img_title
Foto : Rawpixel.com/freepik.com

IntipSeleb – Minum kopi di pagi hari menjadi salah satu rutinitas banyak orang Indonesia karena dipercaya bisa menambah energi untuk menjalani hari. Lantas, apakah hal tersebut fakta atau mitos?

Di sisi lain, Indonesia tercatat menduduki urutan ke-5 sebagai negara yang paling sering mengkonsumsi kopi. Ternyata, ada penjelasannya loh mengapa mengkonsumsi kopi di pagi hari membuat semakin bersemangat. Intip yuk penjelasan selengkapnya.

Fakta atau Mitos Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Menambah Energi?

Pinterest
Foto : Pinterest

Mengkonsumsi kopi di pagi hari dipercaya sebagian orang bisa menambah energi untuk menjalani kegiatan. Hal tersebut merupakan fakta jika mengacu pada ketepatan waktu saat kopi masuk ke dalam tubuh.

Melansir dari YouTube Kata Dokter, dr. Gammarida Magfirah menjelaskan bahwa minum kopi saat perut kosong di pagi hari membuat energi dengan cepat terbentuk.

"Makanan yang mengandung serat bisa memperlambat efek kafein di dalam tubuh kamu. Jadi sebenarnya minum kopi pagi hari pada perut yang kosong bisa memberikan energi yang cepat," ucap dr. Gammarida Magfirah, mengutip dari YouTube Kata Dokter, 24 Februari 2024.

Batas Minum Kopi Untuk Orang Dewasa

freepik/freepik.com
Foto : freepik/freepik.com

Meski kopi merupakan salah satu minuman menyehatkan dan bisa menambah energi, namun tetap perlu diperhatikan batasan mengkonsumsi kopi per harinya, terlebih jika memiliki penyakit asam lambung atau sensitif terhadap kafein.

Untuk satu harinya, orang dewasa yang sehat aman mengkonsumsi 400 miligram atau setara dengan 4 cangkir kopi. Namun bagi ibu hamil, konsumsi kopi harus diperhatikan dan jika perlu konsultasikan dulu kepada dokter.

Kandungan kafein dalam kopi memiliki banyak khasiat, diantaranya bisa menghilangkan rasa kantuk.

Selain itu, kafein juga kerap ditemukan di obat-obatan yang mengandung analgesik karena kafein bisa mempercepat efek pereda nyeri.

"Kafein itu bermanfaat saat dikonsumsi dengan cara dan tujuan yang tepat. Konsumsi kafein ditujukan untuk bisa menghilangkan rasa lemas, lelah, dan ngantuk," ungkap dr. Gammarida Magfirah.

Itu tadi manfaat dari minum kopi di pagi hari. Semoga informasinya membantu ya!

Topik Terkait