img_title
Foto : Instagram @dlwlrma

IntipSeleb – Bersinar cemerlang di dunia hiburan Korea Selatan, IU alias Lee Ji-eun telah mengukir posisi spesial di hati para penggemar dengan bakat dan kecantikannya yang sempurna. Namanya tak hanya dijadikan idola di industri hiburan, tapi juga di bidang kecantikan lantaran kulitnya yang sebening kaca.

Jika kamu seorang penggemar drakor dan KPop, kamu pasti memperhatikan betapa menakjubkan tampilan kulitnya bahkan dalam foto yang diambil secara close-up.

Jika kamu sudah lama ingin mencoba kecantikan dan perawatan kulit ala Korea, mungkin kamu bisa meniru rutinitas atau tips kecantikan ala IU yang akan membantumu mendapatkan kulit yang halus bak porselen.

Dengan kesibukannya di industri hiburan Korea Selatan, seperti menjadi model sampul majalah, iklan brand mewah papan atas, dan tampil di depan kamera, artis Korea seperti IU dituntut untuk lebih menjaga kecantikan mereka.

Jika kamu berpikir bahwa perawatan kulit IU akan rumit, kamu salah. Sebab, tips kecantikan IU cukup sederhana dan tidak rumit sama sekali. Kamu bisa meniru dasar-dasarnya dan mengembangkannya sendiri sesuai kebutuhan kulitmu.

Tips Kecantikan ala IU

IU memiliki tiga produk perawatan kulit utama. Menurut berbagai laporan yang dilansir dari Lifestyleasia pada Rabu, 21 Februari 2024, IU mengandalkan tabir surya atau sunscreen, toner, dan pelembap wajah atau moisturizer.

Selain itu, IU juga menggunakan produk andalan, yaitu serum dengan konsetrasi tinggi yang direkomendasikan oleh MUA-nya. Lantas apa saja sih tips kecantikan ala IU? Yuk intip selengkapnya berikut ini!

1. Gunakan serum yang hidrating dan repairing

Dalam sebuah wawancara, IU mengungkapkan bahwa dia rutin menggunakan serum dengan kandungan propolis yang cocok dengan kulitnya. Serum tersebut bersifat menenangkan dan memperbaiki kulit. Serum CNP yang digunakan IU juga sangat populer di Korea Selatan.

Mengandung ekstrak propolis dengan sifat antioksidan dan moisturize yang sangat baik untuk merevitalisasi kulit. Dengan Hyaluronic acid sebagai bahan utamanya, serum ini memastikan kulitmu tetap kencang dan glowing.

IU juga membagikan cara menggunakan serum yaitu dengan 3-4 tetes serum lalu dioleskan secara merata ke seluruh wajah dan tepuk-tepuk dengan lembut untuk penyerapan penuh.

2. Sunscreen adalah wajib

Menggunakan sunscreen bukan sekadar anjuran, tapi juga wajib bagi kesehatan kulit. Berfungsi sebagai pelindung kulit terhadap sinar UV yang keras dan mengandung radikal bebas, sunscreen mencegah kulit terbakar, mengurangi risiko kanker kulit, mencegah penuaan dini, memperbaiki tekstur kulit, mengurangi hiperpigmentasi, mencegah bintik matahari melasma dan masih banyak lagi.

Hal terpenting dalam memilih tabir surya adalah memeriksa kadar SPFnya. SPF 30 atau lebih memastikan kulitmu terlindungi sepenuhnya: baik di dalam maupun di luar ruangan, cerah atau berawan. Apalagi selalu memilih produk dengan cakupan 'spektrum luas'.

3. Face oil

Kaya akan sifat menghidrasi dan menutrisi, face oil telah menjadi tren perawatan kulit terkini. IU menyukai ramuan minyak wajah dan toner yang menghidrasi untuk memulihkan kulit dari kekeringan.

IU diketahui mencampurkan dua tetes minyak wajah dan toner pada kapas, lalu menepuk lembut campuran tersebut pada wajahnya selama beberapa menit agar kulit menyerap semua kebaikan produk dengan baik.

Baik untuk memperbaiki tekstur kulit atau mencegah tanda-tanda penuaan, face oil membantu semuanya. Idealnya, produk ini harus dilapis setelah serum, tetapi sebelum krim kental atau pelembap.

4. Toner

IU tidak pernah melewatkan toner dalam rutinitas skincarenya. Mengapa? Sebab toner memiliki begitu banyak manfaat yang dikemas menjadi satu, seperti memberikan nutrisi pada kulit, menyeimbangkan Ph, mencerahkan warna kulit, meminimalkan munculnya pori-pori yang membesar serta meningkatkan hidrasi.

Gunakan toner setelah membersihkan wajah dengan facewash untuk mengeluarkan sisa riasan yang membandel, sel kulit mati, dan kotoran dari pori-pori. Dengan menghilangkan minyak dan kotoran secara mendalam serta membuat kulit yang segar dan bersih, toner memudahkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya.

IU menyarankan tips memilih toner yang bahannya ramah pada kulit. Banyak toner di pasaran yang mengandung alkohol, yang dapat membuat kulit kering. Oleh sebab itu, periksalah formulasinya sebelum berbelanja.

5. Banyak minum air putih

Meski menggunakan produk skincare terbaik dan konsisten dengan rutinitas perawatan kulit, kulitmu tidak akan membaik sampai tubuhmu terbebas dari racun di dalamnya. Maka tak heran tips kecantikan ala IU selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan air putih.

Selalu berlari dari lokasi syuting, pertunjukan, hingga syuting, IU memastikan untuk menjaga tubuhnya tetap terhidrasi dengan meminum air putih setiap saat.

Air putih tidak hanya memengaruhi fungsi fisik, tetapi juga kesehatan kognitif. Menurut Healthline, berbagai penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun, seperti hilangnya 1-3% berat badan, dapat mengganggu banyak aspek fungsi otak.

Selain itu, hidrasi membantu mencegah dan mengobati sakit kepala, meredakan sembeit, membersihkan batu ginjal, mencegah mabuk, membantu penurunan berat badan, dan banyak lagi.

Nah, itulah sederet tips kecantikan ala IU yang bisa ditiru untuk mendapatkan kulit yang sehat, cerah dan glowing seperti artis Korea. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait