img_title
Foto : Arab Branding

IntipSelebRamadan akan segera tiba dan banyak orang yang mulai berburu kurma untuk stok selama bulan puasa yang tinggal menghitung hari. Seperti diketahui, kurma menjadi salah satu buah yang identik dengan Ramadan dan kerap disantap saat sahur maupun berbuka.

Di samping itu, kurma menyimpan banyak manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Jadi, buah ini sangat cocok dikonsumsi saat bulan Ramadan, ketika asupan makanan ke dalam tubuh berkurang dibandingkan biasanya.

Dengan mengonsumsi buah kurma, perut cenderung akan terasa kenyang lebih lama, sehingga menghindari keinginan untuk ngemil, sehingga cocok sekali untuk proses penurunan berat badan seseorang.

Kurma sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, lho. Setiap jenis kurma memiliki rasa dan tekstur yang berbeda, jadi kamu bisa memilihnya sesuai dengan seleramu. Nah, buat kamu sedang mencari buah kurma untuk stok selama bulan Ramadan, yuk intip jenis-jenis kurma berikut ini!

Jenis-jenis Kurma Terenak

Freepik/ azerbaijan_stockers
Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers

Setiap jenis kurma memiliki citarasa dan tekstur yang berbeda-beda tergantung darimana ia tumbuh. Jadi, kamu bisa memilih jenis kurma mana yang cocok dengan seleramu di momen menjelang bulan Ramadan mendatang. Yuk intip jenis kurma terenak berikut ini.

1. Kurma Ajwa

Kurma Ajwa merupakan salah satu jenis kurma yang paling digemari dan digadang-gadang sebagai jenis kurma favorit Nabi Muhammad SAW.

Kurma jenis ini menyimpan banyak manfaat dan khasiat, seperti membantu mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh, mencegah penyakit jantung dan diabetes melitus.

Kurma yang warnanya cenderung kehitaman dan pekat tersebut juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh agar senantiasa sehat serta bugar setiap hari.

2. Kurma Ruthob

Jenis kurma terfavorit berikutnya adalah kurma ruthob. Konon, kurma jenis ini disebut sebagau buah istimewa pemberian Allah SWT untuk para perempuan. Bahkan, kurma ini disebut-sebut dihadirkan ke bumi khusus kaum Hawa.

Kurma ruthob memiliki cita rasa yang berbeda dari kebanyakan kurma yang lain. Ketika digigit, kurma ruthob cenderung renyah ketika digigit dan rasanya tidak terlalu manis.

Kurma ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak suka tekstur lembek dan terlalu manis. Tapi, karena keistimewaannya, kurma ini cenderung mahal dibandingkan jenis kurma yang lain.

3. Kurma Safawi

Bagi kamu yang menyukai buah kurma, belum sah rasanya jika tidak mencoba kurma safawi. Kurma yang satu ini berwarna cokelat pekat kehitaman dan memiliki tekstur seperti daging.

Kurma ini memiliki cita rasa yang sangat manis dan legit namun kaya akan vitamin. Selain enak, kurma ini juga bergizi tinggi. Dibudidayakan di Madinah, kurma safawi sangat lembut dan dikenal karena khasiatnya untuk kesehatan.

4. Kurma Muda

Terdapat banyak jenis kurma yang bisa dikonsumsi, salah satunya jenis kurma yang paling unik adalah kurma muda. Salah satu macam kurma ini diketahui mempunyai manfaat berbeda dibandingkan dengan kurma pada umumnya.

Kurma muda dipercaya bisa membantu kesuburan bagi perempuan dan membantu meningkatkan produksi ASI. Kandungan nutrisi di dalamnya juga berperan besar dalam mencegah pendarahan rahim, serta melancarkan kelahiran bagi ibu hamil.

5. Kurma Medjool

Jenis kurma terenak selanjutnya adalah kurma medjool. Kurma berukuran besar ini mempunyai rasa yang lezat dan legit. Kurma dengan nama lain Bard Valley ini beraal dari California, Amerika. Bard Valley memproduksi ‘Natural Delights Medjool Dates’ atau kurma medjool.

Kurma ini sangat cocok dipadukan dengan teh panas manis. Selain itu, kurma ini juga tanpa bahan pemanis buatan jadi sangat aman untuk anak-anak.

6. Kurma Zahidi

Kurma Zahidi adalah jenis kurma semi-kering yang kulitnya berwarna kuning kecoklatan mengkilap keemasan. Daging buahnya cenderung cukup tebal dan memiliki rasa manis yang creamy, nyaris seperti sirup, namun kandungan gulanya tidak terlalu tinggi.

Orang Timur Tengah banyak yang menyebutnya sebagai kurma mentega karena tekstur dan cita rasanya ini. selain dikonsumsi langsung, biasanya kurma zahidi digunakan sebagai bahan untuk memasak.

7. Kurma Mazafati

Jenis kurma selanjutnya adalah kurma mazafati. Kurma ini memiliki daging yang sangat lembut saat digigit. Rasa manis kurma ini membuatnya menjadi salah satu favorit banyak orang.

Kurma yang kerap dijuluki sebagai bam anggur ini berasal dari Iran. Kurma ini dapat membersihkan perut dari beberapa bekas makanan agar perut bisa berfungsi secara maksimal.

8. Kurma Barhi

Kurma Barhi merupakan salah satu jenis kurma yang paling terkenal. Kurma jenis ini biasanya memiliki daging yang tebal dan kaya rasa. Menurut beberapa orang, jenis kurma ini lebih enak ketika dimakan fresh daripada dikeringkan.

Memiliki warna yang berbeda dari kurma biasanya, kamu akan langsung bisa merasakan perbedaan mencolok saat gigitan pertamanya.

9. Kurma Sayer

Jenis kurma selanjutnya adalah kurma sayer. Kurma sayer adalah salah satu jenis kurma yang berbentuk oval dan ukurannya tidak seragam satu sama lain, bahkan sebagiannya berbentuk bulat.

Rata-rata, ukuran kurma ini lebih kecil dibandingkan dengan jenis kurma yang lain. Kurma ini berwarna cenederung kehitaman dan kandungan serat yang banyak membuat kurma ini cenderung lunak dan lembut.

Jika digigit, kurma sayer akan terasa lembut pada bagian dalam dan ada semacam kulit ari yang membungkusnya. Rasanya yang manis tapi tidak terlalu berlebihan kerap dimanfaatkan untuk membuat sari kurma.

10. Kurma Sukari

Jenis kurma yang terakhir adalah kurma sukari. Kurma sukari merupakan buah kurma yang disebut juga dengan kurma raja. Dijuluki demikian karena kurma ini menjad favorit para raja di Arab.

Kurma sukari memiliki cita rasa yang manis dan empuk. Warnanya yang kuning kecoklatan membuatnya terlihat seperti keemasan. Rasa manis kurma ini tanpa tambahan gula atau pengawet. Kurma jenis ini juga cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Nah, itulah jenis-jenis kurma terenak dan terfavorit yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya untuk stok selama bulan Ramadan. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait