img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSelebWulan Guritno melayangkan gugatan perdata kepada mantan pacarnya, Sabda Ahessa ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ibu Shalom Razade ini melaporkan mantan kekasihnya sendiri ke pengadilan lantaran uang talangan untuk biaya renovasi tidak kunjung dibayarkan.

Belajar dari Wulan Guritno, girls kamu harus mikir -mikir lagi buat pinjemin uang ke pacar kamu. Kok gitu?

Melansir Financial Bestlife, Business Today, dan sumber lainnya, ini 7 hal yang harus kamu pikirin sebelum pinjemin uang ke pasangan!

1. Tentuin Jumlah dan Syarat

pinjem uang
Source: Freepik/jcomp

Kalau pacar kamu mau pinjem uang, tanya mendetil soal berapa jumlahnya. Jangan lupa, kamu harus ajuin syarat pembayaran dan konsekuensi kalau bayarnya telat.

Kamu bisa tanya beberapa poin ini:

  • Berapa banyak: mau pinjemin berapa, nih?
  • Bunga: ada bunga nggak, nih?
  • Cicilan: gimana caranya balikinnya? Dicicil tiap bulan atau langsung lunas?
  • Telat bayar: gimana kalau telat bayar? Ada penalty-nya nggak?

2. Kebiasaan Pinjam Uang ke Pasangan

pinjem uang
Source: freepik

Cek dulu, deh, kenapa dia sering butuh duit. Kebiasaan keuangan yang buruk bisa ngerusak hubungan kalian dalam jangka panjang, lho.

3. Perjanjian Pinjaman Tertulis

pinjem uang
Source: freepik/tirachardz

Hitam di atas putih! Walaupun pinjemin uang ke pacar, kamu harus bikin perjanjian tertulis yang jelasin jumlah pinjeman, jadwal cicilan, dan penalti kalau telat bayar. Ini penting buat ngelindungin kamu dan pasangan biar nggak ada kesalahpahaman.

4. Cari Alternatif Lain Dulu

pinjem uang
Source: freepik

Daripada langsung kasih duit, mending bantu pasangan kamu cari solusi keuangan yang lebih jangka panjang, misalnya dengan konsultasi ke perencana keuangan.

5. Pinjemin Uang ke Pasangan Bikin Ribet Hubungan

pinjem uang
Source: freepik/rawpixel.com

Pinjemin duit ke orang terdekat, termasuk pacar, itu bisa bikin masalah, apalagi kalau nggak dibalikin. Siapin diri aja buat menghadapi potensi konflik, ya.

6. Pertimbangan Hukum

pinjem uang
source: freepik

Hati-hati, ada pajak bagi kamu dan doi saat pinjemin duit pacar. Pastikan juga bunga yang kamu kasih sesuai aturan, supaya nggak kena masalah.

7. Ngomong Baik-baik Soal Perjanjian Pinjam Uang

pinjem uang
source: freepik/krakenimages

Bicarain baik-baik soal perjanjian pinjam uang ini. Pastikan pasangan kamu ngerti dan setuju dengan semuanya. Komunikasi yang terbuka itu penting banget biar nggak ada salah paham di kemudian hari.

Inget, pinjemin duit ke pacar atau suami itu bukan keputusan yang gampang. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Pikirin baik-baik, ya, sebelum kamu memutuskan buat ngasih pinjaman.

Topik Terkait