img_title
Foto : Herzindagi

IntipSelebYoga merupakan jenis olahraga holistik yang menyimpan banyak manfaat. Olahraga ini memiliki banyak asana atau pose yang berdampak positif bagi jiwa dan raga. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, ada beberapa pose yoga yang bisa kamu coba.

Sebagai salah satu olahraga asal India Kuno, yoga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, mencakup postur fisik, pengendalian nafas, meditasi, dan kebugaran.

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu dan budget untuk olahraga di gym, kamu bisa mempraktikkan sederet pose yoga untuk menurunkan berat badan yang disarankan oleh ahli yoga, Tanya Gupta yang merupakan Asisten Profesor di AAFT, Film City, Noida.

Pose yoga untuk menurunkan berat badan sebagian besar berfokus untuk meningkatkan kelenturan tubuh dan mengencangkan otot. Sebab, dua hal tersebut dapat meningkatkan proses pembakaran lemak tubuh.

Penasaran dengan sederet asana yoga yang dapat membantu membakar lemak tubuh? Yuk intip pose yoga untuk menurunkan berat badan berikut ini!

1. Tiryaka Tadasana

Youtube
Foto : Youtube

Asana atau pose yoga untuk menurunkan berat badan yang pertama adalah Tiryaka Tadasa. Asana ini melibatkan otot-otot inti (abdominal dan obliques), lengan, bahu, dan torso tubuh yang berkontribusi pada peningkatan postur, stabilitas, dan penampilan yang lebih terpahat. Selain itu, pose yoga atau asana ini juga melibatkan gerakan membungkuk atau mengayun ke samping tubuh.

2. Virabhadrasana II

The Yoga Collective
Foto : The Yoga Collective

Pose yoga Virahadrasana II melibatkan berbagai otot tubuh, termasuk bisep, trisep, paha depan, paha belakang, glutes, dan otot pinggul serta bahu.

Keterlibatan semua otot di atas berkontribusi terhadap pembakaran kalori yang membantu memfasilitasi kebugaran tubuh secara keseluruhan dan penurunan berat badan.

3. Utkatasana

Ekhart Yoga
Foto : Ekhart Yoga

Pose yoga untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah Utkatasana. Asana ini melibatkan dan memperkuat otot-otot di bagian paha, betis, dan pergelangan kaki sekaligus mengaktifkan otot-otot bagian inti, serta memperlancar sirkulasi darah secara keseluruhan.

Utkatasana merupakan pose yoga yang berkontribusi terhadap kebugaran secara keseluruhan dan penurunan berat badan.

4. Pada-Hastasana

Youtube
Foto : Youtube

Pose ini melibatkan membungkuk ke depan dari pinggang hingga kaki memberikan peregangan yang dalam pada paha belakang, otot yang terletak di bagian belakang paha dan menciptakan kompresi pada perut. Pose yoga ini merangsang organ perut, termasuk hati dan ginjal yang berkontribusi terhadap peningkatan pencernaan dan detoksifikasi.

5. Ustrasana

Liforme
Foto : Liforme

Pose yoga ini sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan secara komprehensif. Pose ini melibatkan banyak otot, termasuk punggung, paha, dan otot inti.

Membungkuk ke belakang dapat merangsang organ pencernaan dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang sehat.

6. Bhujangasana

Herzindagi
Foto : Herzindagi

Pose yoga untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah Bhujangasana. Pose yoga ini menargetkan otot-otot di sepanjang tulang belakang, berkontribusi pada otot punggung agar lebih kuat, meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan oksigenasi jaringan.

7. Shalabhasana

Youtube
Foto : Youtube

Shalabhasana merupakan pose yoga yang melibatkan gerakan mengangkat dan meregangkan kaki, meningkatkan fleksibilitas di area punggung bawah, dan kaki serta melibatkan otot gluteal yang berkontribusi terhadap pengencangan dan penguatan otot tubuh.

8. Naukasana

FITPASS
Foto : FITPASS

Asana ini berfokus untuk menargetkan otot-otot perut yang membantu memperkuat otot inti tubuh. Penyeimbangan di pose Naukasana membutuhkan usaha dan keterlibatan berbagai kelompok otot tubuh yang berkontribusi terhadap pembakaran kalori, sehingga efektif sebagai cara menurunkan berat badan.

Nah, itulah sederet pose yoga untuk menurunkan berat badan yang dapat kamu lakukan untuk mencapai target body goals-mu di tahun 2024 ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait