img_title
Foto : Instagram @burgreens

IntipSeleb – Gaya hidup vegan atau vegetarian saat ini sudah cukup umum di kalangan masyarakat Indonesia. Seiring dengan banyaknya pegiat gaya hidup vegan dan vegetarian, banyak pula bermunculan restoran vegan dan vegetarian, salah satunya adalah Burgreens.

Bagi yang belum tahu, Burgreens merupakan brand FnB berbasis nabati yang didirikan oleh Helga dan Max, pasangan vegan, sejak November 2013 lalu.

Restoran ini menjual aneka macam makanan vegan karena terbuat dari 100% bahan nabati, dengan harga yang affordable, namun tetap berkualitas premium. Selain bisnis, pendiri Burgreens juga aktif mempromosikan gaya hidup sehat bagi masyarakat.

Burgreens mulanya dibuka di Rempoa, Tangerang Selatan dan pada tahun 2023 Burgreens memiliki beberapa store yang tersebar di wilayah Jakarta dan Bali. Jadi, buat kamu yang berada di Jakarta dan Bali, bisa banget buat nyobain menu makanan di Burgreens.

Nah, jika selama ini kamu berpikiran bahwa makanan sehat tidak seenak makanan-makanan biasa atau junk food pada umumnya, kamu salah besar. Burgreens menyediakan aneka macam makanan sehat yang lezat dan unik.

Bahkan, kamu akan menemukan banyak makanan khas Indonesia yang dibuat dalam versi nabati namun tetap lezat dan tentunya sangat sehat.

Sebelum berkunjung ke Burgreens, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu menu apa saja yang tersedia di Burgreens? Yuk intip rekomendasi menu di Burgreens yang wajib kamu coba berikut ini!

Mighty Mushroom Burger

Dari nama restorannya saja sudah terlihat bahwa burger menjadi salah satu menu andalan di Burgreens. Bedanya, burger di sini mengusung tema plant-based sehingga hanya terbuat dari bahan nabati saja.

Nah, salah satu rekomendasi menu di Burgreens yang pertama adalah Mighty Mushroom Burger. Menu burger ini diperuntukkan bagi orang yang khawatir tidak cocok dengan burger yang patty-nya terbuat dari tumbuhan.

Selayaknya burger pada umumnya, kamu akan mendapatkan setangkup roti yang berisi sayuran, seperti selada, tomat, bawang bombai, patty yang terbuat dari jamur, dan saus yang creamy.

Dari berbagai pilihan menu burger yang tersedia di Burgreens, menu inilah yang patty-nya paling mirip dengan daging sapi. Jadi, buat kamu yang belum terlalu familiar dengan makanan vegan, menu ini sangat cocok untukmu.

Beefless Cheese Burger

Satu lagi rekomendasi menu burger di Burgreens yang wajib kamu coba adalah Beefless Cheese Burger. Patty dari menu burger ini terbuat dari daging plant-based. Walau begitu, patty ini diracik sedemikian rupa agar mirip dengan daging sapi.

Dalam burger ini, ada pula melted cheesevegan, coleslaw salad, potongan tomat segar, dan potongan mentimun. Yang pasti, ketika menyantapnya kamu tidak akan menyadari bahwa burger ini burger vegan.

Burgreens-Style Maranggi Satay

Rekomendasi menu di Burgreens lainnya adalah Burgreens-Style Maranggi Satay. Jika umumnya sate maranggi terbuat dari daging sapi atau kambing, di burgreens sate maranggi terbuat dari daging buatan yang berbahan kedelai, jamur, dan bahan-bahan nabati lainnya.

Jika kamu belum familiar dengan makanan vegan namun tetap ingin merasakan cita rasa olahan daging, menu ini sangat cocok untukmu. Sebab, Burgreens meracik menu ini sedemikian rupa agar rasanya mirip dengan sate maranggi pada umumnya meski tidak menggunakan daging sapi.

Western Platter

Buat kamu yang nggak ingin makanan berat dan mencari menu yang bisa dimakan bersama, Western Platter mungkin cocok untukmu. Menu yang berisi iga bakar naati, chick’n nuggets, chick’n tenders dan french fries tersebut bisa dimakan 2 – 3 orang.

Jika dilihat sekilas, seporsi Western Platter terlihat berii iga sapi bakar, ayam goreng tepung, dan chicken nugget. Tapi, percayalah bahwa menu ini sama sekali tidak menggunakan unsur nabati.

Western Platter sangat cocok disajikan sebagai starter atau pun makanan ringan untuk ngemil saja. Menu ini juga semakin nikmat jik dicocol dengan saus tar tar dan saus BBQ.

Burgreens Beefless Steak

Steak menjadi menu yang digemari masyarakat. Tapi, ketika seseorang memutuskan menjadi vegan atau vegetarian, tentunya steak daging tidak bisa lagi dikonsumsi.

Tapi, di Burgreens kamu bisa tetap menikmati steak dari daging buatan yang lezat, yaitu Burgreens Beefless Steak. Menu tersebut banyak dipesan oleh pelanggan Burgreens, jadi sudah kebayang kan rasanya senikmat apa?

Daging plant-based yang dibuat menjadi steak ini berasal dari jamur yang diolah dengan sedemikian rupa. Dan untuk sausnya, kamu bisa memilih saus BBQ atau black pepper untuk memperkaya cita rasa steak ini.

Vegan Rendang Butter

Tak kalah populer dari steak, rendang juga menjadi salah satu makanan Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Sayangnya, banyak pegiat gaya hidup vegan dan vegetarian tidak dapat mengonsumsinya. Tapi, jangan khawatir sebab Burgreens menyediakan menu rendang plant-based juga, lho.

Nah, salah satu rekomendasi menu di Burgreens yang wajib kamu coba adalah Vegan Rendang Butter. Rendang nabati ini disajikan bersama dengan sate yang terbuat dari tempe dan nasi kuning. Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi. Vegan Rendang Butter sangat mirip dengan rendang yang menggunakan daging sapi asli.

Crispy Thai Salad Wrap

Mengingat Burgreens adalah restoran yang menjual aneka macam makanan sehat berbahan plant-based, belum sah rasanya jika tidak menyediakan menu salad. Salah satu rekomendasi menu di Burgreens yang bertema salad adalah Crispy Thai Salad Wrap.

Salad ini disajikan dengan cara dibungkus atau wrap. Bedanya dari salad wrap pada umumnya, salad ini bebas dari bahan-bahan hewani, seperti ayam atau ikan salmon, melainkan menggunakan Chick’n Tenders.

Bagi yang belum tahu, Chick’n Tenders merupakan salah satu menu di Burgreens yang penampilannya seperti fried chicken. Salad ini juga semakin lezat dengan tambahan potongan ubi goreng dan saus Thailand yang bercita rasa asam-manis.

Vegan Bibimbap

Buat pecinta makanan Korea, Burgreens juga menyediakan Bibimbap Vegan, lho. Di Burgreens, bibimbap disajikan dengan nasi merah atau nasi coklat, beefless bulgogi (bulgogi vegan), sayuran kukus, kimchi vegan dan saus gochujang spesial yang nggak kalah rasanya dari bibimbap pada umumnya.

Vegan Bakso

Pecinta bakso mana suaranya? Ya, bakso adalah salah satu menu makanan yang mudah ditemukan dan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia di mana pun berada.

Di Burgreens, kamu bisa menemukan menu bakso vegan yang rasanya tidak kalah nikmat dari bakso yang biasa kamu temui di mana pun. Untuk baksonya, Burgreens dibuat dengan jamur yang diolah sedemikian rupa hingga menyerupai daging dan dibentuk bulatan.

Dalam seporsi Vegan Bakso, kamu akan mendapatkan bakso vegan, mie bebas gluten, tahu kukus, pokchoy, jamur hioko, yang disajikan dalam sup kaldu serta sayuran dan dilengkapi dengan sambal yang nikmat.

Nah, itulah sederet rekomendasi menu di Burgreens, pelopor restoran vegan dan vegetarian di Indonesia yang lezat dan berbahan dasar nabati. Selamat mencoba! (bbi)

Topik Terkait