img_title
Foto : Freepik/bonzoix

IntipSelebKomedo bisa muncul pada siapa saja dan kerap kali timbul di area wajah hingga punggung yang tentu saja bisa mengganggu penampilan bahkan kegiatan.

Area yang sering kali dihinggapi oleh komedo adalah hidung, hal ini terjadi karena hidung memproduksi kelenjar minyak yang cukup banyak dan berpori-pori besar.

Timbulnya komedo di area hidung tentu bisa mengurangi kepercayaan diri, dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Namun tidak perlu khawatir, ada deretan cara mudah untuk mencegah timbulnya komedo. Cari tahu yuk lewat ulasan di bawah ini.

1. Double Cleansing

freepik.com
Foto : freepik.com

Rutin membesihkan wajah bisa membantu untuk mencegah pertumbuhan komedo bandel di hidung, terlebih jika membersihkan wajah dilakukan dalam dua tahap atau double cleansing.

Langkah awal bisa membersihkan wajah dengan micellar water usai berkegiatan, lalu dilanjutkan dengan membasuh wajah menggunakan air serta sabun cuci muka.

2. Hindari Pemakaian Make Up yang Tebal

freepik.com
Foto : freepik.com

Menggunakan kosmetik berat atau tebal bisa membuat tersumbatnya pori-pori, dan memicu timbulnya komedo. Untuk itu hindari atau kurangi pemakaoan kosmetik yang terlalu berlebihan setiap hari.

3. Hindari Debu

freepik.com
Foto : freepik.com

Melakukan kegiatan yang mengharuskan berada di luar ruangan tentu membuat wajah lebih beresiko terpapar debu.

Sebagai langkah mengurangi debu yang nempel di kulit wajah bisa menggunakan masker.

4. Hindari Asap Rokok

freepik.com
Foto : freepik.com

Asap rokok mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, salah satunya jika terpapar langsung ke bagian wajah. Oleh karena itu lebih baik menghindari asal rokok agar tidak memicu pertumbuhan komedo bahkan jerawat yang cepat.

5. Rutin Eksfoliasi

newsbytesapp.com
Foto : newsbytesapp.com

Rutin eksfoliasi wajah 2 kali dalam seminggu bisa membantu untuk menghilangkan komedo membandel dan juga menghaluskan kulit wajah.

Pemilihan produk eksfoliasi wajah juga perlu diperhatikan dan tidak boleh sembarangan. Gunakan yang sesuai dengan jenis kulit dan pastikan tidak mengandung bahan yang membuat alergi.

Itu tadi deretan tips mencegah timbulnya komedi membandel, terutama yang ada pada area hidung.

Topik Terkait