img_title
Foto : Reseppedia.com

IntipSeleb – Tinggal menghitung hari, umat Islam di seluruh dunia akan menyambut bulan Ramadan. Selain mempersiapkan jiwa dan raga untuk fokus beribadah, banyak orang yang mulai mempersiapkan stok makanan Ramadan yang tahan lama.

Selama bulan Ramadan, kita memang perlu memutar otak untuk menentukan menu sahur dan buka puasa setiap harinya. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai banyak waktu untuk memasak setiap hari atau menghabiskan banyak waktu di dapur.

Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan stok makanan praktis untuk mempermudah kita ketika berada di kondisi yang terburu-buru dan banyak kesibukan yang menunggu.

Tentu, stok makanan yang awet akan sangat membantu kita. Sebab, makanan-makanan tersebut tinggal dipanaskan atau bahkan ada yang siap santap dan tidak perlu disimpan di lemari pendingin.

Jika kamu tengah mencari ide stok makanan Ramadan yang tahan lama untuk menyambut bulan Ramadan yang tinggal hitungan hari, berikut ini daftar ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan agar tidak ribet saat sahur.

1. Abon

Pinterest
Foto : Pinterest

Ketika membicarakan soal makanan yang awet, abon tentu tidak boleh terlewatkan. Ya, abon memang diciptakan sebagai stok makanan yang tahan lama. Abon sendiri merupakakn yang terbuat dari daging, baik itu sapi hingga ikan.

Abon biasanya awet disimpan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara. Kamu bisa memilih abon sesuai dengan seleramu, misalnya, abon sapi, abon kambing, abon tuna, abon lele, dan lainnya.

2. Kentang Mustofa

Instagram/regunancha
Foto : Instagram/regunancha

Ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan selanjutnya adalah kentang mustofa. Kentang mustofa sangat cocok untuk menjadi menu makanan andalan untuk sahur dan berbuka puasa. Tak hanya enak dimakan dengan nasi panas yang pulen, kentang mustofa juga sangat cocok untuk dijadikan cemilan.

3. Kering Tempe

Kering tempe juga bisa menjadi ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan. Kamu bisa membuatnya sendiri dalam jumlah yang besar lalu mengemasnya dengan baik sebelum disimpan agar lebih tahan lama.

Kering tempe yang teksturnya agak basah bisa kamu simpan di kulkas dan tinggal dihangatkan saat sahur. Tapi, jika kamu membuat atau membeli kering tempe dengan tekstur yang super kering, kamu bisa menyimpannya di suhu ruang dan tidak perlu menghangatkannya lagi sebelum makan.

Makanan rumahan sederhana yang kaya akan protein nabati ini bisa kamu jadikan alternatif untuk lauk ketika sahur. Cita rasanya yang gurih, manis, pedas dengan tekstur yang renyah sangat cocok jika dipaduikan dengan nasi panas yang pulen.

4. Serundeng

fimela.com
Foto : fimela.com

Tampak mirip dengan abon, serundeng terbuat dari kelapa parut yang diolah sampai kering. Dengan begitu, serundeng kelapa bisa tahan lama untuk ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan. Rasanya yang gurih akan jadi pelengkap nasi putih hangat saat sahur atau berbuka puasa.

5. Frozen Food

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan selanjutnya adalah frozen food, nugget misalnya. Olahan daging ayam yang satu ini cocok untuk jadi simpanan di kulkas dan tinggal digoreng saat kamu hendak sahur atau berbuka.

Nugget bisa disantap dengan nasi panas dan sambal. Akan lebih baik lagi jika frozen food ini ditemani dengan sayuran agar kebutuhan serat tetap terpenuhi.

6. Rendang

saribundo.biz
Foto : saribundo.biz

Makanan Padang ini tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, tapi juga tahan lama untuk disimpan selama beberapa hari di suhu ruang dan tinggal memanaskannya ketika hendak disantap. Tapi, akan lebih awet lagi jika rendang disimpan di freezer atau lemari pendingin.

Bayangkan menyantap potongan daging rendang dengan sepiring nasi panas. Dijamin sahurmu akan lebih nikmat!

7. Ayam Ungkep

Youtube.com/Devina Hermawan
Foto : Youtube.com/Devina Hermawan

Ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan selanjutnya adalah ayam ungkep. Ya, ayam memang tidak pernah salah untuk dimakan di berbagai kondisi. Menu ayam tentu menjadi salah satu comfort food.

Selain praktis, ayam ungkep bumbu kuning juga lezat dan tinggi protein. Agar lebih awet, ayam ungkep yang sudah diolah bisa ditutup rapat dan disimpan di lemari pendingin, sehingga kamu tinggal menggorengnya ketika hendak sahur atau berbuka.

8. Dendeng Kering

Berbagai Sumber
Foto : Berbagai Sumber

Dendeng merupakan daging yang dipotong tipis-tipis dan dipangkas lemaknya, lalu dibumbui dengan saus asam, asin, atau manis, lalu diolah dnegan cara dikeringkan dengan api kecil. Dendeng kering selain lezat juga sangat awet dan tidak perlu disimpan di kulkas.

Tapi, jika kamu menyetok dendeng basah, kamu bisa menyimpannya di kulkas lalu menghangatkannya setiap kali kamu akan makan sahur atau berbuka.

9. Telur Asin

Instagram/@resepnjajanpasar
Foto : Instagram/@resepnjajanpasar

Telur asin merupakan salah satu ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan yang bisa kamu persiapkan. Telur asin pada dasarnya merupakan telur bebek yang diawetkan dengan cara pengasinan. Jangan khawatir, telur asin bisa sangat tahan lama dibandingkan telur rebus biasa. Bahkan, telur asin bisa tahan hingga satu bulan lamanya, lho.

10. Aneka Sambal

Instagram/rosita.suroso
Foto : Instagram/rosita.suroso

Ide stok makanan yang awet untuk bulan puasa selanjutnya adalah aneka sambal. Menu ini sangat cocok bagi kamu para pecinta makanan pedas. Saat ini, sudah ada banyak aneka sambal yang dikemas sedemikian rupa dan tahan lama.

Aneka sambal yang saat ini dijual di pasaran juga banyak variannya, lho, misalnya sambal cumi, sambal bawang, sambal daging, sambal tuna, sambal teri, sambal cakalang, sambal roa, dan masih banyak lagi. Dijamin makan sahur dan buka puasamu nggak akan membosankan.

11. Sarden

cookpad
Foto : cookpad

Sarden bisa jadi ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan. Makanan ini terbuat dari olahan ikan yang diawetkan dan dikemas ke dalam kaleng. Sarden juga sangat mudah ditemukan dan praktis pengolahannya. Kamu tinggal memasak sarden dengan potongan cabai dan tomat atau cukup memanaskannya saja dan menyantapnya dengan nasi panas untuk sahur yang lebih praktis.

Nah, inilah 11 ide stok makanan yang awet untuk bulan Ramadan yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipersiapkan sebelum bulan puasa tiba. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut bulan Ramadan! (bbi)

Topik Terkait