img_title
Foto : Freepik/ KamranAydinov

IntipSeleb – Bagi umat Islam di seluruh dunia, kedatangan bulan suci Ramadan merupakan sebuah perayaan sekaligus sarana untuk memenuhi salah satu dari lima rukum Islam, yaitu puasa Ramadan.

Meskipun jam puasa Ramadan berbeda-beda di seluruh dunia, secara umum jam puasa tersebut dapat digambarkan sebagai ‘dari terbit fajar hingga terbenam matahari’, yang berarti bahwa umat Islam tidak diperbolehkan untuk minum, makan, dan berhubungan seksual selama menjalankan puasa.

Tergantung di belahan bumi mana umat Islam berada, periode puasa Ramadan bisa sangat menyiksa karena siang hari di beberapa daerah bisa bertahan hingga 20 jam dari total 24 jam perhari, lho. Luar biasa lama, bukan?

Mari kita lihat beberapa wilayah dengan jam puasa Ramadan terpanjang dan terpendek di dunia tahun 2024 berikut ini!

Ramadan 2024

Freepik/ rawpixel.com
Foto : Freepik/ rawpixel.com

Kedatangan Ramadan selalu dikaitkan dengan sejumlah hal kontemplatif. Tanggal pasti permulaan bulan secara tradisional ditentukan oleh para ulama/otoritas di bawah naungan malam ketika mereka berupaya mengamati penampakan-penampakan tertentu yang berkaitan dengan kemunculan dan siklus bulan.

Untuk tahun 2024, bulan suci Ramadan akan dimulai pada 11 Maret menurut prediksi. Namun, penting untuk dicatat bahwa karena siklus bulan, tanggal puasa Ramadan berbeda-beda di berbagai negara, meskipun biasanya hanya satu hari.

Jadi, jawaban atas pertanyaan kapan Ramadan 2024 dimulai akan sangat bergantung pada di belahan bumi mana seseorang tinggal. Banyak pula negara lain yang kemungkinan akan merayakan Ramadan pada 12 Maret.

Jam Puasa Terpanjang dan Terpendek 2024

Freepik/ rawpixel.com
Foto : Freepik/ rawpixel.com

Pada hakikatnya, perbedaan jam puasa ini disebabkan karena lamanya hari yang berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Hal ini berkaitan dengan waktu dalam setahun, jarak dari garis khatulistiwa, dan beberapa hal ilmiah lainnya yang membuat matahari tampak lebih panjang atau lebih pendek tergantung di mana kamu berada.

Penasaran jam puasa terpanjang ada di negara mana saja? Simak urutannya berikut ini, ya!

  1. Nuuk, Greenland: Puasa di Nuuk, Greenland dilaksanakan selama 18 jam 12 menit, yang merupakan puasa terlama di antara semua tempat di dunia.
  2. Reykjavik, Iceland: Di ibukota Iceland, umat Islam harus menjalani puasa selama 18 jam.
  3. Glasgow, Skotlandia: Umat Islam di Skotlandia harus menjalankan puasa yang melelahkan selama 17 jam selama bulan Ramadan.
  4. London, United Kingdom: Kota terbesar sekaligus ibu kota Inggris dan Britania Raya, London juga memiliki jam puasa terlama bagi umat Islam. Total waktu siang hari selama 15 hingga 16 jam membuat menyelesaikan puasa di sini merupakan suatu pencapaian yang luar biasa.
  5. Paris, Prancis: Ibu kota ekaligus kota terpadat di Prancis, Paris, juga memegang posisi sebagai wilayah dengan jam puasa terlama. Umat Islam di Paris harus berusaha keras menjalani 15 jam 54 menit puasa.
  6. Ottawa, Kanada: Negara paling utara di Amerika Utara ini memiliki jam puasa yang panjang yaitu 15 jam 12 menit. Mereka yang menjalankan puasa Ramadan di Ottawa diimbau untuk tetap menjaga kebugaran dengan membekali diri dengan asupan nutrisi yang benar.

Kota-kota lain seperti Lisbon (Portugal), Athena (Yunani), Beijing (China), Washington DC (AS), Pyongyang (Korea Utara), dan Ankara (Turki) juga memiliki jam puasa selama 15 hingga 16 jam.

Sementara itu, peringkat jam puasa terpendek di dunia tahun ini ditempati oleh wilayah-wilayah sebagai berikut:

  1. Brasilia, Brasil – 12 hingga 13 jam
  2. Harare, Zimbabwe – 12 hingga 13 jam
  3. Johannesburg, Afrika Selatan – 11 hingga 12 jam
  4. Buenos Aires, Argentina – 12 jam
  5. Cape Town, Afrika Selatan – 11 hingga 12 jam
  6. Christchurch, Selandia Baru – 12 jam
  7. Ciudad del Este, Paraguay – 11 hingga 12 jam
  8. Montevideo, Uruguay – 11 hingga 12 jam
  9. King Scott, Chili – 11 hingga 12 jam

Rata-rata jam puasa dari kota-kota di atas hanya berjalan sekitar 11 hingga 12 jam saja. Jauh jika dibandingkan dengan negara-negara di daftar sebelumnya.

Meskipun tempat-tempat di atas mewakili setiap negara-negara di sekitarnya, rata-rata jam puasa di beberapa negara besar di dunia cenederung berkisar antara 13 hingga 14 jam. Berikut ini rata-rata jam puasa Ramadan di beberapa wilayah.

Timur Tengah

Negara-negara di Timur Tengah, seperti UEA, Arab Saudi, Qatar, dan lain sebagainya, umumnya berpuasa selama 14 hingga 15 jam. Meskipun jam bukanya tidak sepanjang beberapa tempat dalam daftar jam puasa terpanjang di dunia, berpuasa di negara-negara ini mungkin terbukti lebih menantang karena panasnya yang tak kenal ampun.

Asia Tenggara

Umat ​​Islam di Thailand, Indonesia dan Malaysia biasanya memiliki jam puasa rata-rata 12 hingga 14 jam per hari. Relatif pendek jika dibandingkan dengan wilayah lain di belahan bumi utara.

Afrika

Kecuali di Afrika Selatan, umat Islam di negara-negara Afrika seperti Ethiopia, Senegal, dan Nigeria rata-rata berpuasa sekitar 13 hingga 14 jam.

Amerika Utara dan Selatan

Umat ​​​​Muslim yang tinggal di negara-negara Amerika Selatan, seperti Argentina, Brasil, Chili, dan sebagainya, berpuasa selama 11 hingga 13 jam, dengan mempertimbangkan lokasi tepatnya.

Di sisi lain, umat Islam yang tinggal di Amerika Utara harus menghadapi jam puasa yang lebih lama, hingga 15 hingga 16 jam, di Kanada dan Amerika.

Eropa

Di negara-negara seperti Perancis dan Swiss, siang hari cenderung lebih lama. Umat ​​Islam di wilayah tersebut berpuasa sekitar 16 hingga 17 jam, sedangkan umat Islam yang tinggal di Yunani, Italia, dan Spanyol berpuasa selama 15 hingga 16 jam.

Nah, itulah sederet wilayah-wilayah di dunia dengan jam puasa terpanjang dan jam puasa terpendek di dunia selama bulan puasa nanti.

Topik Terkait