img_title
Foto : Indonesiatravel

IntipSeleb – Jika kamu ingin berlibur sejenak dari hiruk pikuk Jakarta, Pulau Seribu atau Kepulauan Seribu adalah tempat yang tepat untukmu! Ada kurang lebih 110 pulau di Kepulauan Seribu yang terletak di pesisir utara Jakarta, walaupun hanya ada 11 pulau yang berpenghuni dan 36 pulau yang jadi tempat wisata.

Kamu bisa menjelajahi pulau dan mengunjungi beberapa tempat paling terkenal di Pulau Seribu untuk berenang, snorkeling, diving, atau sekadar bersantai sepanjang hari di pulau-pulau yang tenang. Kamu hanya perlu mencari tahu cara ke Pulau Seribu untuk menghibur diri atau liburan.

Ada banyak pulau bersejarah yang terdiri di Pulau Onrust, Kelor, dan Bidadari. Kamu bisa berjalan-jalan di sekitar Pulau Onrust dan menemukan peninggalan arkeologi. Pulau Macan yang eksotis merupakan tempat pelarian dari kebisingan kota yang sayang untuk dilewatkan.

Ada pula Jembatan Cinta yang terkenal di Pulau Tidung. Jembatan tersebut merupakan bangunan ikonik yang menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil. Kamu bisa mengendarai sepeda mengelilingi pulau dan berbaur dengan penduduk setempat yang ramah.

Ada pula Pulau Pari merupakan salah satu pulau terpadat, namun masih menyimpan permata tersembunyi, seperti Pantai Perawan yang masih alami, habitat bagi beragam terumbu karang dan pemandangan laut yang menakjubkan.

Yang terakhir adalah Pulau Putri yang terletak paling jauh dari Jakarta. Kamu bisa berjalan di terowongan bawah air dan memandangi kehidupan makhluk laut yang menakjubkan.

Cara ke Pulau Seribu ternyata juga tidak terlalu rumit, lho. Kamu perlu mencapai pelabuhan terdekat di Jakarta, seperti Marina Ancol, Kali Adem, atau Sunda Kelapa. Kamu juga bisa berangkat dari Cituis Rawa Saban dan Pelabuhan Tanjung Pasir Banten.

Dari sana, kamu bisa naik perahu ke Kepulauan Seribu. Jika kamu memilih perjalanan yang lebih nyaman dan cepat, kamu bisa langsung menuju ke Marina Ancol untuk naik speedboat. Kamu juga bisa naik kapal feri dari Sunda Kelapa.

Jika berangkat dari kawasan Banten, kamu hanya bisa menuju pulau-pulau tertentu yang memiliki jarak terpendek dari pelabuhan. Kamu bisa menuju ke pelabuhan dengan mobil pribadi atau angkutan umum, seperti taksi, bus, atau ojek.

Dengan mengetahui transportasi ke Pulau Seribu dan dari mana saja kamu bisa berangkat, perjalananmu akan lebih mudah dan teratur. Selain itu, kamu juga bisa lebih mempersiapkan perkiraan budget yang diperlukan.

Dalam artikel kali ini, ada dua gerbang pelabuhan menuju ke Pulau Seribu yang bisa kamu lewati, yaitu Muara Angke dan Dermaga Marina Ancol Jakarta. Masing-masing pelabuhan memiliki kelebihan dan harga tiket yang berbeda-beda. Penasaran? Yuk langsung saja simak selengkapnya!

Cara ke Pulau Seribu dari Pelabuhan Kali Adem Muara Angke

ExploreSeribuPulau
Foto : ExploreSeribuPulau

Salah satu cara ke Pulau Seribu adalah lewat Pelabuhan Kali Adem Muara Angke. Pelabuhan ini dikelola secara resmi oleh pemerintah untuk keberangkatan wisatawan ke Pulau Seribu. Pelabuhan ini juga menjadi yang paling sering dilewati oleh wisatawan.

Untuk menuju ke Pulau Seribu, wisatawan dapat menggunakan perahu kayu berukuran sedang dengan harga terjangkau. Kisaran harga sekali jalan per orang adalah Rp20 ribu – Rp50 ribu saja. Di momen tertentu, pelabuhan tersebut sering memberikan diskon khusus hingga 50%, lho.

Untuk memesan tiket tersebut, kamu bisa membelinya secara online dan offline. Pembelian tiket secara online dapat dilakukan di website resmi, sementara pembelian offline langsung dilakukan saat berada di dermaga.

