img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Sebel nggak sih kalau badan tiba-tiba melar gara-gara lemak numpuk di beberapa bagian tubuh, seperti perut misalnya? Penumpukan lemak di tubuh bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh, lho. Jadi kamu perlu waspada.

Penting diketahui, lemak trans adalah penyebab utama masalah kesehatan saat ini. Oleh karena itu, penting untuk menguranginya untuk memastikan kesejahteraan secara keseluruhan. Lihat bagaimana Anda dapat mengurangi asupannya.

Pada generasi sekarang, konsumsi lemak trans meningkat berlipat ganda karena tersedianya makanan kemasan seperti kue kering, cookies, cake, pie, muffin, donat, keripik kentang, keripik tortilla, popcorn, dan cracker.

Selain itu, makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng, bawang bombai, dan ikan goreng telah menjadi makanan utama masyarakat saat ini. Lemak trans yang dikenal juga dengan nama minyak terhidrogenasi bertanggung jawab menimbulkan berbagai risiko kesehatan termasuk risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting untuk mengurangi konsumsinya untuk menjaga kesehatan kita. Nah, untuk itu yuk intip sederet tips mengurangi penumpukan lemak tubuh berikut ini dilansir dari Herzindagi pada Minggu, 18 Februari 2024.

Herzindagi
Foto : Herzindagi

1. Baca label nutrisi

Bacalah label nutrisi pada makanan kemasan sebelum memasukkannya ke dalam keranjang belanjamu. Carilah keberadaan "minyak terhidrogenasi parsial" atau "minyak terhidrogenasi" dalam daftar bahan, karena ini menunjukkan adanya lemak trans. Pilih produk dengan nol gram lemak trans atau yang tidak mengandung minyak terhidrogenasi parsial.

2. Pilih real food

Tips mengurangi penumpukan lemak selanjutnya adalah mengonsumsi real food atau makanan utuh. Fokus pada konsumsi makanan utuh yang merupakan makanan olahan minimal seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan kacang-kacangan yang mengandung sedikit atau tanpa lemak trans.

3. Masak sendiri

Memesan makanan di restoran memang lebih mudah, namun kebiasaan memesan makanan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu disarankan untuk menyiapkan makanan di rumah menggunakan bahan-bahan segar bila memungkinkan. Memasak dari awal memungkinkan kamu mengontrol jenis dan jumlah lemak yang digunakan dalam resepmu, sehingga mengurangi asupan lemak trans.

4. Batasi makanan cepat saji dan olahan

Minimalkan konsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan, karena sering kali mengandung lemak trans dalam jumlah tinggi. pilihlah alternatif yang lebih sehat atau siapkan makanan cepat saji favorit versi buatan sendiri.

5. Pilih lemak yang sehat

Tips mengurangi penumpukan lemak selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sumber lemak yang sehat. Pilih lemak yang lebih sehat (pilihan makan malam rendah kalori) seperti minyak zaitun, minyak alpukat, minyak canola, dan minyak yang kaya lemak tak jenuh untuk memasak dan membuat kue. Minyak ini berbentuk cair pada suhu kamar dan tidak memerlukan hidrogenasi.

6. Pilih cemilan yang sehat

Saat ngemil, pilihlah alternatif yang lebih sehat (peretasan kesehatan musim dingin) seperti buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, popcorn, atau biskuit gandum daripada camilan kemasan yang mungkin mengandung lemak trans.

Dengan memasukkan strategi ini ke dalam gaya hidupmu, kamu dapat secara efektif mengurangi asupan lemak trans dan meningkatkan kesehatan jantung. Demikianlah tips mengurangi penumpukan lemak tubuh yang dapat kamu terapkan. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait