img_title
Foto : Abunawasrestaurant.com

IntipSelebMakanan Arab di Indonesia tergolong populer mengingat banyak pula populasi masyarakat keturunan Arab di tanah air. Salah satu restoran Arab yang terkenal di Indonesia adalah Abunawas Restaurant. Abunawas Restaurant berlokasi di 3 tempat, yaitu di Matraman, Kemang dan Denpasar.

Selain menawarkan aneka macam menu yang lezat dan otentik, Abunawas Restaurant juga memberikan nuansa khas Timur Tengah yang sangat kental. Hal ini terlihat jelas dari dekorasinya yang akan membuatmu seperti benar-benar berada di Arab Saudi.

Fasilitas yang ditawarkan juga lengkap, lho. Ada area makan dengan kursi dan meja serta area makan lesehan, ruang majlis, ballroom, musholla, area parkir yang luas serta ada lift juga yang bisa mempermudah pengunjung.

Dikenal sebagai salah satu restoran Arab terbaik, Abunawas Restaurant menyajikan beraneka macam menu makanan khas Timur Tengah, mulai dari snack, makanan berat, aneka kebab, dessert hingga minuman khas Arab.

Rekomendasi Menu di Abunawas Restaurant

Penasaran apa saja menu makanan dan minuman khas Timur Tengah yang bisa kamu coba di restoran ini? Yuk intip rekomendasi menu makanan di Abunawas Restaurant yang lezat dan otentik.

1. Mandi Lahm

Rekomendasi menu di Abunawas Restaurant yang pertama adalah Mandi Lahm. Kabarnya, menu ini juga menjadi menu yang paling legendaris di restoran Arab ini.

Nasi mandi sendiri merupakan makanan khas Arab yang menggunakan beras basmati. Berbeda dengan nasi kebuli yang menggunakan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkeh, ketumbar, jintan, kapulaga, kayumanis, pala, dan minyak samin, nasi mandi menggunakan bumbu seperti kapulaga, jintan, jintan putih, ketumbar, serbuk kunyit dan bunga lawang.

Meski rempahnya lebih sederhana ketimbang nasi kebuli, bukan berarti nasi mandi tidak lebih enak, lho. Tekstur dan cita rasanya ringan di mulut tapi tetap penuh cita rasa dan gurih ketika dikunyah.

Daging kambingnya juga empuk dan bumbunya meresap menambah kenikmatan santapan khas Jazirah Arab di Abunawas Restaurant ini. Pastinya, menu ini wajib banget dicoba kalau kamu menungjungi restoran ini.

2. Zurbiyan Lahm

Rekomendasi makanan Arab di Abunawas Restaurant selanjutnya adalah Zurbiyan Lahm. Nasi Zurbiyan sendiri sebenarnya belum begitu populer dibandingkan dengan kebuli, briyani atau mandi.

Mirip seperti nasi briyani, zurbiyan merupakan nasi yang berasal dari Yaman. Nasi zurbiyan dimasak dengan rempah yang pekat seperti kayu manis, jahe, cengkeh, lada, ketumbar, saffron, kapulaga, jintan putih, kunyit dan dimasak dengan air orange blossom dengan tambahan kacang arab sangrai dan bawang bombai.

Dengan citarasa nasi zurbiyan yang gurih dengan potongan daging kambing yang lembut dan empuk menciptakan sensasi lezat yang luar biasa ketika disantap. Dipadu dengan saos tomat khas Arab, makanan ini semakin kaya rasa.

3. Mashwi Musyakkal

Buat kamu yang pengin daging panggang otentik ala Timur Tengah, mungkin rekomendasi menu di Abunawas Restaurant ini cocok untukmu, apalagi kalau bukan Mashwi Musyakkal.

Menu ini pas banget kalau kamu bingung memilih daging kambing atau ayam, ataupun varian menu kebab atau ausal. Sebab, dengan memesan menu ini kamu akan bisa merasakan kebab kambing, kebab ayam, serta ausal kambing dan ausal ayam sekaligus. Dengan tambahan french fries dan tannour bread, menu ini sudah pasti sangat mengenyangkan.

4. Briyani Prawn

Rekomendasi menu di Abunawan Restaurant selanjutnya adalah Briyani Prawn. Menu ini cukup unik lantaran kebanyakan orang mengidentikkan makanan Arab dengan daging kambing, padahal kenyataannya ada juga lho yang memakai seafood.

Dari luar, menu makanan Arab ini mirip dengan zuppa soup. Bedanya, Briyani Prawn menggunakan roti naan dan di dalamnya diisi nasi briyani dengan topping udang.

Dengan cita rasa rempah yang kaya dan strong ditambah dengan rasa curry untuk menambah citarasa yang sedikit pedas namun masih bisa dinikmati. Ditambah dengan daging udang segar yang manis, menu ini akan menggoyang lidahmu.

5. Umm Ali

Nah, setelah kenyang menyantap makanan berat, dessert tentu tidak boleh kelewatan. Salah satu rekomendasi menu di Abunawas Restaurant yang cocok untuk menjadi penutup adalah Umm Ali aka bread pudding atau pudding roti.

Dessert ini terbuat dari roti, susu, dan kacang yang kaya menghasilkan citarasa yang manis, gurih dan lembut. Sebagai pelengkap, Umm Ali diberi tambahan kacang pistachio atau almond yang disangrai dan ditumbuk kasar yang memberi tekstur.

Selain itu, Umm Ali juga dilengkapi dengan berbagai macam rempah khas, seperti kayu manis bubuk dan parutan kelapa yang tentunya bikin dessert ini jadi makin yummy!

6. Kunafa

Rekomendasi menu di Abunawas Restaurant selanjutnya adalah kunafa. Makanan Arab ini sudah cukup populer dan digemari di Indonesia.

Kunafa sendiri merupakan dessert khas Timur Tengah yang terbuat dari kue filo parut atau adonan semolina yang halus, direndam dengan sirup manis berbasis gula dan dilapisi dengan keju atau krim beku dan kacang.

Perpaduan rasa manis dari semolina dan cream cheese yang gurih menciptakan perpaduan rasa yang bakal bikin ketagihan.

Nah, itulah sederet rekomendasi menu di Abunawas Restaurant yang wajib dicicipi jika berkunjung di restoran Arab yang satu ini. Mulai dari makanan berat hingga dessert, menu di sini dijamin lezat dan tentunya otentik. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait