img_title
Foto : Pexels/Any Lane

IntipSeleb – Saat sahur dan berbuka puasa ada baiknya dibarengi dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan manfaat bagi tubuh selama menjalani ibadah puasa.

Ketika sedang berpuasa, tubuh tentu kekurangan cairan karena harus menahan dahaga dan rasa lapar selama belasan jam. Kendati begitu, deretan buah-buahan berikut ini bisa memberikan berbagai manfaat baik untuk tubuh.

Selain kaya manfaat dan rasanya yang enak, deretan buah-buahan ini juga sangat mudah untuk ditemui di Indonesia. Apa saja ya kira-kira? Intip selengkapnya yuk melalui ulasan di bawah ini.

1. Kurma

Freepik/ azerbaijan_stockers
Foto : Freepik/ azerbaijan_stockers

Rasulullah SAW diketahui mendahulukan mengkomsumsi kurma dan air saat berbuka puasa. Selain itu. Syekh Muhammad Ali Al-Bakri juga menyebut bahwa makanan yang disunahkan saat buka puasa adalah kurma dan air.

Kurma sendiri identik dengan buah yang biasanya dikonsumsi oleh umat muslim saat sahur mau pun berbuka puasa karena banyak mengandung manfaat, seperti padat kalori hingga protein.

2. Apel

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Apel sering kali dijadikan sebagai camilan seseorang yang sedang diet karena bisa menahan rasa lapar. Ternyata apel juga baik dikonsumsi di bulan puasa karena kandungan seratnya.

3. Alpukat

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Alpukat menjadi salah satu buah yang mengandung paling banyak nutrisi baik, diantaranya vitamin C, vitamin K, vitamin E, vitamin B6, folat, kalium, hingga zat besi yang akan memberikan pengaruh baik untuk tubuh selama menahan dahaga ketika berpuasa.

4. Pisang

www.freepik.com/azerbaijan_stockers
Foto : www.freepik.com/azerbaijan_stockers

Pisang mengandung sumber energi dan serat yang bermanfaat untuk seseorang yang kekurangan energi selama berpuasa.

5. Semangka

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan air sangat cocok masuk ke daftar menu sahur atau buka puasa, salah satunya semangka.

6. Melon

freepik.com/jcomp
Foto : freepik.com/jcomp

Melon sering kali dijadikan sebagai campuran es buah yang dipersiapkan untuk menu berbuka puasa. Selain rasanya yang manis menyegarkan, melon juga mengandung vitamin A dan vitamin C yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

7. Buah Naga

pexels/Any Lane
Foto : pexels/Any Lane

Rasanya yang manis dan banyak mengandung air membuat buah naga kaya akan manfaat, diantaranya menambah energi saat tubuh sedang kekurangan tenaga selama berpuasa.

8. Pepaya

Pinterest
Foto : Pinterest

Pepaya mengandung serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan tentunya sangat bermanfaat bagi seseorang yang berpuasa.

9. Jeruk

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Kandungan vitamin C banyak terdapat pada jeruk yang bisa membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah zat besi.

10. Mangga

parentingfirstcry.com
Foto : parentingfirstcry.com

Selain kaya akan serat yang dibutuhkan tubuh selama menjalani puasa, buah mangga juga bagus untuk kesehatan kulit dan mempercepat sembuhnya luka.

Itu tadi deretan buah yang baik dikonsumsi selama menjalani ibadah puasa.

Topik Terkait