img_title
Foto : Viva.co.id

IntipSeleb – Selain ditunggu-tunggu karena disebut sebagai bulan yang suci dan penuh berkah, Ramadan juga menjadi bulan yang tepat untuk menjalankan bisnis. Maka tak heran bila bermunculan profesi dadakan di bulan Ramadan nanti.

Dikarenakan munculnya berbagai kebutuhan baru di bulan Ramadan, banyak orang yang akhirnya memanfaatkan momen tersebut sebagai ide bisnis bulan Ramadan yang menarik yang jadi ladang uang.

Seperti diketahui, terjadi peningkatan pembelian barang yang drastis di bulan Ramadan. Banyak orang yang mencari baju lebaran, aneka macam kue kering, amplop lebaran, hampers, sembako, dan masih banyak lagi.

Maka, profesi dadakan di bulan Ramadan yang berkaitan dengan bisnis barang dan jasa pun bukan menjadi hal baru di kalangan masyarakat. Banyak orang yang tiba-tiba berdagang, baik secara online maupun offline demi meraup keuntungan di bulan yang penuh berkah tersebut.

Penasaran apa saja profesi musiman yang dimaksud? Yuk intip sederet profesi dadakan di bulan Ramadan yang bakal cuan di bulan Ramadan mendatang!

1. Pedagang Kue Kering

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Profesi musiman bulan Ramadan yang pertama adalah pedagang kue kering. Ya, banyak orang yang memanfaatkan momen bulan puasa ini dengan menjual aneka macam kue kering untuk disajikan saat buka puasa atau bahkan stok lebaran.

Biasanya, orang-orang yang berbakat di bidang baking akan turun tangan dan menjadikan hobi mereka sebagai ladang uang di bulan Ramadan. Jika memiliki modal yang minim, biasanya mereka akan melakukan sistem PO atau Pre Order, sehingga mereka hanya membuat kue kering sesuai pesanan saja.

Namun, bagi yang tidak memiliki kemampuan membuat kue kering, bisa juga mereka mengambil barang dari toko lain lalu mengemasnya ulang dan menjual dengan brandingnya sendiri.

Tak bisa dipungkiri, kue kering jadi barang yang dicari-cari selama bulan Ramadan hingga lebaran. Pasalnya, kue lebaran menjadi hal yang harus ada di meja ruang tamu untuk menjamu mereka.

Selain itu, kue kering juga menjadi salah satu ide hampers yang biasa diberikan oleh seseorang kepada keluarga, kerabat atau rekan kerjanya dalam rangka menyambut Ramadan atau lebaran.

2. Pedagang Takjil

Berbagai sumber
Foto : Berbagai sumber

Profesi dadakan di bulan Ramadan selanjutnya adalah pedagang takjil. Siapa sih yang nggak tertarik untuk berburu takjil sembari menunggu adzan maghrib berkumandang?

Berburu takjil memang menjadi salah satu aktivitas ngabuburit yang seru dan memanjakan mata. Sebab, kita akan melihat aneka macam jajanan yang lezat dan membelinya sebagai santapan buka puasa.

Tak heran, banyak orang yang akhirnya tergerak untuk membuka bisnis takjil selama bulan Ramadan. Dengan menu yang enak dan menarik, bisnis takjil dijamin bakal cuan banget.

3. Pedagang Hampers dan Parcel

Revaayat
Foto : Revaayat

Hampers dan parcel merupakan salah satu ide bisnis Ramadan yang menjanjikan. Nggak heran kalau banyak orang yang menjalani profesi dadakan di bulan Ramadan dengan menawarkan aneka macam parcel dan hampers.

Di bisnis ini, kreativitas seseorang diuji. Sebab, para pedagang hampers dan parcel harus mengemas berbagai macam produk menjadi sebuah bingkisan yang cantik untuk dihantarkan oleh para pembeli kepada keluarga atau kerabat mereka.

Isian hampers juga bisa beragam, mulai dari kue kering, sembako, buah-buahan, baju muslim dan hijab serta aneka macam makanan dan minuman.

