img_title
Foto : Freepik/prostooleh

IntipSeleb – Ketika mulai menjalin hubungan asmara dengan seseorang, tentu perlu disepakati batasan-batasan dalam bersikap, meski ia adalah salah satu orang terdekat.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari timbulnya toxic relationship atau hubungan beracun dalam kisah asmara, yang berpotensi menodai hubungan, bahkan merugikan pihak lain.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan untuk mencegah adanya toxic relationship? Cari tahu yuk lewat ulasan di bawah ini.

1. Mencintai dan Menghargai Diri Sendiri

Freepik/nakaridore
Foto : Freepik/nakaridore

Jika sudah selesai dengan diri sendiri, dengan artian bisa mencintai dan menghargai diri sendiri, maka orang tersebut sudah siap untuk melakukan hal serupa terhadap orang lain.

Mencintai dan menghargai diri sendiri juga bisa menambah nilai positif, yang nantinya akan menjadi salah satu tameng untuk terhindar dari toxic relationship.

2. Kenali Karakter Pasanganmu

Freepik/wayhomestudio
Foto : Freepik/wayhomestudio

Mengetahui latar belakang dan watak seseorang menjadi hal yang wajib dilakukan jika ingin menuju ke jenjang yang lebih romantis.

Hal tersebut akan membantu untuk mengetahui lebih dalam tentang pasanganmu, serta menentukan bagaimana cara bersikap dengannya. Jika pada fase ini pasangan sudah menunjukan gelagat red flag, maka sudah sepatutnya dihindari.

3. Bangun Komunikasi yang Sehat

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Kunci dalam sebuah hubungan adalah kominikasi. Namun perlu digaris bawahi bahwa komunikasi tidak hanya sekedar saling bertukar kabar dengan intens, namun komunikasi juga harus dilakukan dengan cara yang sehat agar tidak terjebak dalam toxic relatioship.

Caranya adalah dengan saling melibatkan pemikiran satu sama lain ketika sedang ada permasalahan yang timbul juga memahaminya.

4. Perlunya Membangun Batasan

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Meski sang terkasih adalah sosok terdekatmu, namun membangun batasan juga perlu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Salah satunya adalah mengenai batasan dalam masalah finansial. Hal ini sering kali menjadi permasalahan sepasang kekasih atau pasutri ketika mereka memutuskan untuk berpisah.

5. Kenali Love Language Pasangan

Pinterest
Foto : Pinterest

Mengetahui love language pasangan menjadi salah satu hal penting yang membuat hubungan menjadi semakin lengket, dan terhindar dari adanya hubungan beracun.

Ada berbagai jenis love language, diantaranya words of affirmation, acts of service, receiving gifts, physical touch, hingga quality time.

Topik Terkait