img_title
Foto : Freepik/ jcomp

IntipSeleb – Pasti kamu sudah familiar dengan yang namanya croissant, bukan? Ya, makanan ini kerap ditemukan di berbagai toko roti hingga cafe. Tak ayal, croissant memang cocok sekali dijadikan sebagai teman minum kopi.

Croissant sendiri merupakan jenis pastry yang populer dalam khazanah kuliner Prancis. Padahal, croissant sendiri berasal dari Austria. Dari Prancis, croissant pun terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Beberapa waktu ke belakang, muncul kreasi unik croissant yang populer di Indonesia, yaitu croffle dan yang terbaru, cromboloni. Kedua makanan di atas merupakan hasil perpaduan antara croissant dan menu makanan lainnya.

Croffle misalnya, makanan ini merupakan perpaduan antara croissant dan waffle. Mulanya, croffle populer di Korea Selatan. Perpaduan antara croissant yang diolah layaknya waffle menwarkan tekstur renyah dan beraroma mentega yang gurih saat digigit.

Biasanya, croffle disajikan dengan beraneka macam topping, baik itu topping yang manis maupun asin. Makanan ini biasanya disantap sebagai sarapan atau teman minum kopi.

Yang terbaru, kreasi croissant terpopuler saat ini adalah cromboloni. Cromboloni merupakan makanan viral yang meniru bentuk dari bomboloni, donat tanpa lubang yang berisi aneka filling.

Meskipun bentuknya mirip dengan bomboloni, tekstur croissant yang flaky dan crispy memberikan cita rasa tersendiri yang berbeda dari bomboloni yang empuk dan lembut saat digigit.

Nah, jika kamu sedang ingin mencari kreasi croissant unik selain croffle dan cromboloni, entah itu untuk santapan pribadi atau ide jualan bulan Ramadan nanti, yuk intip artikel berikut ini!

1. Crotabak

Kreasi croissant yang pertama adalah crotabak. Crotabak merupakan pepraduan antara croissant dan martabak yang unik banget, lho.

Terbuat dari adonan pastry yang dibentuk selayaknya martabak, crotabak memiliki tekstur yang flaky layaknya croissant. Isian crotabak pun khas sekali dengan topping martabak pada umumnya, yaitu keju, cokelat dan kacang.

2. Crolato

Selanjutnya ada crolato. Crolato merupakan perpaduan antara croissant dan gelato. Dalam kreasi croissant yang satu ini, pastry dijadikan sebagai cone pada ice cream, dan menjadi wadah bagi gelato yang diletakkan di tengah-tengahnya.

Perpaduan antara croissant yang lembut dan gurih dengan gelato yang manis dan dingin membuat hidangan ini cocok banget dijadikan sebagai hidangan penutup atau dessert. Dijamin makanan ini bakal bikin ketagihan!

3. Cruffin

Kreasi unik croissant selanjutnya adalah cruffin. Cruffin sendiri merupakan perpaduan antara croissant dan muffin. Makanan ini terbuat dari adonan pastry tapi dibentuk seperti muffin.

Tampilan cruffin menjadi semakin menarik dengan lapisan gula yang terdapat di bagian luarnya. Lapisan ini membuat cruffin menjadi tampak menggoda dan tak sabar untuk disantap.

Bagian dalam cruffin diisi dengan aneka filling seperti strawberry milkshake, peppermint, hingga caramel cream yang legit. Tentunya, cita rasa dari cruffin akan mengingatkanmu pada lezatnya kue muffin.

4. Cronigiri

Sesuai dengan namanya, kreasi croissant yang satu ini mengadopsi bentuk dari kuliner Jepang yaitu onigiri. Dengan tekstur yang flaky, crunchy dan buttery, cronigiri dibentuk layaknya onigiri dan ditambahkan nori pada satu sisinya.

Untuk isiannya, cronogiri sama dengan onigiri yang dipadukan dengan tuna, salmon, daging atau keju. Ada pula topping saus mentai atau mayonnaise yang ditambahkan di bagian atasnya.

5. Cronut

Kreasi croissant unik selanjutnya adalah cronut. Cronut merupakan perpaduan dari croissant dan donut atau donat. Di menu ini, croissant dibentuk bulat layaknya donat dengan tambahan topping yang beraneka macam.

Berbeda dengan donat pada umumnya yang lembut ketika digigit, cronut memiliki tekstur yang flaky dan garing layaknya croissant dengan berbagai macam topping.

6. Croyaki

Croyaki merupakan kombinasi antara croissant dan taiyaki. Bagi yang belum mengetahui, taiyaki merupakan cemilan street food Jepang yang berbentuk seperti ikan yang terbuat dari adonan dasar waffle atau pancake yang lembut.

Tapi, berbeda dengan taiyaki, croyaki memiliki tekstur layaknya croissant uang flaky dan crunchy. Di bagian dalamnya ditambahkan beberapa filling layaknya taiyaki, misalnya nutella, cheese, matcha, cokelat, dan lainnya.

7. Crispy Croissant

Kreasi croissant selanjutnya adalah crispy croissant. Dari namanya, tentu sudah diketahui bahwa makanan ini akan memiliki tekstur yang renyah.

Sekilas, kamu akan melihat bentuknya mirip dengan croissant pada umumnya. Bedanya, crispy croissant berbentuk datar tanpa isian apapun dan akan terasa crispy ketika digigit. Kamu juga bisa menyantap crispy croissant dengan setangkup es krim yang manis dan lembut.

Nah, itulah sederet kreasi croissant yang unik dan lezat yang bisa jadi bahan eksperimenmu di dapur atau bahkan sebagai ide jualan di bulan puasa nanti. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait