img_title
Foto : Freepik

IntipSeleb – Di media sosial beberapa kali ditemukan pengalaman kurang mengenakan dari netizen usai memakai jasa transportasi online, hingga menimbulkan kerugian secara materi bahkan menyebankan trauma.

Artikel IntipSeleb kali ini akan memberikan tips naik transportasi online agar aman dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Intip yuk selengkapnya.

1. Jangan Menunggu Kendaraan Datang di Pinggir Jalan

Ketika sedang menanti datangnya transportasi online yang dipesan, ada baiknya untuk menunggu di dalam ruangan atau gedung terdekat sebelum pihak transportasi online memberikan pemberitahuan bahwa ia sudah sampai di titik lokasi.

Hal ini dilakukan demi kenyamanan juga menghindari aksi kriminalitas yang kerap terjadi di pinggir jalan ketika seseorang sedang fokus pada ponselnya, salah satunya penjambretan.

Namun saat berada di pinggir jalan atau halte, ada baiknya tidak terlalu sering mengeluarkan alat elektronik dan tetap konsentrasi menanti datangnya transportasi online pesanan.

2. Jangan Sebut Nama Duluan

Tidak sedikit ditemukan kasus pengguna jasa transportasi online naik ke kendaraan yang salah dan berujung terjadinya tindakan kriminalitas.

Dengan itu sebelum menaiki transportasi online, tanya terlebih dulu kepada sang pengendara terkait siapa nama penumpang yang akan dijemputnya dan memastikan nomor plat kendaraan sama dengan yang tertera di aplikasi.

3. Bagikan Rincian Perjalanan ke Orang Terpercaya

Nama, nomor handphone, plat nomor driver, serta denah perjalanan sudah tertera lengkap di aplikasi. Rincian tersebut bisa dibagikan kepada orang terpercaya untuk memantau perjalananmu sampai tujuan.

4. Hindari Kirim Barang Berharga

Transportasi online kini memiliki banyak fitur yang bisa mempermudah keseharian penggunanya, salah satunya yaitu fitur mengirim barang.

Kendati demikian jika barang tersebut tergolong sebagai barang berharga dan juga harganya yang tinggi, ada baiknya hindari pengiriman penggunakan jasa pengiriman online.

Itu tadi deretan tips aman menggunakan serta naik transportasi online. Semoga membantu ya.

Topik Terkait