img_title
Foto : Herzindagi

IntipSelebMenurunkan berat badan memang tidak mudah. Tapi, kamu bisa mendapatkannya lewat beberapa kebiasaan pagi yang sehat. Ya, siapa sangka kebiasaan sepele di pagi hari ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.

Membangun kebiasaan pagi yang sehat dapat memberikan dampak positif sepanjang hari dan kabar baiknya, ternyata hal itu bisa mendukung penurunan berat badan yang cukup signifikan.

Jika kamu sedang berencana untuk menurunkan berat badan atau ingin menjaga berat badan yang sehat, berikut ini beberapa kebiasaan sepele di pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan menurut ahli dirangkum dari Herzindagi.

1. Hidrasi adalah kunci

freepik.com
Foto : freepik.com

Tubuh kita mengalami dehidrasi setelah tidur berjam-jam. Oleh karena itu, disarankan untuk memulai harimu dengan segelas air segera setelah kamu bangun tidur.

Kamu bisa menambah beberapa tetes perasan air lemon dan satu sendok makan madu ke dalam air hangat untuk menambahkan rasa. Hal ini dapat memicu proses penurunan berat badan dan potensi manfaat detoksifikasi bagi tubuh.

2. Pastikan sarapanmu sehat

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Pola makan kita memiliki dampak yang signifikan terhadap berat badan kita secara keseluruhan. Meskipun sarapan adalah waktu makan pertama dalam satu hari dan harus dikemas dengan semua nutrisi penting yang akan membuatmu tetap beraktivitas sepanjang hari.

Oleh karena itu, pastikan untuk memasukkan protein, lemak sehat, dan serat untuk membuatmu merasa kenyang hingga waktu makan selanjutnya tiba. Misalnya, kamu bisa menyiapkan sarapan sehat berupa oatmeal dengan kacang-kacangan dan buah, sandwich sayuran dan telur.

3. Kontrol porsi makan

Freepik/ freepik
Foto : Freepik/ freepik

Hal terpenting dalam proses menurunkan berat badan adalah pengendalian diri dalam mengatur porsi makan. Perhatikan ukuran porsi yang akan kamu konsumsi. Gunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil untuk membantu mencegah makan berlebihan.

4. Hindari junk food

Pinterest
Foto : Pinterest

Saat kamu berusaha menurunkan berat badan, penting untuk memperhatikan apa yang kamu makan. Kurangi atau hilangkan junk food, makanan kemasan dan minuman kemasan tinggi gula untuk mencapai tujuanmu menurunkan berat badan.

Sebaliknya, kamu bisa memilih alternatif yang sehat untuk memuaskan rasa lapar, seperti misalnya buah-buahan, kacang-kacangan, dan yoghurt tanpa gula tambahan.

5. Buat meal plan sesuai kebutuhan tubuh

Healthbydesign
Foto : Healthbydesign

Jika kamu memiliki niat yang kuat untuk menurunkan berat badan, penting untuk mengatur asupan makanmu sehari-hari agar tak melebihi kebutuhan nutrisi harianmu. Maka dari itu, disarankan bagi orang yang sedang diet untuk membuat meal plan.

Meal plan bisa dirancang mingguan atau bahkan bulanan dengan bantuan ahli gizi agar kamu tetap bisa menjalankan diet secara sehat tanpa kekurangan gizi yang bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Selain itu, merencanakan menu makanan sehari-hari ternyata juga merupakan strategi yang efektif untuk membantumu mencegah pola makan yang impulsif sepanjang hari, sehingga nafsu makanmu menjadi lebih terkontrol.

6. Lakukan aktivitas fisik

Freepik/Racool_studio
Foto : Freepik/Racool_studio

Tak ada alternatif untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga. Jika tidak berolahraga, kamu setidaknya dapat melakukan aktivitas fisik di pagi hari untuk meningkatkan metabolisme tubuhmu.

Ada banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan secara rutin untuk membantu menurunkan berat badan, seperti jalan cepat, stretching, yoga, pilates, jogging dan bersepeda.

7. Hindari minuman manis

Freepik
Foto : Freepik

Kebanyakan orang cenderung memulai hari dengan secangkir kopi atau teh yang menambah berat badan mereka karena terdapat gula yang ditambahkan di dalamnya.

Padahal, ketika hendak menurunkan berat badan, seseorang dianjurkan untuk menghindari minuman tersebut dan memilih minuman sehat, seperti kopi hitam tanpa gula, teh herbal, atau malah air putih.

Nah, itulah sederet kebiasaan sepele di pagi hari yang bisa kamu terapkan untuk membantu menurunkan berat badan secara efektif. Dengan kebiasaan-kebiasaan di atas, diharapkan kamu bisa mencapai bodygoals tanpa harus melewati diet ekstrem yang mengganggu kesehatan. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait