img_title
Foto : Berbagai Sumber

IntipSelebSleman merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menyimpan segudang lokasi wisata berlatar sejarah, hingga yang ramah untuk didatangi bersama anak-anak atau kids friendly.

Tentunya, deretan tempat wisata berikut ini wajib untuk didatangi jika menginjakkan kaki di Sleman. Apa saja ya? Intip selengkapnya yuk!

1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berkonsep arsitektur gothic Eropa yang mana di dalamnya pengunjung diperlihatkan peninggalan kebudayaan pada masa Kerajaan Mataram Islam, juga kehidupan ketika masa Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Lokasinya yang berada di Kaliurang membuat Museum Ullen Sentalu menghadirkan suasana sejuk, terlebih dikelilingi dengan asrinya pepohonan sehingga menambah daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, dan mengetahui lebih dalam kehidupan kerajaan khususnya di Pulau Jawa.

2. Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong merupakan lokasi syuting untuk film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta dan Bumi Manusia karya dari Sutradara Hanung Bramantyo.

Di Studio Alam Gamplong ada banyak set film bertema retro dengan latar abad ke-16 sampai 17.

3. Bunker Kaliadem

Jika berkunjung ke Sleman tentu sangat direkomendasikan untuk pergi ke Bunker Kaliadem, yaitu tempat berlindung untuk warga sekitar lereng Gunung Merapi yang telah dibangun sejak tahun 2001.

Untuk menuju ke Bunker Kaliadem, pengunjung bisa menyewa mobil jeep yang telah disediakan dan disuguhi dengan pemandangan keindahan Gunung Merapi sepanjang perjalanan menuju Bunker Merapi.

4. Argowisata Bhumi Merapi

Argowisata Bhumi Merapi merupakan tempat wisata kids friendly yang menyediakan berbagai kegiatan seru dan tentunya nyaman.

Lokasinya yang mudah dijangkau dan suasananya yang asri membuat Argowisata Bhumi Merapi menjadi salah satu pilihan lokasi wisata santai bersama keluarga.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun sekitar abad ke-9, dan kini menjadi salah satu lokasi wisata paling populer di Tanah Air yang didatangi wisatawan lokal mau pun mancanegara.

Itu tadi deretan tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Sleman, Yogyakarta.

Topik Terkait