img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSelebTikTok telah berkembang pesat dari awalnya hanya aplikasi lip-sync lucu yang digemari gen Z. Kini, platform video berdurasi pendek tersebut memiliki sekitar tiga perempat miliar pengguna aktif di seluruh dunia.

Jika kamu sudah familiar dengan aplikasi ini, kamu mungkin pernah mendengar bahwa FYP atau For Your Page. Dianggap sebagai ‘pencapaian’ di aplikasi ini, tampil di FYP dapat memberikan banyak manfaat bagi pengguna.

Artikel ini akan mengupas tuntas apa itu FYP TikTok, apa manfaat FYP TikTok, dan cara agar video TikTok bisa FYP sehingga dapat meningkatkan eksposur. Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Apa Itu FYP TikTok?

For Your Page atau FYP merupakan halaman yang pertama dibuka pengguna saat mereka membuka aplikai TikTok. FYP menunjukkan kepada pengguna feed video yang dikurasi dari para konten kreator yang mungkin tidak diikuti, tetapi menurut algoritma TikTok sesuai dengan minat pengguna.

Tujuan TikTok dalam hal ini adalah membuat pengguna TikTok bertahan lebih lama dengan konten yang ditargetkan tersebut.

Manfaat FYP

Mengunggah konten yang bagus di TikTok saja tidak cukup jika kamu berharap banyak pengguna lain mem-follow akun TikTokmu. Kamu harus tampil di hadapan banyak orang dan menjadi perhatian utama prospekmu—dan masuk ke FYP dapat membantumu mencapainya.

Di antara banyaknya pengguna TikTok dengan beraneka macam konten video yang dihasilkan, bisa masuk FYP adalah pencapaian yang luar biasa. Berikut ini manfaat FYP TikTok yang bisa didapatkan oleh konten kreator.

Mendapat lebih banyak follower: FYP adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat mereka membuka aplikasi, sehingga memberikan paparan yang sangat besar. Dan ini sangat menguntungkan jika kamu ingin memasarkan ke audiens Gen Z dan Milenial, karena hampir 70% basis penggunanya berusia di bawah 39 tahun.

Menghasilkan uang: dengan lebih banyak paparan TikTok, semakin banyak pengikut TikTok dan lebih banyak penjualan yang dicapai. Dan setelah kamu mencapai angka 10 ribu pengikut, kamu juga bisa mulai menghasilkan uang dari videomu dengan TikTok Creator Fund.

Memancing sponsor: setelah algoritma mulai mendorong kontenmu ke khalayak yang lebih luas, kamu akan mulai diakui sebagai otoritas di niche-mu. Hal ini dapat menghasilkan sponsor berbayar.

Meningkatkan brand awareness dan penjualan: bisa masuk FYP akan membantumu mendapatkan lebih banyak pengikut dan likes serta meningkatkan brand awareness. Dan itu dapat dengan cepat menghasilkan lebih banyak penjualan untuk brand atau perusahaan.

Membangun eksistensi: setelah kamu mencapai FYP, kamu bisa mulai menggunakan TikTok untuk mengalihkan traffic ke platform-mu yang lain dan membangun eksistensi onlinemu.

Cara Agar Video TikTok Bisa FYP

Freepik/freepik
Foto : Freepik/freepik

Algoritma yang digunakan TikTok untuk memilih konten untuk FYP-nya masih diselimuti misteri. Namun, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan peluangmu bisa masuk FYP. Berikut ini delapan cara agar video TikTok bisa FYP.

1. Konsisten posting di waktu yang tepat

Masuk akal bahwa semakin banyak kamu memposting, semakin besar pula peluangmu untuk mendapatkan kontenmu di FYP. Maka dari itu, konsistensi adalah kunci.

Targetkan untuk posting video tiga kali seminggu, tingkatkan postingan harian. Namun jangan tergoda untuk memposting konten hanya demi kepentingan itu. Pastikan kualitasnya tetap bagus dan menarik. Selain itu, kamu juga perlu mengunggah video di waktu yang tepat.

Karena engagement meningkatkan peluangmu untuk masuk FYP, kamu harus memposting ketika audiensmu sedang online dan siap untuk berinteraksi. Jadi bagaimana kamu tahu kapan waktu terbaik untuk posting videi TikTok?

  1. Tentukan waktu dasar untuk mulai mengunggah video
  2. Beralih ke akun TikTok Pro. Akun Pro akan sangat memudahkan dan memberi keuntungan bagi para konten kreator. Dengan demikian, kamu dapat melihat hari dan waktu followersmu paling aktif dan terlibat
  3. Lihatlah lokasi geografis audiensmu untuk memastikan zona waktumu tetap selaras dengan mereka

2. Gunakan hashtag yang sedang tren

Menggunakan hashtag yang sedang tren membuat kontenmu lebih mungkin diambil oleh algoritme dan oleh karena itu, meningkatkan peluangmu untuk bisa masuk FYP. Sama seperti hashtag Instagram, hashtag TikTok mengkategorikan kontenmu dan meningkatkan kemampuanmu untuk ditemukan.

