, lho. Selain rasanya yang lezat, menu-menu di bawah ini juga mudah dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan pun cukup sederhana.

Jadi, jika kamu ingin menjadikan resep di bawah ini seabagai ide jualan, modal yang kamu perlukan juga tidak terlalu banyak, sementara keuntungan yang bisa kamu dapatkan mungkin bisa berkali-kali lipat. Ide jualan saat Ramadan yang menjanjikan, bukan?

Nah, penasaran dengan resep makanan ala Putri Habibie apa saja yang bisa dijadikan ide jualan saat Ramadan? Yuk intip 3 ide jualan saat Ramadan ala Putri Habibie berikut ini!

Sambal Teri Crispy

Ketika berbicara soal sambal, tentu yang ada di benak banyak orang adalah sesuatu yang lembek atau basah dan pedas. Sebab, sambal yang dikenal pada umumnya melalui tahap penumbukan yang menjadikan teksturnya lembut.

Tapi, jika kamu bosan dengan sambal-sambal semacam itu, kamu bisa mencoba resep Putri Habibie yang satu ini. Sebab, resep yang satu ini akan menyajikan sajian sambal yang kering dan crispy, tapi tetap pedas dan lezat.

Penasaran dengan cita rasa ambal teri crispy ala Putri Habibie? Yuk simak resepnya berikut ini dan praktikkan sendiri di rumah, ya!

Bahan:

  1. Cabe rawit
  2. Daun jeruk
  3. Bawang merah
  4. Bawang putih
  5. Tepung bumbu serbaguna
  6. Ikan teri
  7. Air
  8. Minyak goreng
  9. Kaldu bubuk

Cara Membuat:

  1. Potong cabe rawit, daun jeruk, bawang merah dan bawang putih sesuai selera
  2. Basahi bahan-bahan yang sudah dipotong dengan sedikit air agar tepung menempel
  3. Taburi cabe rawit, daun jeruk, bawang merah, dan bawang putih yang telah dibasahi dengan tepung bumbu serbaguna hingga merata dan seluruh permukaan terlumuri
  4. Goreng semua bahan yang telah dilumuri tepung ke dalam minyak panas, aduk-aduk
  5. Tambahkan ikan teri, aduk hingga merata
  6. Jika seluruh bahan yang digoreng sudah crispy, angkat lalu tiriskan
  7. Campurkan dengan kaldu bubuk, lalu aduk hingga merata
  8. Sambal teri crispy pun siap dinikmati atau dikemas

Balado Teri Pete

Nah, berbeda dari resep sebelumnya, balado teri pete mungkin sudah lazim di telinga para pecinta pedas. Perpaduan pedas, gurih, dan aroma khas dari petai memberikan kenikmatan tersendiri yang bikin ketagihan.

Tapi, bukan Putri Habibie namanya jika tidak memberikan sesuatu hal yang baru dalam resepnya. Jika biasanya balado teri pete dibuat dengan petai yang dikupas, di resep ini kulit petai pun turut diolah, lho. Tapi jangan khawatir, kulit petai justru menambahkan sensasi dan tekstur yang unik dan asyik ketika disantap.

Nah, penasaran dengan resep balado teri pete ala Putri Habibie? Yuk simak resepnya berikut ini dan jangan lupa untuk praktikkan di rumah, ya.

Bumbu halus:

  1. Bawang putih 7 siung
  2. Bawang merah 5 siung

Bumbu merah:

  1. Cabai rawit 30 gram
  2. Cabai merah 90 gram

Bahan:

  1. Petai 6 papan
  2. Teri 150 gram
  3. Daun jeruk 2 lembar
  4. Garam secukupnya
  5. Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong pete beserta kulitnya (buang pinggirnya). Kemudian goreng dengan api sedang hingga crispy.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum diikuti dengan bumbu merah. Masak hingga harum, asat, dan berubah warna. Biarkan hingga dingin.
  3. Saat sambal sudah suhu ruang, baru campur dengan teri dan pete agar pete dan teri tetap krispi.

Bubur Sumsum Keju

Bubur sumsum jadi salah satu menu takjil yang jadi favorit banyak orang. Rasanya yang lembut, manis dan hangat membuat makanan ini kerap dianggap sebagai comfort food, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Tapi, bagaimana jika keju ditambahkan dalam resep bubur sumsum? Coba bayangkan perpaduan manis dari kuah gula merah dan gurih dari keju serta santannya. Dijamin bikin ngiler!

Bahan:

  1. 50gr Tepung Beras
  2. 200ml santan + 200ml air
  3. 150gr keju cepat leleh (quickmelt)

Kuah gula merah:

  1. 160gr gula merah cacah
  2. 200ml air
  3. 1 lembar daun pandan ikat

Cara memasak:

  1. Pertama, campurkan sedikit santan didalam adonan tepung beras, aduk hingga rata dan tidak menggumpal.
  2. Tuang santan dan air kedalam wajan masak hingga mendidih, jika sudah mendidih tuang adonan tepung beras.
  3. Masak hingga matang dan sisihkan.
  4. Untuk kuahnya langsung tuang ke panci diatas kompor gula merah, air dan daun pandan masak hingga mendidih.
  5. Bubur sumsum keju siap untuk disajikan bareng keluarga di rumah.

Nah, itulah sederet resep masakan untuk ide jualan saat Ramadhan ala Putri Habibie yang wajib kamu coba di rumah dan bisa jadi ladang cuan yang menjanjikan. Selamat menyambut Ramadan dan semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait