img_title
Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers

IntipSelebRamadan akan segera tiba dan kurma adalah produk yang banyak dicari untuk santapan ketika sahur dan berbuka puasa. Namun, kamu perlu waspada karena ada banyak merek kurma Israel yang beredar bahkan populer di Indonesia.

Di balik kelezatan dan manfaat kurma bagi kesehatan, beberapa merek kurma perlu diwaspadai, terlebih kurma Israel. Sebab, upaya boikot kurma Israel ini merupakan wujud solidaritas kita terhadap negara Palestina.

Seperti diketahui, genosida yang dilakukan oleh tentara Israel di Palestina masih terus berlangsung hingga saat ini. Hal ini lantas disusul dengan berbagai upaya dan seruan boikot dari berbagai belahan dunia untuk berhenti membeli produk kurma Israel di momen menjelang Ramadan seperti saat ini.

Melansir dari laman Palestine Campaign, masyarakat diimbau untuk memeriksa dengan teliti label nama perusahaan yang mengekspor kurma Israel pada kemasan. Menurut data, Israel termasuk negara kedua dengan nilai ekspor kurma terbesar di dunia.

Yang lebih miris lagi, produk kurma dari Israel merupakan produk dari perusahaan-perusahaan zionis Israel yang mengambil keuntungan dari tanah Palestina. Israel menjadi pengekspor kurma Medjool terbesar di dunia dan dipasarkan secara masif pada bulan Ramadan.

Ciri Kurma Israel yang Perlu Diboikot

Freepik
Foto : Freepik

Boycott, Divestment, Sanction (BDS) Australia membagikan ciri-ciri kurma produksi Israel. BDS sendiri merupakan sebuah gerakan protes dunia yang tidak melibatkan kekerasan. Gerakan tersebut berupaya untuk melakukan boikot ekonomi dan budaya terhadap Israel, divestasi keuangan dari negara, dan sanksi pemerintah untuk menekan pemerintah Israel agar mematuhi hukum internasional dan mengakhiri genosida terhadap Palestina.

Berikut ini ciri-ciri kurma Israel yang perlu diboikot bertepatan dengan momen menjelang Ramadan agar konsumen bisa lebih waspada.

  1. Barcode pada kemasan produk kurma bertuliskan 729, yang merupakan nomor seri untuk negara Israel.
  2. Produk kurma dengan merek ekspor Israel, seperti King Solomon, King Medjool, Medjool Plus, Jordan River dan Bahri.
  3. Produk kurma bertuliskan perusahaan ekspor Israel, seperti Medjool Plus, Carmel Agrexco, Mehadrin dan Hadiklaim.
  4. Khusus untuk jenis kurma medjool, tidak semua jenis kurma macam ini diproduksi oleh Israel. Kurma ini perlu dicek kembali identitas perusahaan produsennya dalam kemasan.
  5. Kurma tanpa keterangan perusahaan produsen dan asal negara produksi yang jelas. Produk kurma semacam ini usahakan untuk dihindari agar terhindar dari trik produsen Israel untuk mengelabui pembeli.
  6. Periksa melalui situs Bdnaash.com untuk memeriksa merek atau label kurma yang tertera pada kemasan. Di halaman utama situs ini, langsung saja masukkan nama perusahaan atau merek kurma yang tertera dan klik search untuk memulai pencarian informasi.
  7. Biasanya harga kurma Israel djual lebih murah dibanding yang lain karena disubsidi oleh pemerintah Israel.

Merek Kurma Israel yang Perlu Diboikot

Arab Branding
Foto : Arab Branding

Kurma Israel ditanam di tanah Palestina, kemudian kurma-kurma tersebut dilabeli dengan nama seperti misalnya Jordan Valley atau King Solomon untuk menghindari boikot.

Banyak produsen kurma populer, seperti Jordan River yang sebenarnya adalah perusahaan milik Israel namun menyamarkan brandnya. Hal ini bertujuan untuk mengelabui para pembeli dan memanfaatkan ketidaktahuan mereka untuk mendapatkan keuntungan besar di bulan Ramadan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini daftar merek kurma Israel yang masuk ke dalam daftar boikot dan perlu diwaspadai.

  1. Anna and Sarah
  2. Agrexco
  3. Arava
  4. Bio-King Date
  5. Bomaja
  6. Bonbierra
  7. Brousse
  8. Carmel
  9. Delilah
  10. Dessert Diamond
  11. Edeka dan Galilee
  12. Edom
  13. Fancy Medjoul
  14. Food to Live
  15. Hadiklaim
  16. Jordan Plains
  17. Jordan River
  18. Kalahari
  19. Karsten Farms
  20. King Solomon
  21. La Favorite
  22. Lidl Deluxe
  23. Mehadrin
  24. MTex
  25. NavaFresh
  26. Prana
  27. Premium Medjoul
  28. Rapunzel
  29. Red Sea
  30. Royal Treasure
  31. Shams
  32. Shah Co
  33. Sincerely Nuts
  34. Star Dates
  35. Tamara Barhi
  36. Urban Platter
  37. Ventura

Nah, itulah sederet merek kurma Israel yang perlu diboikot lengkap dengan ciri-ciri kurma Israel yang perlu diwaspadai agar tidak membelinya, terlebih di momen menjelang Ramadan kali ini.

Topik Terkait