img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSelebBulan puasa atau Ramadhan kerap diidentikkan dengan suasana yang penuh berkah, kebersamaan dan berbagai kegiatan ibadah. Momen bulan Ramadan yang spesial ini sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia.

Selain dipenuhi dengan berbagai kegiatan ibadah, Ramadan juga menjadi momen yang tepat bagi para pebisnis untuk mengembangkan ide jualan di bulan puasa yang menarik dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Lantas, apa saja sih yang bisa menjadi inspirasi bisnis di bulan Ramadan? Yuk intip sederet ide bisnis di bulan puasa yang dijamin bakal cuan banget.

Lauk Matang

Freepik/ mrsiraphol
Foto : Freepik/ mrsiraphol

Lauk matang merupakan salah satu ide jualan di bulan puasa yang menguntungkan. Bisnis lauk matang di bulan Ramadan mempunyai target konsumen yang jelas, yaitu anak-anak kos, orang kantoran atau pekerja yang tidak sempat untuk memasak antaran kesibukannya.

Biasanya, anak kos atau para pekerja kantoran tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak dua kali sehari, yaitu saat sahur atau berbuka puasa, sehingga membeli lauk matang adalah jalan keluar yang praktis.

Dengan menjual lauk matang, pedagang juga bisa membantu konsumen untuk mendapatkan makanan yang lezat dan cepat. Nah, perlu diingat ketika kamu hendak berjualan lauk matang, sediakan pilihan menu yang bervariasi agar pembeli tidak bosan dan selalu kembali lagi ke warung makanmu.

Selain itu, sebaiknya pedagang memberikan kemasan lauk dengan baik agar bisa dihangatkan kembali saat sahur dan makanan tidak mudah basi.

Katering

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Ide jualan di bulan puasa selanjutnya adalah katering. Bisnis katering juga cocok sekali bagi konsumen yang tidak punya waktu untuk memasak. Bisnis ini juga cocok bagi konsumen yang tinggal di kos atau apartemen.

Bisnis katering harian semacam ini akan memudahkan konsumen yang tidak mempunyai waktu untuk memasak dan keluar rumah. Katering harian juga bisa divariasikan. Pedagang bisa menyediakan menu katering biasa, atau menu katering khusus diet, seperti misalnya katering khusus vegetarian.

Frozen Food

Freepik/ azerbaijan_stockers
Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers

Selain bisnis lauk matang atau katering, bisnis frozen food juga merupakan ide jualan di bulan puasa yang menjanjikan, lho. Banyak orang yang mencari frozen food untuk sahur, sebab makanan ini awet dan praktis.

Saat ini, ada banyak sekali ragam frozen food yang tersedia, mulai sari nugget, ikan, ayam bumbu, kebab, dimsum, dan masih banyak lagi.

Selain makanan beku yang bisa langsung dihangatkan, ada pula daging beku yang memudahkan konsumen untuk menyimpan dan mengolahnya menjadi berbagai macam varian masakan. Frozen meat yang biasanya menjadi stok makanan bulan puasa, antara lain daging sapi beku, ikan fillet, ayam fillet, hingga seafood seperti udang dan cumi.

Kurma dan Madu

Freepik/ azerbaijan_stockers
Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers

Bulan Ramadan identik dengan produk makanan khas Timur Tengah, seperti misalnya kurma. Ada berbagai jenis kurma yang nikmat, seperti kurma ajwa, barhi, medjool, sukkari, dan masih banyak lagi.

Seperti diketahui, kurma menjadi salah satu makanan yang disunnahkan untuk dimakan saat buka puasa dan sahur. Bagi orang Islam, disunnahkan untuk mengonsumsi kurma dalam bilangan ganjil saat sahur dan berbuka.

Selain kurma, madu juga menjadi produk herbal yang banyak dicari saat bulan puasa. Mengonsumi madu di bulan puasa dipercaya dapat memberikan stamina dan menjaga kesehatan tubuh. Tak heran bila madu banyak dicari oleh orang Muslim menjelang bulan Ramadan.

