img_title
Foto : Everyday healthy

IntipSeleb – Ada deretan tips yang bisa diterapkan oleh para penderita asam lambung ketika hendak menjalani puasa.

Menariknya, deretan tips berikut ini sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari demi mencegah asam lambung naik selama berpuasa. Apa saja ya kira-kira? Intip ulasannya yuk!

Manfaat Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Puasa ternyata dapat membuat asam lambung berkurang. Hal ini dikarenakan organ pencernaan akan beristirahat tanpa adanya makanan yang masuk ke tubuh.

"Dengan kita berniat di dalam hari, otak kita susah memprogram lambung untuk beristirahat. Otomatis pada waktu berpuasa, asam lambung itu akan berkurang," ujar dr. Kaka Renaldi, Sp.PD KGEH, melansir dari YouTube Kata Dokter, 9 Maret 2024.

Lantas jika berpuasa, dari mana manusia mendapatkan energi untuk berkegiatan sehari-hari?

Dokter Kaka Renaldi menjelaskan bahwa tubuh akan mengambil cadangan lemak dan protein di dalam tubuh sebagai sumber energi.

"Ketika kita berpuasa, kita mengandalkan metabolisme glukoneogenesis, jadi ada pembakaran lemak mau pun protein untuk menjadi sumber cadangan energi lain selain karbohidrat karena kan kita tidak ada pemasukan makan sehari-hari," sambung dr. Kaka Renaldi, Sp.PD KGEH.

Tips Puasa Untuk Penderita Asam Lambung

Freepik.com
Foto : Freepik.com

Ada deretan tips yang bisa diterapkan untuk para pengguna asam lambung selama menjalani ibadah puasa, diantaranya:

1. Tidak Lewatkan Makan Sahur

Perut kosong selama belasan jam bisa menyebabkan asam lambung naik, maka disarankan untuk tidak melewatkan makan sahur terlebih bagi penderita asam lambung.

2. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Pilih makanan yang berserat karena lebih lama dicerna, membuat kenyang lebih lama sehingga asam lambung tidak mudah naik.

3. Tidak Menunda Waktu Berbuka Puasa

Jika adzan magrib sudah berkumandang, umat muslim yang berpuasa dianjurkan untuk segera membatalkan puasanya. Kegiatan ini tidak boleh ditunda dan membiarkan perut kosong lebih lama karena perut butuh mencerna makanan, agar asam lambung yang diproduksi bisa memecah makanan di tubuh.

4. Makan Perlahan

Mengunyah makanan dengan perlahan bisa mempermudah lambung mencerna makana dengan baik.

5. Makan dengan Porsi Cukup

Saat berbuka puasa kerap kali merasa kalap melihat makanan yang tersedia, hingga tidak sadar menyantap makanan tanpa henti. Ada baiknya makan dengan porsi secukupnya agar tidak merangsang naiknya asam lambung.

6. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Saat berpuasa hindari makanan yang berpotensi membuat asam lambung naik, seperti makanan pedas, makanan berlemak, minuman mengantung kafein, hingga minuman soda.

7. Jangan Langsung Tidur Usai Makan

Beri waktu untuk makanan agar bisa dicerna oleh tubuh dengan tidak langsung tidur setelah makan. Jika ingin tidur dilakukan minimal 3 jam usai makan.

Semoga informasinya membantu ya!

Topik Terkait