img_title
Foto : JatengKita

IntipSeleb – Mempersiapkan masa pensiun sangat penting bagi sebagian orang. Tak hanya sebatas soal keuangan atau dana, namun juga kenyamanan untuk menghabiskan kehidupan masa tua.

Kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, atau Yogyakarta mungkin bukan tempat yang ideal untuk pensiun karena terlalu riuh, padat dan penuh hiruk-pikuk. Orang cenderung akan memilih daerah atau kota ternyaman untuk pensiun.

Kota ternyaman untuk pensiun biasanya memiliki kondisi yang cenderung lebih tenang, bercuaca adem, dengan udara yang bersih. Selain itu, banyak pula orang yang mencari daerah dengan biaya hidup yang tidak terlalu mahal walaupun sebenarnya mereka sudah mempersiapkan dana pensiun untuk masa tuanya.

Nah, jika kamu menyukai daerah tempat tinggal dengan kualifikasi seperti deskripsi di atas atau tengah mempersiapkan diri untuk pensiun, berikut ini sederet kota ternyaman untuk pensiun yang bisa kamu pertimbangkan.

Rekomendasi Kota Ternyaman untuk Pensiun

Expedia.co.id
Foto : Expedia.co.id

Ada banyak kota di Indonesia yang menawarkan lingkungan yang nyaman dan asri, sehingga cocok untuk ditinggali selagi menikmati masa pensiun. Bagi kamu yang tengah berencana untuk pensiun, yuk simak beberapa kota di Indonesia untuk pensiun berikut ini!

1. Kintamani, Bangli, Bali

Kintamani merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bangli, Bali. Terletak di dataran tinggi di Pulau Dewata, kawasan ini didominasi oleh lahan pertanian, seperti kembang kol, tomat, jeruk, dan lainnya.

Penduduk Kintamani juga masih menjalankan tradisi dan budaya leluhur, salah satunya adalah menjaga ketentraman dan kerukunan antarwarga Kintamani.

Kintamani juga merupakan tempat di mana Danau Batur dan Gunung Batur berada. Tak heran bila kawasan ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit para pecinta alam jika berkunjung ke Bali.

Pemandangan alam, kesejukan dan keasrian, serta kehangatan masyarakat lokal merupakan perpaduan sempurna untuk memilih Kintamani sebagai kota untuk pensiun di masa tua.

2. Solo, Jawa Tengah

Tak sebesar Yogyakarta, Solo atau Surakarta merupakan kota yang menyimpan sejarah dan kebudayaan yang kaya. Bahkan, Solo juga dikenal sebagai pusat pengembangan dan pelestarian kebudayaan Jawa, seperti batik dan gamelan.

Warga Solo dikenal sangat ramah dan halus dalam bertutur kata, sehingga membuat pendatang merasa betah dan nyaman. Selain itu, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan jika menghabiskan masa pensiun di Solo, seperti wisata kuliner, belajar membatik, atau mendatangi tempat wisata di Solo.

Tak hanya itu, biaya hidup di Solo yang murah juga menjadi salah satu daya tarik terbesar bagi banyak orang untuk menjadikan kota ini sebagai tempat pensiun di masa tua nanti.

3. Malang, Jawa Timur

Meski terbilang kecil, Malang adalah salah satu kota ternyaman untuk pensiun. Kota yang terletak di Jawa Timur ini memiliki infrastruktur dan fasilitas kesehatan yang memadai. Selain itu, Malang juga seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata dan pendidikan.

Memiliki tata kota yang cukup baik, di Malang kamu tidak perlu terlalu khawatir soal risiko macet, banjir, dan polusi udara. Selain itu, biaya hidup di Malang juga cenderung lebih murah ketimbang Surabaya, apalagi Jakarta.

Malang yang terletak di kawasan pegunungan juga menawarkan cuaca yang sejuk dan asri. Ini tentu menjadi poin plus untuk kota Malang sebagai rekomendasi kota ternyaman untuk pensiun.

4. Purwokerto, Jawa Tengah

Banyak traveler yang berkunjung ke Purwokerto lantas jatuh cinta pada kesederhanaan, ketenangan serta kenyamanannya. Kota yang masuk ke dalam wilayah kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dieksplor.

Selain itu, biaya hidup di Purwokerto juga terbilang rendah, sehingga cocok sekali untuk menikmati masa tua dengan nyaman dan tentunya hemat.

