img_title
Foto : Herzindagi

IntipSeleb – Membereskan rumah adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Banyak orang yang menata ulang rumah dan melakukan deep cleaning menjelang bulan suci yang dinanti-nantikan.

Saat bulan Ramadan tiba, umat Islam fokus untuk memperbanyak ibadah. Oleh sebab itu, perlu persiapan untuk menyambut bulan puasa agar saat Ramadan tiba bisa lebih fokus untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan rumah yang bersih dan lapang, kamu tidak perlu beres-beres secara besar-besaran lagi sepanjang bulan Ramadan. Terlebih, saat puasa orang cenderung lemas dan kurang berenergi.

Jika kamu sedang bersiap menyambut bulan Ramadan dengan membereskan rumah, berikut ini sederet tips membereskan rumah agar tampak lebih luas dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

Herzindagi
Foto : Herzindagi

1. Warna Dinding yang Cerah

Warna dan pola pada dinding dapat membuat perbedaan besar dalam membuatnya terlihat lebih besar secara visual, sehingga rumahmu akan tampak lebih lega.

Penggunaan warna gelap dapat mengurangi pantulan cahaya sehingga membuatnya terlihat lebih kecil, sedangkan warna terang dapat membuat ruangan tampak lebih besar. Demikian pula, mengecat garis-garis tebal di dinding dapat memperbesar ukurannya secara visual.

2. Memanfaatkan Ruang Vertikal

Ruang vertikal di dalam ruangan seringkali tidak terpakai, padahal mungkin ada banyak barang yang membuat rumah terlihat sesak di pandangan mata.

Untuk menata ruangan agar barang-barangmu tidak berantakan dan memakan banyak tempat, kamu bisa memanfaatkan ruang vertikal dengan lebih cerdas. Kamu bisa memasang rak apung di dinding atau membuat lemari setinggi langit-langit atau memasang pengait pada dinding atau permukaan furnitur.

3. Pemilihan Furnitur untuk Menghemat Ruang

Jenis furnitur yang kamu pasang di ruangan dapat membuat perbedaan besar pada tampilan visualnya. Daripada memasang rak berkaki, kamu bisa memasang rak apung. Selanjutnya, kamu dapat membuat tempat tidur Murphy atau furnitur lipat lainnya untuk dibuka bila diperlukan.

4. Memanfaatkan Cermin

Cermin adalah cara terbaik untuk memberi definisi pada ruanganmu. Memasang cermin di ruangan bisa membuatnya terlihat lebih besar. Cermin menciptakan ilusi dengan memantulkan ruanganmu dan membuatnya terlihat dua kali lipat dari ukuran sebenarnya. Gunakan cermin yang lebih besar untuk dampak yang lebih baik.

5. Dekorasi Minimalis

Mendekorasi ruangan kita dengan menggunakan berbagai jenis barang dekorasi rumah dapat mempercantik ruangan kita. Namun, pastikan untuk tetap minimalis di ruang yang kecil.

Dekorasi yang lebih sedikit dapat memberikan kesan ruangan yang lebih besar, sementara dekorasi yang lebih banyak dapat membuat ruangan terlihat tidak terlalu berantakan.

Nah, itulah sederet tips membereskan rumah untuk menyambut bulan Ramadan agar rumahmu terlihat lebih luas. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut bulan suci Ramadan! (bbi)

Topik Terkait