img_title
Foto : Freepik/ jcomp

IntipSeleb – Sudah menjadi rahasia umum dan keresahan banyak orang bahwa saat ini beras mengalami kenaikan harga yang drastis. Bahkan, beras juga mengalami kelangkaan hingga di beberapa supermarket menetapkan pembatasan jumlah pembelian beras untuk setiap orang.

Hal ini tentu memberikan dampak siginifikan bagi masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi sebagai bahan makanan pokok sehari-hari. Tapi, sebetulnya ada beberapa sumber karbohidrat pengganti nasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghadapi situasi ini.

Bahkan, sumber karbohidrat pengganti nasi di bawah ini memiliki kandungan nutrisi yang akan menunjang kesehatan tubuh hingga cocok untuk diet, lho.

Penasaran sumber karbohidrat apa yang bisa dijadikan pengganti nasi? Yuk intip daftar karbohidrat pengganti nasi berikut ini!

1. Singkong

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Masyarakat Indonesia tentu sudah sangat terbiasa mengonsumsi singkong dalam kesehariannya. Tapi, biasanya singkong bukan dijadikan sebagai pengganti nasi, melainkan untuk bahan dasar membuat gorengan atau dianggap sebagai cemilan semata.

Tapi, sebenarnya singkong bisa banget lho dijadikan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi yang sehat. Singkong memiliki kandungan serat serta nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.

Hanya saja, mengolah singkong perlu dilakukan dengan hati-hati. Sebab, singkong memiliki kandungan zat kimia glikosida sianogen. Zat ini dapat melepaskan sianida dalam tubuh yang memicu keracunan jika tidak dibersihkan dan diolah dengan benar.

Maka dari itu, penting untuk membersihkan singkong dengan teliti agar tidak ada zat glikosida sianogen yang termakan dan masuk ke dalam tubuh. Terlepas dari itu semua, singkong merupakan alternatif nasi putih yang enak, sehat dan tentunya murah.

2. Quinoa

Pinterest/Clean Plates
Foto : Pinterest/Clean Plates

Quinoa mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pejuang diet. Quinoa sendiri merupakan biji-bijian mirip kacang yang disebut sebagai superfood karena kandungan gizinya yang luar biasa.

Quinoa mengandung makronutrisi seperti karbohidrat, lemak dan protein yang diperlukan tubuh. Selain itu, kandungan gluten pada quinoa juga relatif rendah sehingga aman dikonumsi untuk penderita diabetes.

Quinoa juga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh dan mengontrol nafsu makan. Selain itu, quinoa juga tinggi serat yang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Tak heran bila quinoa dapat membantu penurunan berat badan.

3. Cauliflower Rice atau Nasi Kembang Kol

Freepik/ KamranAydinov
Foto : Freepik/ KamranAydinov

Siapa sangka sumber karbohidrat pengganti nasi selanjutnya berasal dari sayuran kembang kol, lho. Ya, kembang kol atau cauliflower bisa diolah menjadi nasi yang lebih sehat dan rendah kalori, sehingga cocok untuk menurunkan berat badan.

Cauliflower rice atau nasi kembang kol juga menjadi salah satu makanan pokok yang umum dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalani diet keto.

Nasi yang terbuat dari kembang kol sendiri dianggap dapat menurunkan berat badan, meningkatkan proses metabolisme tubuh, mengatasi peradangan dalam tubuh, hingga melindungi tubuh dari risiko penyakit tertentu.

4. Nasi Brokoli

Pinterest
Foto : Pinterest

Tak hanya kembang kol, brokoli ternyata juga bisa lho disulap menjadi nasi. Nasi brokokli sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang melakukan diet rendah karbohidrat atau rendah kalori.

Nasi brokoli mengandung nutrisi penting, seperti protein, serat dan vitamin C. selain itu, brokoli juga mengandung senyawa antioksidan dan antiperadangan yang dapat membantu tubuh melawan sel kanker.

5. Kentang

Pinterest
Foto : Pinterest

Sudah umum diketahui bahwa kentang adalah salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi dengan citarasa yang lezat. Selain karbohidrat, kentang juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin B6, vitamin C, kalium, protein, omega-3, omega-6, dan zat besi.

Selain itu, kentang juga memiliki serat yang dapat membantu pencernaan dan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Karena itu, kentang cocok dikonsumsi sebagai alternatif nasi oleh orang yang sedang diet atau menurunkan berat badan.

6. Ubi

www.freepik.com/Racool_studio
Foto : www.freepik.com/Racool_studio

Selain kentang, umbi-umbian lain yang bisa menjadi sumber karbohidrat sehat lainnya adalah ubi. Kerap diolah menjadi cemilan, ubi sebenarnya bisa digunakan untuk menggantikan peran nasi, lho.

Selain kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh, ubi juga kaya akan serat sehingga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama dan membantu penurunan berat badan.

7. Jagung

Pinterest
Foto : Pinterest

Sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi selanjutnya adalah jagung. Selain kaya akan karbohidrat, jagung memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik sendiri merupakan salah satu indikator seberapa cepat makanan berkarbohidrat memengaruhi kenaikan gula dalam tubuh.

Maka tak heran bila jagung menjadi alternatif pengganti nasi yang cocok bagi penderita diabetes yang tengah mengurangi konsumsi nasi putih atau orang yang sedang diet. Jagung juga kaya akan nutrisi mulai dari vitamin B1, B3, B5, B9, vitamin C, serat, magnesium, dan fosfor.

8. Oatmeal

BeBeautiful
Foto : BeBeautiful

Oatmeal memang kerap dianggap sebagai makanan diet karena kaya serat dan membuat seseorang dapat merasa kenyang lebih lama. Tapi walau begitu pemilihan topping dalam oatmeal juga penting untuk diperhatikan.

Untuk menyajikan oat dengan citarasa manis, kamu bisa menambahkan potongan buah, kurma dan kacang-kacangan serta biji-bijian dan madu. Tapi, jika kamu lebih menyukai santapan asin, kamu bisa menambahkan lauk seperti pada umumnya dengan memperhatikan kandungan gizinya juga.

9. Labu

Pinterest
Foto : Pinterest

Di Indonesia, labu biasanya diolah menjadi hidangan manis, seperti kolak, bubur atau pudding. Padahal, labu juga bisa lho dijadikan sebagai karbohidrat pengganti nasi. Labu dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah.

Selain buahnya, biji labu juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Sebab, biji labu mengandung potasium yang dapat mengurangi risiko stroke. Sementara di buahnya, ada kandungan beta karoten yang dapat mencegah jantung koroner.

Untuk menjadikannya sebagai pengganti nasi, labu bisa diolah layaknya mashed potato. Bedanya dari kentang, mashed pumpkin akan terasa lebih manis.

10. Sukun

Specialtyproduce
Foto : Specialtyproduce

Sukun merupakan buah yang sekilas mirip dengan nangka atau cempedak. Tapi ketika dimasak, tekstur sukun lembut mirip seperti roti. Selain karbihidrat, sukun juga kaya akan protein nabati dan vitamin.

Mudah ditemukan dan harganya murah, sukun sangat cocok untuk dijadikan pengganti nasi. Penelitian menunjukkan bahwa serat sukun dapat mengontrol diabetes dengan mengurangi penyerapan glukosa dari makanan lain yang dikonsumsi.

Nah, itulah sederet makanan alternatif atau sumber karbohidrat pengganti nasi yang cenderung rendah kalori, sehingga dijamin kesehatannya. Semoga bermanfaat! (BBI)

Topik Terkait