img_title
Foto : Freepik/ rawpixel.com

IntipSeleb – Tak hanya sebatas perintah agama Islam saja, puasa juga memiliki sederet hikmah yang bermanfaat bagi umat yang melaksanakannya. Ada banyak manfaat puasa yang belum banyak diketahui oleh orang Islam sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, mulai dari menurunkan berat badan, memperbaiki metabolisme tubuh, hingga meningkatkan fungsi kognitif. Luar biasa, bukan?

Seperti diketahui, bulan Ramadan akan segera tiba. Dalam hitungan hari, umat Islam secara serempak akan menunaikan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Islam mewajibkan umatnya untuk berpuasa rupanya bukan tanpa maksud. Sebab, ada banyak manfaat dan hikmah puasa Ramadan yang tersembunyi di balik rasa lapar dan dahaga yang harus ditahan sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari yang ditandai dengan azan magrib.

Penasaran apa saja fungsi puasa Ramadan bagi tubuh manusia? Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa yang mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang, termasuk umat Islam sendiri!

Manfaat Puasa

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Meskipun umat Islam di seluruh dunia telah menjalankan ibadah puasa Ramadan selama lebih dari 1000 tahun, beberapa orang masih beranggapan bahwa puasa menimbulkan beberapa dampak negatif bagi tubuh.

Jika kamu adalah salah satunya, ada baiknya untuk menyimak sederet manfaat puasa yang belum banyak diketahui berikut ini.

1. Menjaga kesehatan mental

Siapa sangka bila puasa dapat membantu menjaga kesehatan mental lantaran bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan. Selain itu, puasa juga bisa meningkatkan ketenangan pikiran dan membuat seseorang lebih fokus pada hal-hal positif.

Sebuah studi yang terbit dalam jurnal Frontiers in Nutrition tahun 2020, diketahui bahwa puasa berselang bisa membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi, khususnya pada orang yang mengalami obesitas.

2. Menyehatkan jantung

Manfaat puasa selanjutnya adalah dapat menyehatkan jantung. Saat tubuh dalam kondisi berpuasa, tubuh tidak menerima makanan dan minuman selama beberapa jam, sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida tubuh. Kondisi ini tentu akan membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko sakit jantung.

3. Meningkatkan kinerja otak

Siapa yang menyangka bahwa puasa bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Hal tersebut dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa puasa bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki daya ingat. Selain itu, puasa juga bisa meningkatkan konsentrasi dan kemampuan belajar.

Dalam sebuah studi di Universitas John Hopkins pada 2018, disebutkan bahwa puasa selama satu hari bisa meningkatkan produksi protein BDNF (Brain-Derivied Neurotrophic Factor) di otak. Protein ini juga mempunyai peran penting dalam pembelajaran dan memori.

4. Mengurangi risiko diabetes

Puasa ternyata bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Melansir dari penelitian yang dilakukan oleh Departemen Nutrisi dan Dialektika di Universitas Jordania pada tahun 2017, disebutkan bahwa puasa bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitifitas insulin pada penderita diabetes.

5. Mengembangkan empati

Manfaat puasa lainnya yang tidak disadari adalah membantu mengembangkan empati. Sebab, orang puasa bisa merasakan bagaimana rasanya menahan lapar dan haus seperti halnya orang yang secara ekonomi tidak mampu.

Hal ini membuat orang puasa bisa menjadi lebih peka terhadap kondisi orang lain yang membutuhkan bantuan dan meningkatkan rasa empati.

Menurut studi yang diterbitkan oleh jurnal Appetite tahun 2018, disebutkan bahwa puasa bisa meningkatkan rasa empati. Studi ini melibatkan partisipan yang melakukan puasa Ramadan dan menunjukkan peningkatan kemampuan untuk memahami perasaan orang lain.

