img_title
Foto : IMDb

IntipSeleb – Mulai dari visualnya yang dirasa pas sebagai Anastasia dalam trilogi Fifty Shades of Grey hingga karakternya di Madame Web, Dakota Johnson telah berusaha keras untuk mencapai penampilan terbaiknya dalam setiap proyek film.

Ada banyak alasan bagi kita untuk terinspirasi dari tips olahraga Dakota Johnson, yang jika ditiru secara berkelanjutan juga bisa membuat kita mempunyai tampilan fisik yang sama dengannya.

Rupanya, pelatih Dakota Johnson sempat membocorkan tips diet Dakota Johnson serta rutinitas olahraganya agar bisa mempertahankan penampilan fisiknya yang langsing dan memesona.

Seperti diketahui, sebelum pembuatan film Madame Web dimulai, Dakota Johnson memulai pelatihan dengan instruktur dan pendiri The Sculpt Society, Megan Roup. Untuk memerankan Cassandra Webb, Johnson memiliki dua tuntutan utama, yaitu berfisik kuat dan daya tahan tinggi untuk latihan berjam-jam yang melelahkan di lokasi syuting.

Tips Olahraga Dakota Johnson

IMDb
Foto : IMDb

Aktris Hollywood dan pelatihnya bertemu dua hingga tiga kali seminggu untuk berolahraga bersama. Mereka melakukan full body workout, low-impact workout seperti 45 menit kardio, latihan kekuatan, dan gerakan untuk mengencangkan tubuh dengan beban yang ringan.

Di waktu-waktu tertentu ketika Dakota terlalu sibuk dan sulit menemukan waktu untuk bertemu pelatihnya, mereka melakukan latihan bersama secara online dengan durasi 20, 30, atau 45 menit tergantung ketersediaan waktu.

1. Dance cardio

Dance cardio adalah olahraga favorit Dakota Johnson. Sesi ini berfungsi sebagai pemanasan sebelum melakukan full body workout yang lebih intens. Dakota menggunakan dance cardio untuk memulai dan mengakhiri sesi olahraganya.

Dari total 45 menit latihan, dance cardio hanya dilakukan sekitar 2 sampai 3 lagu. Menurut pelatih, Dakota Johnson sangat menikmati sesi ini.

Seperti halnya latihan cardiovascular pada umumnya, dance cardio membuat tubuh berkeringat, meningkatkan detak jantung, dan membantu membakar kalori. Seseorang bisa dengan mudah membakar 300-400 kalori selama sesi latihan menari selama 30 menit dan tergantung seberapa intens latihannya.

2. Low impact full body workout

Latihan jenis ini akan memberikan manfaat terhadap peningkatan endorfin yang diharapkan oleh banyak orang setiap kali olahraga, tapi tanpa menambah beban atau tekanan yang terlalu berat pada sendi dan ligamen tubuh. Latihan ini harus dilakukan dengan teknik yang tepat untuk mengurangi risiko cidera.

Beberapa olahraga low impact antara lain High Intensity Interval Training (HIIT), jalan cepat, berenang, bersepeda, mendayung, barre, pilates, kettlebell dan sircuit training.

Semakin lama sesi olahraga dengan sang pelatih, Dakota Johnson menambahkan beberapa alat bantu olahraga, seperti light booty band, pilates ball, slider, dan masih banyak lagi. Sebagai contoh, Dakota akan memulai dengan gerakan plank sederhana, dan akhirnya menambah slider di bawah telapak kaki untuk membuat gerakannya semakin advance.

3. Rest day tidak boleh dilupakan

Selain dilakukan dengan menyenangkan, tubuh juga memerlukan waktu beristirahat dari aktivitas olahraga, dan inilah yang dilakukan juga oleh Dakota Johnson.

Pelatih mengungkapkan bahwa aktris Hollywood tersebut memilih untuk melakukan yoga sederhana di rest day-nya. Dia juga menikmati sesi sauna sebagai relaksasi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mentalnya.

4. Say no to diet ketat

Tips diet Dakota Johnson yang penting untuk diperhatikan adalah untuk menghindari diet ketat yang menyiksa dan berdampak negatif secara jangka panjang.

Pelatih Dakota Johnson merasa, diet ketat dengan memikirkan terus-menerus soal kalori dari semua makanan yang hendak disantap dan pusing memikirkan bagaimana cara membakar kalorinya bukanlah sesuatu yang bijak.

Menurutnya, penting untuk memperhatikan isyarat tubuh, seperti kapan merasa lapar, apa yang dia butuhkan, makanan apa yang memberikan energi dan apa yang tidak baik untuk tubuh. Singkatnya, dietlah secara mindfull.

Mengapa diet ketat tidak efektof untuk jangka panjang? Sebab, seringkali orang tidak memperhatikan nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dan berujung kurang gizi.

Selain itu, karena oran yang melakukan diet ketat terus-menerus menolak hal-hal yang diinginkan oleh otak dan tubuh, risiko stres dan gangguan kesehatan mental pun semakin tinggi.

Nah, itulah sederet tips olahraga dan diet Dakota Johnson sejak sebelum proses syuting Madame Web untuk mempertahankan fisiknya yang bugar, sehat dan ramping. (bbi)

Topik Terkait