img_title
Foto : Instagram @baskaramahendra

IntipSeleb – Hidup sebagai seorang vegetarian, Sherina Munaf dan sang suami, Baskara Mahendra membuka bisnis kuliner, yaitu Bakmiaw, restoran vegetarian dan vegan yang berfokus pada menu bakmi.

Restoran bakmi yang mengusung tema Chinese peranakan tersebut membuat beragam menu plant based atau berbahan dasar nabati dengan cita rasa yang tak kalah dari bakmi pada umumnya.

Meski kamu bukan seorang vegan atau vegetarian seperti Sherina Munaf dan Baskara Mahendra, kamu tetap bisa menikmati hidangan di restoran ini. Terbukti, banyak pengunjung yang merasa ‘tertipu’ lantaran rasa toppingnya yang sangat mirip dengan daging pada umumnya.

Tak hanya topping dagingnya saja yang menjadi perhatian, mie yang digunakan pun juga bukan sembarang mie, lho. Sebab, berbeda dengan mie pada umumnya yang menggunakan telur untuk menghasilkan tekstur yang kenyal, Bakmiaw tidak demikian.

Mie yang digunakan dalam Bakmiaw diformulasikan dengan komposisi khusus agar menciptakan tekstur mie yang kenyal konsisten dan mampu menyerap bumbu dengan baik agar tidak terasa hambar ketika disantap.

Sebagai rumah makan bertema nabati, Bakmiaw hadir bukan hanya untuk para pelaku vegetarian dan vegan saja, tapi juga untuk para pecinta bakmi di seluruh Indonesia.

Nama Bakmiaw sendiri juga bukan tanpa alasan, lho. Sherina dan Baskara yang merupakan pecinta binatang, khususnya kucing, membuat mereka menambahkan kata ‘miaw’ yang merupakan suara kucing. Di resto Bakmiaw sendiri, pengunjung juga akan menemukan dekorasi yang berhubungan dengan kucing.

Nah, jika kamu penasaran dengan olahan bakmi ala Sherina Munaf dan Baskara Mahendra ini, yuk intip rekomendasi menu di Bakmiaw yang wajib kamu coba jika berkunjung ke sana!

1. Mie Karet Brisket

Rekomendasi menu di Bakmiaw yang pertama adalah Mie Karet Brisket. Bagi kamu yang bingung mengapa di restoran vegetarian ini menyajikan topping brisket, jangan khawatir. Sebab, brisket yang digunakan di tempat makan ini murni terbuat dari bahan-bahan nabati, seperti kedelai, jamur, dan bahan lainnya.

Selain itu, potongan brisket vegan ini juga diasap agar penampilannya mirip dengan brisket betulan, bahkan ada lapisan lemak daging buatan yang mirip dengan daging asli. Meski teksturnya tidak sekenyal daging sapi, tapi aroma smokey menambahkan aromatik yang luar biasa ketika disantap.

Dalam seporsi Mie Karet Brisket, kamu akan mendapatkan seporsi mie karet dengan topping berupa caisim, irisan daun bawang, potongan brisket, pangsit goreng, cacahan seledri, dan jeruk limau.

Selain itu, ada tambahan kuah yang hangat dan gurih lengkap dengan sambal yang dapat kamu tambahkan sesuai selera. Bagi kamu pecinta mie dan daging brisket, menu ini mungkin akan cocok untukmu.

2. Mie Tipis Char Siu

Bagi yang belum mengetahui, Char siu merupakan semacam bumbu barbeque asal China yang biasanya digunakan untuk daging sapi, ayam, atau babi. Tapi, di Bakmiaw, char siu disajikan dalam versi vegan.

Di menu Mie Tipis Char Siu, char siu merupakan potongan daging ayam tiruan yang terbuat dari campuran beberapa bahan nabati sehingga memiliki rasa dan tampilan yang mirip dengan ayam char siu sungguhan.

Warna char siu yang merah menggoda dengan aroma rempah yang tercium menghadirkan aroma yang menggiurkan. Rasa char siunya sendiri gurih dan manis yang berasal dari proses karamelisasi. Untuk teksturnya, char siu di Bakmiaw terasa lebih empuk dibandingkan daging ayam sungguhan.

Dalam seporsi Mie Tipis Char Siu, kamu akan mendapatkan seporsi mie tipis lengkap dengan potongan char siu, caisim, pangsit goreng, irisan daun bawang, daun seledri dan jeruk limau. Selain itu, disediakan pula kuah dan sambal yang dapat ditambahkan sesuai selera.

3. Nasi Hainan

Jika kamu tidak terlalu suka bakmi tapi ingin menyantap makanan berat, kamu bisa mencoba menu Nasi Hainan. Nasi hainan sendiri merupakan Chinese food yang bercita rasa gurih seperti nasi uduk. Bedanya, nasi hainan tidak menggunakan santan melainkan kaldu.

Nasi Hainan di Bakmiaw sendiri disajikan dengan beragam topping vegetarian, seperti brisket dan char siu. Selain itu, jenis nasi yang digunakan adalah short grain yang bentuknya cenderung bulat. Kaldu dan rempahnya juga terasa.

Dalam seporsi Nasi Hainan Bakmiaw, kamu akan mendapatkan setangkup nasi hainan dan topping pilihanmu, serta potongan mentimun yang menyegarkan.

4. Crispy Tofu Sambal Mangga

Rekomendasi menu di Bakmiaw selanjutnya adalah Crispy Tofu Sambal Mangga yang tampilannya mirip seperti cripsy omelet atau martabak tipis kering.

Jika memesan menu ini, kamu akan mendapatkan seporsi lapisan crispy yang di atasnya terdapat potongan daun bawang dan jamur yang digrill. Selain itu, di bagian bawah lapisan crispy terdapat potongan tahu yang lembut.

Rasa gurih dari Crispy Tofu pun berpadu sempurna dengan sambal mangga yang segar sehingga menghasilkan cita rasa yang sulit kamu temui di warung bakmi pada umumnya.

5. Pangsit Goreng

Menyantap bakmi tentu tak lengkap rasanya jika tidak didampingi dengan pangsit goreng. Meski dalam seporsi bakmi kamu sudah mendapatkan pangsit goreng, kamu bisa lho memesan Pangsit Goreng untuk tambahan.

Dalam seporsi, terdapat tiga potong pangsit goreng dengan isian jamur dan bahan nabati lainnya yang menghasilkan cita rasa mirip dengan isian ayam dan udang dalam pangsit pada umumnya.

Tekstur kulit pangsitnya yang renyah, dengan isian yang lembut dan gurih berpadu sempurna dengan sambal mangga yang bercita rasa asam, manis, pedas dan segar. Yummy!

6. Mantao Goreng Saus Earl Grey

Rekomendasi menu di Bakmiaw selanjutnya adalah Mantao Goreng Saus Ear Grey. Menu unik ini menyajikan mantao goreng yang garing di luar dan lembut di dalam serta paduan saus earl grey yang wangi dan menambahkan cita rasa yang khas dan tentu saja nikmat.

Meski aroma saus earl grey dalam menu Mantao Goreng ini cukup pekat, tapi rasa yang dihasilkan ketika disantap bersamaan tidak menimbulkan eneg sama sekali, lho.

Nah, itulah sederet rekomendasi menu di Bakmiaw yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke bisnis kuliner artis kenamaan, Sherina Munaf dan Baskara Mahendra tersebut di kawasan Blok M. Selamat mencoba! (bbi)

Topik Terkait