Parcel

Freepik/ BalashMirzabey
Foto : Freepik/ BalashMirzabey

Menjelang puasa dan lebaran, banyak orang yang saling memberi parcel untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri. Hantaran atau parcel menjadi bentuk perhatian kepada orang yang menerima. Maka tak heran bila parcel menjadi ide jualan di bulan puasa yang menjanjikan.

Biasanya, pacel bisa diisi oleh produk-produk buatan sendiri atau produk kemasan yang dirangkai menjadi satu kesatuan. Isi parcel pun beragam, mulai dari kue, makanan berat, makanan ringan, minuman, alat ibadah, dan lain sebagainya.

Kue Kering

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Kue kering menjadi santapan nikmat untuk bulan Ramadan dan lebaran Idul Fitri. Terlebih, di momen-momen seperti ini biasanya banyak orang yang berkumpul bersama dengan keluarganya.

Selain lezat, kue kering juga cenderung awet, sehingga tak heran bila lebih banyak diminati ketimbang kue basah yang lebih mudah basi. Daya tahannya yang berbulan-bulan juga cocok untuk dijadikan isian parcel untuk saudara-saudara nun jauh di sana.

Takjil

Titipku
Foto : Titipku

Ide bisnis di bulan puasa selanjutnya adalah takjil. Ya, siapa sih yang tidak tergoda untuk membeli aneka macam takjil sembari ngabuburit menjelang waktu berbuka.

Jika kamu pandai memasak dan gemar bereksperimen dengan berbagai macam resep, kamu bisa mencoba peruntungan untuk berbisnis di bidang ini.

Ada banyak sekali resep takjil yang dapat kamu temui di internet dan kamu coba praktikkan sendiri. Setelah itu, kamu bisa mencari tempat untuk berjualan, entah dengan menyewa stan atau membuka sistem pre order lewat media sosial.

Alat Ibadah

Pinterest
Foto : Pinterest

Bulan puasa menjadi momen yang ideal bagi semua individu untuk mengembangkan amalan dan meraih pahala. Tidak mengherankan, pada bulan ini, masjid-masjid selalu ramai dengan orang-orang yang tekun dalam beribadah.

Dengan intensitas ibadah yang tinggi, pasti diperlukan sejumlah peralatan ibadah yang memadai. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, tetapi masjid juga perlu menyediakan Alqur'an, mukena, peci, sarung, atau sajadah dalam jumlah yang lebih banyak untuk digunakan oleh jamaah.

Tingginya permintaan akan peralatan ibadah ini membuatnya menjadi peluang bisnis yang menjanjikan selama bulan puasa.

Busana Muslim

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Di bulan Ramadan, banyak orang berusaha meningkatkan penampilan mereka ke arah yang lebih baik. Mungkin ada yang awalnya belum menggunakan jilbab, namun di bulan ini mereka berupaya secara perlahan-lahan menutup aurat.

Ada juga yang sebelumnya memakai pakaian yang menonjolkan bentuk tubuh, namun banyak yang akhirnya memilih untuk mengenakan pakaian yang lebih longgar untuk menyamarkan bentuk tubuh.

Dengan segala perubahan ini, tentu saja, penjual jilbab dan busana muslim menjadi salah satu yang paling diuntungkan dari sisi bisnis.

Permintaan untuk kedua produk tersebut dipastikan meningkat. Dan ini juga bisa berlaku untukmu. Mengapa tidak mencoba menjadi bagian dari mereka yang mendapatkan keuntungan?

Dengan mencoba usaha jilbab dan busana muslim, kamu tidak hanya dapat menghasilkan uang, tetapi juga membantu memfasilitasi orang-orang yang berupaya meningkatkan penampilan mereka.

Nah, itulah sederet ide jualan di bulan puasa yang dapat kamu jadikan ladang cuan menjelang lebaran Idul Fitri. Siapa sih yang nggak mau merayakan Idul Fitri dengan kantong yang tebal? Semoga bermanfaat, ya! (bbi)

Topik Terkait