Bertujuan untuk kualitas, bukan kuantitas—pilihlah 3-6 hashtag trending yang relevan dengan kontenmu. Kamu bisa menggunakan #fyp dan #ForYou, namun tidak ada jaminan ini akan berhasil. Hashtag yang relevan dengan konten dan niche-mu memberikan peluang sukses yang lebih baik dengan pemasaran TikTokmu dan akan membantumu menarik pengikut yang tepat.

Untuk membantu memilih hashtag, cari kata kunci yang relevan dengan nichemu dan lihat hashtag apa yang digunakan video paling populer, atau kamu bahkan dapat mengandalkan riset kata kuncu dasar dari upaya SEO.

3. Posting konten yang unik

TikTok menghargai konten yang menarik dan berkualitas tinggi. Jika videomu mendapat reaksi yang bagus, peluangnya lebih besar untuk masuk FYP. Namun bagaimana kamu memastikan kontenmu lebih unggul dari yang lain?

Pertama, kualitas video dan audiomu harus terbaik. Sebagian besar smartphone menawarkan video HD, sehingga mudah untuk membuat video resolusi tinggi tanpa anggaran besar.

Ambillah inspirasi dari orang lain tetapi hangan tergoda untuk meniru. Pengguna TikTok menikmati konten unik, jadi pastikan ide TikTok-mu menonjol.

Amati tren yang berlangsung dan cari tahu potensi tren ke depan. Berkreasilah dan bereksperimenlah dengan filter, stiker, dan transisi. Ini akan meningkatkan penayangan dan engagement.

4. Membuat video pendek dan menarik

TikTok peduli dengan tingkat penyelesaian. Pada dasarnya, itulah jumlah orang yang menonton videomu sampai akhir. Semakin banyak pengguna yang menonton video sampai akhir, semakin besar pula kemungkinan kontenmu masuk ke FYP.

Video bisa berdurasi hingga satu menit, namun teorinya adalah membuat videomu sesingkat mungkin akan meningkatkan peluangnya untuk ditonton sampai akhir. Tapi sekali lagi, kualitas adalah kata kuncinya.

Jika videomu pendek, pastikan untuk tetap menayangkan, menarik, dan memikat. Tujuan utamanya adalah meningkatkan peluang pengguna untuk meninggalkan likes dan sharenya. Bereksperimenlah dengan durasi yang berbeda-beda untuk menemukan yang terbaik untukmu.

5. Kolaborasi

Kolaborasi memperluas jangkauanmu, dan jika pasanganmu muncul di FYP, kamu juga akan mendapat manfaat. Kamu dapat berkolaborasi dengan konten kreator dalam banyak cara, termasuk duet dan stitch video.

TikTok memiliki tingkat engagement influencer tertinggi dibandingkan dengan platform lainnya. Jadi kamu dapat melompati antrean ke FYP dengan mendapatkan interaksi instan saat kamu bermitra dengan influencer TikTok.

6. Gunakan klip audio dan efek video yang tren

Musik memainkan peran penting dalam video TikTok seperti halnya hashtag. Pengguna dapat mencari klip audio, suara, dan efek tertentu di aplikasi ini yang jumlahnya sangat banyak. Dengan menggunakan klip audio yang sedang tren di konten videomu, kamu dapat meningkatkan likes, komentar, dan penayangan.

Bagaimana cara menemukan sound TikTok populer untuk digunakan dalam videomu? Mudah sekali, ketuk tombol ‘Sound’ dan periksa halaman ‘Discover’ untuk mengetahui suara yang sedang tren, suara yang direkomendasikan untuk videomu dan banyak lagi.

7. Tulis caption menarik

TikTok membatasi hingga 150 karakter, jadi kamu harus fokus menulis teks pendek yang menyertakan hashtag relevan dan mendorong engagement.

Cobalah membuat teks yang membangkitkan rasa ingin tahu untuk meningkatkan penayangan dan tingkat penyelesaian. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan untuk menarik minat penonton videomu.

8. Tarik perhatian audiens

Beberapa detik pertama sangat krusial untuk video TikTokmu. Maka dari itu, detik awal videomu harus menarik perhatian penonton dan membuat mereka ingin menonton sampai akhir. Teliti video populer di niche-mu sehingga kamu dapat menyesuaikan kontenmu agar sesuai dengan audiens targetmu.

Nah, itulah seluk-beluk soal apa itu FYP, manfaat FYP di TikTok dan cara agar video TikTok bisa FYP yang bisa kamu terapkan untuk memperoleh banyak keuntungan. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait