img_title
Foto : Www.freepik.com/freepik

IntipSelebBulan Ramadan sudah di depan mata. Ada banyak amalan 10 hari pertama Ramadan yang dianjurkan bagi umat Islam. Selain itu, ada pula beberapa keutamaan 10 hari pertama Ramadan yang penting untuk diketahui.

Meski tubuh akan terasa lelah, lapar dan haus karena tengah menjalankan ibadah puasa, di momen 10 hari pertama Ramadah ini ada banyak pahala dan berkah yang akan diberikan oleh Allah SWT dalam jumlah yang berlipat ganda.

Maka dari itu, umat Islam tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini begitu saja, sebab kesempatan semacam ini tidak datang setiap hari. Selain itu, tidak ada jaminan apakah usia kita akan tiba hingga bulan Ramadan selanjutnya.

Untuk itu, yuk kita mengenali keutamaan dan amalan 10 hari pertama Ramadan yang dapat memberikan banyak pahala yang berlipat ganda sebagai umat Muslim.

Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadan

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

Umumnya, umat Islam akan memperbanyak ibadahnya selama bulan Ramadan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah, mendapatkan ridha dari Allah SWT serta memperoleh keberkahan dalam kehidupannya.

Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan, sebab bulan Ramadan sendiri akan dipenuhi dengan berkah dan rahmat yang akan diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Lantas, apa saja keutamaan 10 hari pertama Ramadan? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

1. Bulan yang penuh rahmat

Ketika bulan Ramadan tiba, umat Islam akan berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah dan melakukan berbagai kebaikan, karena bulan Ramadan disebut sebagai bulan yang penuh rahmat.

Pada 10 hari pertama bulan Ramadan, pintu rahmat Allah terbuka selebar-lebarnya dan perlu dimanfaatkan dengan baik oleh umat Islam. Umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai macam amalan kebaikan yang mendatangkan pahala berlipat ganda sepanjang bulan Ramadan.

Jika 10 hari pertama Ramadan disebut sebagai pintu rahmat, 10 hari pertengahan Ramadan disebut sebagai pintu maghfirah dan 10 hari terakhir Ramadan disebut sebagai pintu pembebasan api neraka.

2. Tadarus sebagai pembuka pintu pahala

Tadarus menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan selama bulan Ramadan. Kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, tak heran bila banyak umat Islam yang berlomba-lomba melakukannya.

Pada 10 hari pertama Ramadan tadarus dapat membukakan pintu pahala yang lebih lebar. Oleh sebab itu, seluruh umat Islam dianjurkan untuk membaca Al-Qur’an selama bulan puasa ini. dengan bertadarus selama Ramadan, umat Islam bisa mendapatkan pahala yang lebih banyak.

3. Waktu makbulnya doa

Selama 10 hari pertama bulan Ramadan, umat Islam disarankan untuk banyak berdoa dan berzikir secara khusyuk. Hal ini terjadi karena waktu terbaik untuk berdoa adalah ketika sedang berpuasa. Selain itu, umat Islam juga bisa berdoa selama waktu makan sahur dan ketika adzan berkumandang.

Mengapa demikian? Sebab ini merupakan waktu yang paling tepat untu terkabulnya doa. Jadi, doa-doa yang selalu dipanjatkan tersebut bisa lebih tinggi peluangnya untuk makbul.

4. Mendapat petunjuk dari Allah SWT

Barang siapa yang mengerjakan amal salih selama bulan Ramadan, khususnya di awal bulan Ramadan, maka dia akan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT. Sebab, selain ampunan dan rahmat yang berlipat ganda, petunjuk juga diberikan oleh Allah SWT secara berlimpah kepada hamba-Nya.

Ada banyak amalan yang bisa mendatangkan keberuntungan kepada orang yang menjalankan puasa selama 10 hari pertama Ramadan. Jadi, jangan pernah meninggalkan puasa, ya!

5. Bulannya sedekah

Ramadan juga kerap disebut-sebut sebagai bulannya sedekah dalam ajaran agama Islam. Islam juga mengajarkan, barangsiapa yang memberi makan orang puasa selama bulan Ramadan, mereka bisa memperoleh minum dari telaga Rasulullah SAW dan diberikan langsung oleh Allah SWT.

Seteguk air yang didapatkan dari telaga Rasulullah SAW ini bisa membuat seseorang tidak merasa haus lagi, bahkan bukan hanya ketika sedang berpuasa saja, melainkan selama-lamanya.

6. Dijauhkan dari godaan setan

Setan tidak akan terlalu menggoda manusia selama bulan Ramadan, karena pintu neraka akan ditutup dan setan-setan di dalamnya akan dikurung dengan rantai.

Selama 10 hari pertama bulan Ramadan, umat Islam akan merasa sangat bersemangat untuk mencari dan melakukan hal-hal kebaikan yang dapat mendatangkan ahala. Sebab, selama berpuasa orang-orang akan dijauhkan setan yang bisa mendatangkan dosa.

7. Malaikat selalu berseru untuk kebaikan

Selain bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan, bulan Ramadan juga dikenal sebagai bulan yang agung dan luhur. Sebab, sekama Ramadan malaikat akan selalu berseru untuk mengajak umat Islam melakukan kebaikan.

Maka dari itu, tak mengherankan jika selama bulan Ramadan seluruh umat Islam akan berbondong-bondong untuk meningkatkan amalan dan ibadahnya dengan perasaan suka cita.

8. Penuh berkah

Keutamaan 10 hari pertama Ramadan adalah mendapatkan berkah dan keberuntungan yang berlimpah dari Allah SWT. Berkah dan keberuntungan ini didapatkan dalam bentuk perlindungan dari Allah kepada umat-Nya selama bulan Ramadan.

Selain itu, umat Islam yang menunaikan ibadah puasa selama 10 hari hari pertama Ramadan juga akan selalu berada dalam petunjuk Allah SWT. Jadi, jangan pernah meninggalkan puasa yang sudah menjadi kewajiban umat Islam.

Amalan 10 Hari Pertama Ramadan

Freepik/ wayhomestudio
Foto : Freepik/ wayhomestudio

Untuk meraih banyak pahala di bulan puasa, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan 10 hari pertama Ramadan. Berikut ini sederet amalan 10 hari pertama Ramadan yang bisa dilakukan.

1. Tadarus atau Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan baik yang dapat dilakukan selama awal bulan Ramadan hingga akhir bulan Ramadan. Dengan membaca Al-Quran selama bulan Ramadan, umat muslim bisa memperoleh pahala yang lebih banyak dan diampuni segala dosa yang telah dilakukannya.

2. Memperbanyak sedekah

Dengan bersedekah, uamt Islam bisa memperoleh pahala yang berlimpah, apalagi jika dilakukan selama bulan puasa atau Ramadan. Maka dari itu, selama awal bulan Ramadan umat muslim disunnahkan untuk memperbanyak sedekah ke orang-orang yang membutuhkannya.

Ketika seseorang memperbanyak sedekahnya sebagai salah satu amalan 10 hari pertama Ramadan, mereka dapat memiliki hati yang lebih tenang dan kegembiraan besar. Jadi, sedekah juga bisa menjadi salah satu dorongan untuk umat muslim dalam beribadah kepada Allah SWT.

3. Memberi makan orang berbuka

Lakukan rutinitas memberi makan orang berbuka ini sebagai amalan 10 hari pertama Ramadan dan dapatkan ganjaran yang sangat besar dari Allah SWT. Ada berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat diberikan, seperti kurma, air putih, lauk pauk, makanan ringan, dan lain sebagainya.

Bahkan, hanya dengan memberi air putih kepada orang yang berbuka puasa, seseorang sudah bisa mendapatkan pahala yang sangat besar. Namun, alangkah baiknya jika seseorang memberikan makanan yang cukup dan mampu mengenyangkan perut orang yang menerimanya.

4. Memperdalam ilmu agama

Sebagai umat muslim yang taat agama, seseorang dianjurkan untuk belajar mengenai ilmu agama yang ada di sekitarnya. Proses pembelajaran ini dapat dilakukan dengan para ulama atau membaca Al-Quran dan artinya.

Selain itu, isi waktu luang selama berpuasa dengan membaca dzikir dan shalawat, baik pada pagi hari, siang hari, ataupun malam hari. Yang terpenting, waktu luang tersebut harus diisi dengan kegiatan-kegiatan yang penuh kebaikan dan tidak akan merugikan pihak lain.

5. Menahan nafsu dan syahwat

Pada dasarnya, puasa adalah ibadah yang dilakukan dengan menahan hawa nafsu seperti makan, minum, dan berhubungan badan. Maka dari itu, selama berpuasa orang-orang tidak diperbolehkan untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat membatalkan puasa tersebut.

Umat muslim harus selalu menahan hawa nafsu dan syahwat yang ada dalam dirinya. Namun, tidak semua syahwat bisa dikategorikan sebagai hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Adapun syahwat yang tidak membatalkan puasa antara lain, menikmati wewangian, mendengarkan sesuatu yang menyenangkan, melihat sesuatu yang halal, dan lain sebagainya.

6. I’tikaf

Untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda selama berpuasa di bulan Ramadan, seseorang bisa beri’tikaf atau berdiam diri di masjid dengan niat beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ganjaran yang bisa didapatkan dari kegiatan mulia ini sangatlah besar dan menambah catatan amal shalih. Maka dari itu, ada banyak umat muslim yang meluangkan waktunya untuk beri’tikaf selama bulan Ramadan. Nantinya, kegiatan ini bisa dilanjutkan hingga 10 terakhir bulan Ramadan, agar bisa mendapatkan pahala lailatul qadar yang sangat berharga.

7. Salat Berjamaah

Jika di hari-hari biasa ada banyak orang yang memilih untuk shalat sendiri di rumah, ketika bulan Ramadan tiba ada lebih banyak orang yang memilih untuk shalat berjamaah di masjid.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat pahala dari shalat berjamaah sendiri sangatlah besar dan banyak keutamaan. Salat berjamaah di bulan Ramadan tidak hanya bisa mendatangkan pahala yang berlipat ganda saja, tapi juga bisa menjaga hubungan baik antara umat muslim yang ada di lingkungan sekitar.

8. Memperbanyak ibadah sunnah

Untuk mengumpulkan pahala yang lebih banyak dalam rangka 10 hari pertama Ramadan, seseorang juga bisa memperbanyak amal ibadah sunnah yang ada dalam dirinya. Mulai dari shalat dhuha, shalat tarawih, membaca Al-Quran, dan shalat witir bisa menjadi amalan ibadah sunnah yang sangat baik.

Beberapa jenis ibadah sunnah ini dapat memberikan pahala yang lebih besar ketika dijalankan selama bulan Ramadan. Sebab, bulan Ramadan adalah bulan di mana pintu pahala dibuka secara lebar dan harus dimanfaatkan dengan baik oleh semua umat muslim yang ada di dunia ini.

Nah, itulah sederet keutamaan dan amalan 10 hari pertama Ramadan yang patut dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan banyak pahala. (bbi)

Topik Terkait