Tak heran bila jurnalis kondang, Andy F. Noya memilih untuk melipir dari Jakarta dan menghabiskan masa tuanya di kota ini. Ia membeli sebidang tanah seluas satu hektar yang dulunya dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar.

Tanpa basa-basi, ia pun langsung membeli tanah tersebut dan membangun sebuah rumah untuk menjadi tempat pensiunnya bersama sang istri. Dari rumah tersebut, Andy Noya dapat menyaksikan hamparan sawah yang hijau, air sungai yang mengalir, serta kegagahan Gunung Slamet.

5. Salatiga, Jawa Tengah

Dianggap memenuhi kriteria sebagai kota ternyaman untuk pensiun, Salatiga mungkin bisa dipertimbangkan jika kamu berencana untuk pensiun dan hengkang dari kota besar.

Kota kecil di Jawa Tengah ini cenderung memiliki biaya hidup yang murah, udara yang sejuk, fasilitas yang cukup lengkap dan suasana yang tenang.

Masih relatif dekat dari Semarang, Salatiga memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Masyarakat di sana tidak membeda-bedakan agama, suku dan ras tertentu dan akan memberikan kehangatan bagi pendatang.

Akses transportasi di Salatiga juga cukup mudah. Ada jalur Semarang-Solo yang akan memudahkanmu jika ingin bepergian keluar kota.

Sebagai salah satu kota tertua dan terindah di Indonesia, tak heran bila Salatiga dijadikan sebagai kota untuk pensiun di masa tua.

6. Berastagi, Sumatera Utara

Terletak di kawasan dataran tinggi Karo, Sumatera Utara, Berastagi menjadi kota dengan udara pegunungan yang bersih. Selain itu, kota ini juga merupakan penghasil buah-buahan san sayuran terbaik di Sumatera.

Akses jalan raya ke kota Berastagi juga cukup bagus dan lengkap dengan fasilitas kesehatan yang baik.tak heran bila Berastagi juga direkomendasikan sebagai salah satu kota ternyaman untuk pensiun di masa tua.

7. Wonosobo, Jawa Tengah

Wonosobo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal memiliki kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Sudah pasti, kota ini memiliki udara yang sejuk dan bersih, cuaca yang dingin khas pegunungan, serta pemandangan alam yang memukau.

Di Wonosobo juga kerap digelar banyak festival budaya menarik dan khas, seperti Ritual Ruwatan Anak Kembar, Festival Jazz Dieng, dan Festival Lampion Dieng. Meskipun kerap menjadi destinasi wisata, kota kecil ini tidak seramai yang lainnya.

Wonosobo juga memiliki fasilitas umum yang cukup memadai, seperti rumah sakit, pasar tradisional, dan pusat kuliner. Jadi, jika kamu ingin tinggal di pedesaan yang jauh dari hiruk-pikuk kota tapi tetap bisa menikmati hiburan, Wonosobo bisa banget menjadi kota untuk pensiun.

8. Nagari Pariangan

Nagari Pariangan merupakan desa wisata yang dinobatkan sebagai salah satu desa terindah. Berlokasi di Lereng Gunung Marapi, Nagari Pariangan berjarak 35 km dari Bukittinggi dan 95 km dari Padang.

Nagari Pariangan yang merupakan negeri tertua di wilayah Minang ini identik dengan hamparan sawa terasering yang memanjakan mata dengan udara yang segar.

Sepanjang kontur wilayah perkampungan Nagari Pariangan, terdapat sederet rumah gadang yang dibangun menawan. Rumah-rumah tersebut tampak selaras dengan wilayah persawahan di sekitarnya yang hijau. Sawah Gadang Satampang Baniah, misalnya yang menjadi sawah pertama leluhur masyarakat Minang.

9. Banyuwangi

Dikenal dengan julukan The Sunrise of Java, Banyuwangi merupakan salah satu kota ternyaman untuk pensiun yang patut dipertimbangkan. Kota di ujung timur Pulau Jawa ini menyimpan banyak pesona yang memikat.

Banyuwangi memiliki keindahan alam yang memukau dan tak ada habisnya untuk dieksplor, mulai dari Gunung Ijen, Pantai Pulau Merah, hingga Taman Nasional Alas Purwo.

Meski kota ini tak terlalu besar, akses transportasinya termasuk cukup baik, jadi jika kamu ingin bepergian baik jauh atau dekat kamu bisa mengakses transportasi publik dengan murah dan nyaman.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari kota dengan wilayah yang masih asri, Banyuwangi bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghabiskan masa tua.

Topik Terkait