4. Katering Sahur dan Buka Puasa

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Katering sahur dan buka puasa juga menjamur sepanjang bulan Ramadan. Maka, bisnis tersebut menjadi salah satu profesi dadakan di bulan Ramadan yang menjanjikan.

Biasanya, para pemilik bisnis katering akan menawarkan menu sahur dan buka puasa untuk orang-orang yang tidak ada waktu untuk memasak makanannya sendiri karena terlalu sibuk bekerja.

Tak hanya para pemilik bisnis katering saja, banyak pula orang yang berbakat memasak dan membuka usaha katering sahur dan buka puasa musiman di rumah. Mereka bisa memasarkan kateringnya lewat media sosial atau grup-grup whatsapp.

5. Pedagang Ketupat

Instagram/@adinovi
Foto : Instagram/@adinovi

Hari raya Idul Fitri biasanya identik dengan ketupat. Menyantap opor ayam dan hidangan lainnya di hari lebaran, tentu kurang sah jika tidak melengkapinya dengan ketupat.

Pedagang ketupat pun menjadi profesi dadakan di bulan Ramadan yang sangat menguntungkan. Jika ingin membuka bisnis ketupat, seseorang hanya perlu mempelajari cara membuatnya dengan baik.

Untuk membuat ketupat, diperlukan keterampilan tangan yang mumpuni untuk membentuk daun kelapa. Bentuk ketupat yang rapi akan cenderung disukai para pembeli.

Jika seseorang sudah mahir membuat ketupat, mereka bisa menjual hasil karyanya dengan menjualnya di pasar-pasar, atau bisa juga membuka sistem PO.

6. Jasa Penukaran Uang

Viva.co.id
Foto : Viva.co.id

Profesi dadakan di bulan Ramadan selanjutnya adalah jasa penukaran uang. Para pembuka jasa penukaran uang menjadi orang yang dicari-cari di paruh akhir bulan Ramadan.

Seperti diketahui, bagi-bagi THR atau Tunjangan Hari Raya saat lebaran menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh anak-anak.

Para orang tua tentu membutuhkan pecahan uang dengan nominal yang lebih kecil agar bisa membagikannya kepada anak-anak, keponakan, cucu dan tetangga.

Tak heran bila jasa penukaran uang menjadi usaha musiman di bulan puasa yang sangat laris di bulan Ramadan, khususnya menjelang Idul Fitri.

Jika hendak membuka usaha ini, sebaiknya seseorang bekerja sama dengan bank, sehingga akan lebih mudah mendapatkan akses penukaran uang pecahan.

7. Jasa Custom Amplop Lebaran

Pinterest
Foto : Pinterest

Masih berkaitan dengan THR, profesi dadakan di bulan Ramadan lainnya adalah jasa custom amplop lebaran. Sebab, amplop THR menjadi benda yang banyak dicari menjelang lebaran.

Karena biasanya penerima THR adalah anak-anak, maka amplop-amplop lucu penting untuk diperhatikan agar si penerima lebih senang saat menerimanya.

Anak-anak tentu akan lebih menyukai tampilan amplop yang menarik, terlebih jika disertai dengan gambar karakter kartun favorit. Kamu bisa menawarkan jasa custom amplop lebaran jika mempunyai skill desain yang mumpuni.

8. Pedagang Kembang Api

Freepik/ rawpixel.com
Foto : Freepik/ rawpixel.com

Pedangang kembang api merupakan salah satu profesi musiman bulan Ramadan yang banyak ditemui di sepanjang jalan.

Seperti diketahui, kembang api menjadi benda yang digemari anak-anak untuk dinyalakan pada malam hari sepulang dari shalat tarawih di masjid bersama dengan teman-teman sepermainannya.

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan cuan dengan profesi ini, kamu bisa membeli kembang api secara grosir dan menjualnya kembali di sekitar tempat tinggalmu.

Nah, itulah sederet profesi dadakan di bulan Ramadan yang bermunculan dan menjamur sepanjang bulan suci hingga hari raya Idul Fitri. Tertarik coba? (jra)

Topik Terkait