img_title
Foto : Dojeonmedia

IntipSeleb – Demam Korean beauty telah melanda dunia. Mendapatkan glass skin dan rambut yang indah seperti artis Korea telah membuat industri kecantikan ala Korea Selatan menjadi semakin meluas di seluruh dunia.

Mulai dari perawatan kulit hingga perawatan rambut dan tata rias, produk-produk kecantikan Korea memiliki bahan-bahan alami, unik, dan bebas zat kimia yang menjamin kilau alami.

Berbeda dengan rutinitas hair care di Barat yang berfokus pada rambut itu sendiri, perawatan rambut di Korea mengadopsi pendekatan holistik yang mengutamakan kesehatan kulit kepala. Sebab, bagaimanapun kulit kepala yang bagus berarti rambut pun akan bagus.

Kulit kepala yang bersih dan sehat ibarat kanvas bersih bagi rambutmu untuk tumbuh dan berkembang. Maka dari itu, penting untuk mengatasi rasa gatal, iritasi dan pengelupasan serta mengurangi kerusakan rambut.

Jika kamu ingin menghilangkan rambut kering, kasar, dan sulit diatur serta ingin mendapatkan rambut yang sehat, mari kita lihat 10 tips hair care ala Korea yang disukai oleh para pecinta kecantikan asal negeri ginseng tersebut.

Tips Hair Care ala Korea

Cosmeticsdesignasia
Foto : Cosmeticsdesignasia

Rutinitas perawatan rambut ala Korea cukup komprehensif dan teliti, hampir tidak mungkin untuk diikuti secara teratur. Namun jangan khawatir, kamu tidak harus mengikutinya setiap kali keramas. Tips ini disarankan untuk dilakukan sekali dalam 10 hari atau dua minggu sekali.

Berikut ini langkah-langkah dan tips perawatan rambut ala Korea lengkap dengan produk dan cara penggunaannya dilansir dari Lifestyleasia.

1. Scaler kulit kepala

Scaler kulit kepala pada dasarnya adalah pembersih berbahan dasar asam salisilat yang dibuat untuk kulit kepalamu. Karena pakar kecantikan Korea menekankan pentingnya menjaga kulit kepala tetap bersih dan sehat, pembersih kulit kepala penting untuk mencegah penumpukan minyak dan sel kulit mati untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Untuk mengaplikasikan scaler kulit kepala, oleskan pada kulit kepala yang kering tepat sebelum keramas. Sebarkan dan pijat perlahan secara menyeluruh ke kulit kepala untuk memperlancar sirkulasi darah. Setelah itu, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Shampo yang tepat dan pijat kulit kepala

Meskipun tidak ada shampo ajaib untuk seluruh kondisi rambut, hal yang paling penting adalah menambahkan brush kulit kepala ke dalam campurannya.

Selalu gunakan shampo bebas paraben dan sulfat, yang cocok dengan kulit kepalamu dan tidak menghilangkan kelembapan rambutmu. Dengan cara ini kamu dapat membersihkan rambut tanpa menghilangkan minyak alami dan mengganggu tingkat pH alami.

Menambahkan alat seperti kuas dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengelupasnya kulit kepala. Orang Korea sangat menyukai shampo lidah buaya, yang bagus untuk pertumbuhan dan pelembap rambut.

Setelah keramas, gunakan pemijat kulit kepala dengan gerakan memutar lembut. Setelah mengoleskan seluruh kulit kepala, lalu bilas hingga bersih.

3. Kondisioner

Rutinitas perawatan rambut apa pun tidak lengkap tanpa dosis hidrasi. Kondisioner mengembalikan kelembapan ke rambutmu, menjadikannya lebih berkilau, lembut, dan kuat.

Adalah kesalahan perawatan rambut yang umum jika membiarkan kondisioner dalam waktu yang sangat singkat, sehingga menghilangkan nutrisi produk pada rambutmu. Coba diamkan lebih lama, biarkan helaian rambutmu terkunci pada bahannya.

Cara menggunakan kondisioner yang tepat adalah dengan buang air berlebih setelah keramas, lalu oleskan kondisioner pada rambut yang dikeringkan dengan handuk dan biarkan selama 10-15 menit. Tidak perlu mengaplikasikannya pada kulit kepala, cukup di rambut saja.