6. Meningkatkan imunitas

Menjawab ketakutan banyak orang yang merasa puasa membuat orang menjadi mudah sakit, siapa sangka bahwa yang sebenarnya terjadi adalah sebaliknya. Puasa ternyata dalat memulihkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Ketika tubuh mengalami kekurangan makanan dalam jangka waktu tertentu, untuk menghemat energi tubuh akan mendaur ulang sel-sel imunitas dan memebri kekuatan baru bagi tubuh untuk melawan penyakit.

7. Detoksifikasi tubuh

Manfaat puasa selanjutnya adalah detoksifikasi tubuh. Saat berpuasa, tubuh akan berusaha membuang apa saja yang menyita energi tanpa memberikan manfaat apa pun. Karena itulah, racun yang tersimpan di dalam tubuh dikeluarkan. Penelitian menunjukkan peningkatan kadar endorfin, hormon yang membuat kita merasa baik dan bahagia setelah berpuasa.

8. Membantu mengatasi penuaan dini

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa bisa membantu memperlambat laju penuaan pada hewan. Penilaian terhadap manusia masih belum ditentukan, namun banyak orang percaya bahwa puasa mengurangi radikal bebas, yang terutama bertanggung jawab atas penuaan. Puasa juga dianggap bisa memperpanjang umur.

9. Mencegah jerawat dan mencerahkan kulit

Manfaat puasa yang belum banyak diketahui selanjutnya adalah membantu mencegah tumbuhnya jerawat dan mencerahkan kulit. Pasalnya, puasa dapat membantu membersihkan kulit karena pencernaan terhenti sementara, tubuh dapat memusatkan kekuatan regeneratifnya pada sistem lain.

10. Penurunan nafsu makan

Berkurangnya jumlah makanan yang dikonsumsi saat puasa menyebabkan lingkar perut mengecil, artinya seseorang perlu makan lebih sedikit agar merasa kenyang.

Jika kamu ingin membiasakan makan sehat maka Ramadan adalah saat yang tepat untuk memulai. Jika sudah selesai, nafsu makan akan lebih rendah dibandingkan sebelumnya dan kecil kemungkinan untuk makan dalam porsi berlebihan.

11. Lebih banyak nutrisi yang diserap tubuh

Dengan tidak makan sepanjang hari selama bulan Ramadan, seseorang akan melihat bahwa metabolisme tubuh akan menjadi lebih aktif, yang artinya jumlah nutrisi yang kamu serap dari makanan meningkat.

Hal ini akan memberikan manfaat kesehatan di seluruh tubuh, karena berbagai area mampu menyerap dan memanfaatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi.

12. Membantu meninggalkan kebiasaan buruk

Di bulan Ramadan, umat Islam cenderung lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Terlebih, orang Islam menjalankan ibadah puasa yang mengharuskan mereka menahan diri dari lapar, dahaga dan hawa nafsu.

Dengan mendalami hikmah-hikmah dari puasa Ramadan dengan benar, umat Islam akan terbantu untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan di luar bulan Ramadan.

Selain itu, ketergantungan pada gula dan kecanduan merokok juga bisa teratasi dengan ibadah puasa. Dengan membatasi kebiasaan di atas di waktu siang hari, seseorang secara perlahan-lahan akan bisa belajar untuk menghentikan kebiasaan buruk itu selamanya.

Jam malam yang singkat berarti berkurangnya waktu untuk menikmati rokok atau makanan manis. Kebiasaan juga diperkirakan perlu waktu sekitar 30 hari untuk terbentuk, sehingga di akhir Ramadan, akan lebih mudah untuk mengurangi atau menghilangkan kebiasaan buruk.

Kesimpulannya, puasa memberikan banyak manfaat baik dari segi kesehatan dan perilaku bagi umat Islam. Manfaat puasa Ramadan di atas memberikan dampak yang sangat baik bagi manusia, mulai dari kesehatan fisik, mental, dan perilaku.

Dengan pemahaman yang baik soal manfaat puasa di bulan Ramadan, diharapkan umat Islam bisa memaknai puasa dengan lebih baik lagi dan bukan sekadar perintah agama semata. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut bulan Ramadan bagi umat Islam di mana pun berada!

Topik Terkait