img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Jika kamu sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, makanan manis mungkin jadi musuh terbesarmu. Tapi, itu tidak berlaku bagi buah kering yang lezat ini. Ya, apalagi kalau bukan kurma. Lantas, apakah kurma cocok jadi makanan diet?

Kurma yang manis, enak dan legit, akhir-akhir ini dikenal sebagai makanan sehat setelah sebelumnya sempat dijauhi banyak orang yang sedang diet karena rasanya yang sangat manis. Tumbuh di daerah tropis, kurma dikenal karena khasiatnya yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Tingginya potasium, zat besi, dan vitamin seperti B1, B2, A1, dan C, kurma memiliki beragam manfaat kesehatan. Tapi fakta unik kurma adalah ternyata ia bagus untuk membantu menurunkan berat badan.

Penasaran mengapa buah yang semanis itu justru baik untuk diet? Yuk intip alasan kurma cocok jadi makanan diet dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Alasan Kurma Cocok Jadi Makanan Diet

Freepik/ azerbaijan_stockers
Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers

1. Tinggi serat

Kurma kaya akan serat makanan. Serat yang terkandung di dalam kurma dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mencegah keinginan untuk ngemil atau menyantap makanan lagi. Dengan cara ini, maka metabolisme tubuhmu juga akan meningkat.

2. Tinggi Protein

Karena mengandung tinggi protein, kurma sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Seperti diketahui, protein membantu menjaga massa yang sehat dan menjaga otot tetap kuat, sehingga sangat membantu untuk menjaga berat badan.

3. Tinggi asam lemak tak jenuh

Kamu tentu sudah mengetahui bahwa tidak semua lemak itu buruk. Asam lemak tak jenuh adalah contoh lemak sehat yang banyak ditemukan pada kurma.

Lemak sehat ini membantu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan obesitas, resistensi insulin, diabetes, dan banyak lagi. Jadi dengan mengonsumsi kurma, kamu dapat terhindar dari masalah tersebut.

4. Kaya akan antioksidan

Kurma kaya akan antioksidan seperti antosianin, fenolik, dan karotenoid, yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan metabolisme dan pencernaan.

Antioksidan-antioksidan di atas dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya dalam tubuh dan membantu melawan stres dan peradangan. Pada akhirnya, ini akan berdampak pada penurunan berat badan.

5. Bersifat anti-diabetes

Meskipun kurma mengandung banyak gula, kurma merupakan gula alami yang dapat menjaga kadar gula darahmu tetap terkendali. Kurma kaya akan flavonoid, saponin, dan fenolat yang merangsang produksi insulin dalam tubuh. Selain itu, kurma juga memiliki indeks glikemik rendah yang berarti mengatur kadar gula darah.

Berapa banyak kurma yang harus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan?

Meskipun kurma kaya akan manfaat kesehatan dan bagus untuk menurunkan berat badan, kamu harus ingat bahwa moderasi adalah kuncinya. Idealnya, kamu harus mengonsumsi sekitar empat hingga enam kurma perhari, untuk mencegah rasa lapar dan juga memuaskan keinginan menyantap makanan manis.

Tapi, dalam Islam umat Muslim dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma dalam jumlah yang ganjil, misalnya 3 butir, 5 butir atau 7 butir dalam sekali makan.

Nah, itulah sederet alasan kenapa buah kurma yang bercita rasa sangat manis dan legit ternyata malah cocok dijadikan sebagai makanan diet. Semoga bermanfaat! (bbi)

Topik Terkait