img_title
Foto : Freepik/ yanalya

IntipSeleb – Masa pacaran merupakan petualangan cinta yang indah dan penuh dengan kebahagiaan sekaligus tantangan. Sepasang manusia yang menjalin kasih dalam hubungan pacaran berbagi kasih sayang yang diwarnai bunga-bunga.

Walau cinta memang terasa indah, seperti kata pepatah ibarat tahi ayam rasa cokelat, tapi sebisa mungkin jangan sampai kamu lengah. Sebab, jika tidak dijalani dengan prinsip-prinsip yang benar, pacaran juga bisa menjadi medan yang berbahaya.

Kita tentu sudah sering mendengar dari beberapa orang bahwa ada yang namanya relationship yang tidak sehat bahkan berujung toksik. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan beberapa hal yang ke depannya akan berdampak pada hubunganmu dan pasangan.

Agar kamu terhindar dari ranjau-ranjau yang membahayakan tersebut, berikut ini 8 hal yang tidak boleh dilakukan saat pacaran agar tidak berujung racun yang mematikan hubungan.

Freepik/ Drazen Zigic
Foto : Freepik/ Drazen Zigic

1. Terlalu cepat memutuskan serius

Momen pacaran memang kerapkali berisi kebahagiaan, bunga-bunga dan hal-hal indah lainnya. Di momen ini, seringkali orang jadi terlalu cepat untuk buru-buru melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

Sayangnya, keputusan untuk melompat ke jenjang serius tersebut kerapkali tidak dibarengi dengan pemikiran yang logis dan mendalam. Padahal, hal tersebut bisa berakibat fatal, lho.

Ada baiknya, kamu memberikan waktu untukmu dan pasangan agar mengenal secara lebih mendalam, memahami satu sama lain, membangun kepercayaan, serta membahas visi misi kehidupan kalian mendatang.

Hubungan yang berjalan dengan baik memerlukan waktu untuk tumbuh dengan kokoh dan hal tersebut tidak bisa didapatkan dengan instan. Jadi, nikmati setiap momen dan biarkan segalanya berjalan dengan organik.

2. Komunikasi yang tidak jujur

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, komunikasi adalah kunci kesuksesan hubungan. Tapi, sayangnya bagi beberapa orang sangat sulit untuk mempraktikkannya. Bisa jadi hal tersebut karena mereka belum terbiasa dengan cara komunikasi dua arah yang seimbang atau kesulitan untuk membuka diri.

Ketika dua orang memutuskan untuk menjalin hubungan, maka keduanya harus sama-sama berkomitmen untuk menjalin komunikasi dengan baik. Jangan biarkan masalah-masalah kecil berkembang menjadi konflik yang besar karena kurangnya komunikasi.

Selalu bicarakan perasaanmu dengan jujur dan dengarkan juga apa yang ingin disampaikan oleh pasanganmu. Jangan pernah takut untuk membuka diri karena komunikasi yang baik adalah akar yang kokoh untuk hubungan.

3. Membandingkan pasangan dengan orang lain

Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan saat pacaran adalah membandingkan pasangan dengan orang lain. Penting untuk menghargai keunikan yang dimiliki oleh pasanganmu, sama halnya dengan pasanganmu yang menerimamu apa adanya.

Jangan sampai jatuh ke dalam perangkap berbahaya hanya karena membanding-bandingkan pasanganmu dengan orang lain, terutama jika itu mantan pacar atau teman lawan jenismu.

Sebaiknya, fokuslah pada hal-hal positif dalam hubunganmu dan bersyukurlah atas kehadiran pasanganmu. Sepanjang kalian berdua saling menerima dan berusaha berprogres ke arah yang lebih baik, hubunganmu sehat.

4. Mengorbankan diri sendiri

Saat jatuh cinta, mudah bagi seseorang untuk terlalu fokus pada pasangan dan mengesampingkan dirinya sendiri. Ia merasa dunianya hanya berkisar soal pasangannya semata.

Tapi, perlu diingat bahwa kamu juga individu yang mempunyai kehidupan, hobi, dan cita-cita sendiri. Jangan pernah mengorbankan sepenuhnya dirimu untuk hubungan pacaran.

Tetap jadilah diri sendiri, lakukan hobimu, asah bakatmu, kembangkan dirimu dan jalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitarmu. Intinya, kamu tidak boleh kehilangan dirimu sendiri dan seimbangkan antara kehidupan pribadi dan kehidupan asmara.

5. Menghindari konflik

Setiap hubungan tentu akan menghadapi konflik dan perbedaan, dan hal tersebut tidak dapat dihindari. Alih-alih berusaha menghindar, belajarlah untuk menghadapinya secara bijaksana.

Mengabaikan masalah hanya akan membuatnya semakin besar dan bisa berujung merusak hubunganmu dengan pacar. Jadi, bicarakan konflik yang kalian hadapi, saling mendengarkan satu sama lain, dan carilah jalan tengah. Terkadang, konflik justru bisa merekatkan pasangan, lho.

6. Hanya fokus pada kekurangan pasangan

Tak ada satupun manusia yang sempurna, termasuk pasanganmu. Jadi, jangan terlalu memperhatikan kekurangan pasangan hingga melupakan sisi positif yang dia miliki.

Sebaiknya, fokuslah pada sisi positif pasangan, dukung progres positifnya, dan bantu dia menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Semakin besar cinta dan dukungan yang kamu berikan, semakin besar pula cinta yang akan kamu terima.

7. Berusaha mengubah pasangan

Beberapa orang memiliki kecenderungan untuk mencoba mengubah kepribadian pasangannya, padahal hal tersebut mustahil. Perlu diingat bahwa yang bisa mengubah diri seseorang hanyalah dirinya sendiri.

Setiap oranag memiliki prinsip hidup dan pola pikirnya masing-masing. Jadi, jika ada aspek yang tidak sejalan denganmu, bicarakan baik-baik pada pasangan dan dengarkan penjelasannya. Kalaupun dia bersedia untuk berubah, kamu juga perlu memahami bahwa hal tersebut tidak akan terjadi dalam semalam.

8. Meminjamkan uang pada pasangan

Para ahli keuangan dan percintaan tidak menyarankan untuk meminjamkan uang kepada pasangan karena terdapat berbagai risiko yang bisa terjadi dan pada akhirnya mengganggu hubungan.

Saat meminjamkan uang pada pasnagan, kamu dan pasangan cenderung akan mengalami ketegangan dalam hubungan sebab seringkali status dijadikan tameng oleh si peminjam dan mereka menjadi lebih santai dalam membayar utangnya. Pun kamu tentu akan merasa tidak enak untuk menagihnya.

Hal ini terjadi pula pada artis Indonesia Wulan Guritno dan pria yang kini menjadi mantan pacarnya, Sabda Ahessa. Wulan Guritno belakangan melayangkan gugatan perdata kepada sang mantan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Ibunda dari Shaloom Razade tersebut melaporkan mantan kekasihnya sendiri ke pengadilan lantaran uang talangan untuk biaya renovasi rumah Sabda Ahessa tidak kunjung dibayarkan. Belajar dari Wulan Guritno, sebaiknya kamu pikir-pikir ulang jika hendak meminjamkan uang kepada pacarmu ya, girls!

Topik Terkait