4. Masker rambut atau hair mask

Masker rambut yang baik adalah kunci untuk mendapatkan rambut berkilau, menurut K-beauty. Masker rambut mengandung minyak alami, protein, dan vitamin yang menutrisi rambutmu secara organik.

Produk ini dibuat untuk memperbaiki rambutmu dari cuaca, sinar matahari, atau kerusakan lingkungan apa pun. Dari minyak argan hingga minyak kelapa dan masih banyak lagi, masker rambut memiliki beragam bahan bergizi yang cocok untuk setiap jenis rambut.

Oleskan hair mask ke seluruh rambutmu setelah keramas dan diamkan selama sekitar 15-20 menit. Sekali lagi, fokusmu harus pada rambutmu dan bukan pada kulit kepala.

5. Bilas rambut dengan cuka

Sama seperti kulitmu, menjaga tingkat pH yang tepat untuk kulit kepalamu juga penting. Baik kamu mengalami kulit kepala kering atau berminyak berlebih, bilas dengan cuka akan membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan mencegah semua masalah ini.

Campurkan cuka biasa atau cuka sari apel dengan air dan oleskan pada kulit kepala dan rambutmu segera setelah pengondisian. Bilas hingga bersih.

6. Masker atau scrub kulit kepala

Mirip dengan cara kerja masker rambut, masker atau scrub kulit kepala adalah cara yang bagus untuk menghilangkan kotoran dan minyak yang tidak diinginkan yang menumpuk di kulit kepala. Memperkuat rambut dari akar, menyejukkan dan mengembalikan kelembapan kulit kepala.

Seminggu sekali, oleskan masker ke seluruh kulit kepala setelah keramas. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas. Kamu bahkan dapat menggunakan masker rambut dan masker kulit kepala secara bersamaan, karena masker tersebut dipilih untuk bagian rambut yang berbeda.

7. Toner kulit kepala

Ingat metode CTM? Pengguna metode ini selalu menggunakan toner setelah membersihkan wajah secara mendalam. Demikian pula untuk rambutmu, tonik kulit kepala setara dengan toner yang membantu menyeimbangkan pH dan mempersiapkan kulit kepalamu untuk langkah selanjutnya.

Mulai dari mengurangi rambut rontok, menebalkan helai rambut hingga meningkatkan volume rambut, toner kulit kepala memiliki banyak manfaat.

Keringkan rambutmu dengan handuk setelah mandi dan oleskan tonik ke seluruh kulit kepalamu. Pijat sedikit untuk penyerapan yang lebih baik. Kamu tidak perlu membilas atau mengeluarkannya, diamkan saja.

8. Serum kulit kepala

Produk hair care ini adalah formula seperti air yang dengan mudah menembus ke dalam kulit kepalamu dan membantu menyembuhkan dan melembabkan. Jika kamu memiliki kulit kepala berminyak, esens ringan atau cairan tanpa bilas akan bermanfaat.

Jika kamu memiliki kulit kepala kering, kamu bisa memilih serum yang lebih berat. Jika kamu tidak memiliki masalah kulit kepala berminyak atau kering, kamu dapat melewatkan rangkaian ini dan cukup menggunakan tonik kulit kepala.

9. Serum rambut

Jika kulit kepala kamu membutuhkan serum yang menghidrasi, begitu pula rambutmu. Serum rambut memberikan sejumlah besar bahan pelembab ke rambutmu dan mengunci kelembapannya.

Setelah mengoleskan serum kulit kepala, ambil sedikit serum/esens rambut di tangan, gosok tangan hingga hangat dan aktifkan produk, lalu oleskan secara merata pada helai rambut. Pijat dengan lembut untuk penyerapan yang lebih baik.

10. Lakukan overnight treatments

Pada hari-hari ketika kamu ingin melakukan perawatan diri ekstra, rawat rambutmu dengan masker semalaman, serum, atau esensi rambut. Kamu tidak perlu melakukan langkah ini sesering langkah-langkah yang disebutkan di atas, lakukan saja selama kamu memiliki sedikit waktu ekstra.

Setelah mengeringkan rambut dengan handuk setelah mandi dan mengaplikasikan semua serum, serta tonik, tutupi kulit kepala dan rambutmu dengan masker semalaman dan tidur. Bilas keesokan paginya dan rambutmu akan sehat berkilau.

Nah, itulah sederet tips hair care ala Korea yang akan membuat rambutmu sehat dan berkilau jika dilakukan secara rutin. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait