img_title
Foto : Freepik/ benzoix

IntipSeleb – Penuaan adalah proses yang alami bagi manusia dan tidak bisa dihindari. Namun, kita dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk memperlambat proses penuaan dini serta menjaga kesehatan kulit dan tubuh tetap prima.

Melalui kanal YouTube Kata Dokter kita bisa mengetahui informasi ini secara lengkap. Yuk kita intip penjelasannya!

Rahasia Awet Muda

Freepik/ drobotdean
Foto : Freepik/ drobotdean

Mengutip penjelasan dari spesialis kulit dan kelamin, dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK dalam saluran YouTube Kata Dokter, terdapat tips yang dapat membantu mengatasi penuaan dini dan membongkar rahasia awet muda hanya dengan menggunakan makanan sebagai senjata utama.

Proses penuaan pada kulit dapat disebabkan oleh dua faktor utama. Pertama adalah faktor intrinsik, yang berasal dari dalam tubuh manusia seperti usia dan faktor genetik. Sedangkan faktor kedua adalah ekstrinsik, yang berasal dari luar tubuh manusia, seperti paparan sinar matahari, polusi, dan asap rokok.

Makanan yang kita konsumsi memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan kulit kita. Menurut dr. Atika Kusuma Dewi, Sp.KK, mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat memperlambat proses penuaan. Antioksidan bertindak sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, sehingga mencegah penuaan dini.

Makanan yang Dikonsumsi

www.freepik.com/lifeforstock
Foto : www.freepik.com/lifeforstock

Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan, seperti vitamin C, vitamin A, dan vitamin E, antara lain adalah jeruk, raspberry, dan blueberry. Konsumsi makanan-makanan ini secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Selain itu, untuk mencegah atau mengobati penuaan dini pada wajah, ada beberapa langkah yang dapat diikuti, seperti menggunakan sunscreen pada pagi hari dan rutin melakukan pengulangan penggunaan sunscreen. Penggunaan krim anti-penuaan juga disarankan pada malam hari untuk membantu memperbaiki dan meremajakan kulit.

Dengan demikian, dengan menggabungkan pola makan yang sehat dengan perawatan kulit yang tepat, kita dapat memperlambat proses penuaan dini dan menjaga kulit serta tubuh tetap sehat dan bertenaga. Jadi, mari jaga pola makan kita dan lakukan langkah-langkah perawatan kulit yang dianjurkan untuk menikmati manfaat awet muda yang sehat dan alami.

Untuk mengetahui informasi dunia kesehatan dari petugas medis berpengalaman saksikan dan dengarkan Kata Dokter di YouTube, Instagram, TikTok, dan Spotify.

Topik Terkait