Penting juga bagi wisatawan untuk melihat jadwal keberangkatan perahu untuk menuju Kepulauan Seribu. Biasanya, perahu setiap harinya berangkat pukul 08.00 WIB. Jadi, jangan sampai kamu terlambat, ya.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, pelabuhan ini juga menyediakan lahan parkir sehingga kamu tidak perlu khawatir. Kamu hanya perlu membayar parkir dengan tarif perjam atau perhari.

Tarif parkir motor biasanya dipatok Rp2 ribu, mobil Rp4 ribu, sementara truk atau bus dipatok Rp6 ribu per jam. Tapi, jika kamu ingin lebih hemat, lebih baik memakai tarif harian saja. Keamanan di sana pun terjamin oleh pengelola, jadi wisatawan bisa liburan ke Pulau Seribu dengan tenang.

Berikut ini tarif kapal ke Pulau Seribu dari Muara Angke:

  1. Pulau Harapan Rp 85.000 (3 jam)
  2. Pulau Kelapa Rp 85.000 (3 jam)
  3. Pulau Pramuka Rp 75.000 (2,5 jam)
  4. Pulau Tidung Rp 75.000 (2,5 jam)
  5. Pulau Pari Rp 65.000 (2 jam)

Cara ke Pulau Seribu dari Dermaga Marina Ancol

Wisata Pulau Seribu
Foto : Wisata Pulau Seribu

Cara ke Pulau Seribu lainnya adalah dari Dermaga Mariana Ancol. Di Dermaga ini, disediakan transportasi berupa speed boat. Speed boat sendiri merupakan trasportasi menuju Pulau Seribu yang paling cepat.

Ada berbagai kelebihan dalam menaiki speed boat, misalnya lebih nyaman selama perjalanan. Terlebih lagi, kecepatannya yang unggul membuat wisatawan jadi lebih cepat sampai di pulau-pulau yang dituju dibanding dengan naik perahu biasa.

Tapi, kekurangannya kamu harus mengeluarkan biaya lebih karena memang sewa speed boat lebih mahal. Bahkan, harga sewanya bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan menggunakan perahu lainnya.

Sebagai gambaran, misalnya kamu menuju ke Pulau Harapan dan Pulau Kelapa dengan jarak tempuh 1,5 jam, maka kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp250 ribu dan harganya bisa berubah sewaktu-waktu.

Sementara itu, jika kamu menuju ke Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Pari dengan waktu tempuh 1 jam, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp175 ribu.

Sedangkan untuk menuju ke Pulau Putri dan Pulau Pelangi dengan waktu tempuh 2 jam, biaya yang dibutuhkan kisaran Rp275 ribu. Perlu diingat bahwa harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Sebelum memutuskan untuk menaiki speed boat untuk menuju ke Pulau Seribu, kamu dianjurkan untuk memastikan dulu harganya. Selain itu, pastikan juga jadwal keberangkatannya agar tidak tertinggal.

Harga sewa speed boat yang dipatok per orangnya dalam sekali jalan sudah termasuk jasa asuransi kecelakaan. Tapi, sediakan budget berlebih lantaran tiket tersebut tidak termasuk biaya masuk ke kawasan Ancol.

Jika kamu memutuskan cara ke Pulau Seribu dari Dermaga Marina Ancol, kamu bisa melakukan pemesanan secara online sehingga lebih mudah dan praktis.

Berikut ini tarif kapal ke Pulau Seribu dari Dermaga Marina Ancol:

  1. Pulau Harapan Rp 250.000 (1,5 jam)
  2. Pulau Kelapa Rp 250.000 (1,5 jam)
  3. Pulau Pramuka Rp 175.000 (1 jam)
  4. Pulau Tidung Rp 175.000 (1 jam)
  5. Pulau Pari Rp 175.000 (1 jam)
  6. Pulau Untung Jawa Rp 120.000 (1 jam)
  7. Pulau Bidadari Rp 125.000 (1 jam)
  8. Pulau Putri Rp 275.000 (2 jam)
  9. Pulau Pelangi Rp 375.000 (2 jam)

Nah, itulah cara ke Pulau Seribu dari Pelabuhan Kali Adem Muara Angke dan Dermaga Marina Ancol yang perlu kamu ketahui sebelum liburan ke Pulau Seribu agar liburanmu terasa lebih nyaman. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait