img_title
Foto : Instagram @desta80s

IntipSeleb – Siapa yang sih yang nggak kenal sama Vincent Rompies dan Desta? Sabahat karib yang juga rekan kerja di industri hiburan tersebut terkenal sebagai presenter TV kondang dengan gaya khas yang digemari banyak kalangan.

Dari satu program ke program TV yang lain, Vincent dan Desta memiliki jam terbang yang sangat panjang sebagai presenter dan host. Tak ayal bila keduanya kerap dijadikan panutan oleh orang-orang yang tengah belajar menjajaki bidang yang sama.

Sederet acara TV yang pernah dipresenteri Vincent Rompies dan Desta pun beragam, mulai dari acara musik, acara komedi, ajang pencarian bakat, acara game, reality show, hingga talkshow yang masih mereka geluti sampai saat ini.

Dengan kesuksesannya di bidang presenting dan hosting, kedua artis Indonesia papan atas itu pun membuktikan bahwa talenta mereka tidak main-main. Kemampuan mereka membawakan beragam jenis acara juga patut diacungi jempol.

Pencapaian Vincent Rompies dan Desta pun kerap menjadi inspirasi bagi anak muda yang ingin meniti karier di bidang yang sama. siapa tahu kan salah satu di antara mereka bisa memiliki karier presenter yang cemerlang seperti Vincent dan Desta?

Nah, untuk menjadikan presenter TV ini sebagai karier yang serius, maka kamu perlu memperlajari terlebih dahulu seluk-beluk profesi ini. Hal tersebut bisa dimulai dari berkuliah di bidang yang sejalan dengan karier presenting.

Vincent dan Desta sendiri merupakan lulusan IKJ (Institut Kesenian Jakarta) jurusan Desain Grafis. Kemampuan presenting mereka diperoleh dari jam terbang yang tinggi selama mereka berkarier di industri hiburan tanah air.

Jurusan Kuliah untuk Jadi Presenter TV

Intipseleb/Tiya Sukmawati
Foto : Intipseleb/Tiya Sukmawati

Jika kamu bercita-cita menjadi presenter TV dan ingin mempelajari bidang tersebut secara mendasar, yuk simak sederet rekomendasi jurusan kuliah jadi presenter TV yang bisa kamu ambil demi kariermu ke depannya!

1. Ilmu Komunikasi

Rekomendasi jurusan kuliah jadi presenter TV yang pertama adalah Ilmu Komunikasi. Jurusan yang menjadi favorit banyak orang ini akan memberikan bekal ilmu dalam mengkomunikasikan pesan secara efektif, baik tertulis maupun lisan.

Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi juga membekali mahasiswa soal komunikasi massa, media massa, media baru, public speaking, hingga jurnalistik.

Tentu saja, mata kuliah yang tersaji dalam jurusan ini akan sangat dibutuhkan ketika kamu menjadi seorang presenter TV. Di jurusan ini, skill presenter yang kamu miliki akan diasah dengan baik.

2. Penyiaran atau Broadcasting

Jurusan kuliah untuk jadi presenter TV selanjutnya adalah Penyiaran atau Broadcasting. Jurusan ini akan mempelajari seluk-beluk dunia penyiaran, baik itu televisi maupun radio.

Serba-serbi proses produksi acara televisi, program berita hingga teknik membawakan berita akan masuk ke dalam materi perkuliahan di jurusan ini.

Jadi, jika kamu ingin menjadi presenter TV yang profesional, kamu bisa mengambil jurusan ini. sebab, di sini kamu akan banyak mempelajari tentang dunia penyiaran dari hulu ke hilir.

3. Jurnalistik

Jurusan kuliah jadi presenter TV lainnya yang bisa diambil adalah Jurnalistik. Meski jurusan ini akan berfokus pada penyiaran berita, tapi ilmu-ilmu yang didapatkan di jurusan ini bisa sangat berguna untuk menjadi presenter TV.

Pemahaman dan penguasaan atas ilmu jurnalistik diperlukan untuk menjadi pembawa acara. Pengetahuanmu di lapangan sebagai reporter akan sangat berguna untuk melatih kecepatan berpikir dan public speaking jika kelak menjadi presenter TV.

4. Ilmu Hukum

Jurusan Ilmu Hukum juga dapat kamu ambil jika kamu ingin berkarier sebagai presenter. Di jurusan ini, kamu akan dibekali soal situasi dan kondisi negara terutama yang berkaitan dengan hukum.

Ilmu Hukum juga sangat berguna apabila kamu tertarik untuk menjadi presenter TV di acara yang berkaitan dengan hukum.

5. Ilmu Politik

Jurusan kuliah selanjutnya yang bisa kamu ambil adalah Ilmu Politik. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang hal-hal kenegaraan, terutama soal situasi politik terkini. Selain itu, mahasiswa jurusan Ilmu Politik juga akan mempelajari soal media massa.

Dengan demikian, jika kamu hendak menjadi presenter TV, khususnya untuk acara-acara yang berbau politik, maka jurusan ini akan sangat cocok untukmu.

6. Hubungan Internasional

Jurusan kuliah jadi presenter TV selanjutnya adalah Hubungan Internasional atau HI. Di jurusan ini, mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan soal isu dan kebijakan internasional yang akan menjadi modal besar untuk membangun karier sebagai presenter TV.

7. Sastra

Jurusan kuliah lainnya yang bisa kamu ambil adalah Sastra. Mahasiswa jurusan Sastra akan mempunyai kemampuan bahasa, baik lisan maupun tertulis yang baik. Lulusan Sastra juga memiliki kemampuan dalam bidang budaya dan masyarakat.

Selain itu, jika kamu mengambil jurusan sastra asing, kamu akan dibekali dengan kemampuan bahasa asing dan itu menjadi bekal yang penting dalam profesi presenter, terlebih jika nantinya ada bintang tamu yang tidak bisa berbahasa Indonesia dan kamu dituntut untuk berkomunikasi dengan mereka.

Nah, itulah sederet rekomendasi jurusan kuliah jadi presenter TV yang bisa kamu ambil di universitas untuk meniti karier di bidang tersebut. Jurusan-jurusan di atas akan memberikan ilmu mendasar yang sangat berguna untuk seorang presenter atau host di televisi.

Tapi, pada dasarnya apapun jurusannya kamu tetap bisa meniti karier sebagai presenter TV seperti Vincent Rompies dan Desta. Yang terpenting adalah kamu mempunyai skill yang bagus, pengetahuan yang luas dan tidak pernah berhenti belajar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menyiapkan diri, calon presenter TV!

Topik Terkait