img_title
Foto : The Fountain Avenue Kitchen

IntipSelebRamadan 2024 telah tiba dan saatnya mulai memikirkan makanan apa yang harus disiapkan selama bulan penuh berkah ini. Di antara kesibukan berpuasa, bekerja, dan menunaikan ibadah di bulan Ramadhan ini, penting untuk merencanakan menu makananmu terlebih dahulu.

Jika kamu mencari sesuatu yang sehat dan mudah untuk menyiapkan sahur, maka kurma dan pisang adalah dua hal yang terlintas dalam pikiran. Beruntungnya, kedua bahan makanan ini sangat mudah ditemukan di Indonesia, apalagi selama bulan Ramadan.

Pisang dan kurma juga merupakan sumber makanan bergizi yang memberikan energi sepanjang hari selama berpuasa. Penasaran apa saja yang bisa kamu buat untuk menu sahur dengan kurma dan pisang? Berikut 6 resep menu makanan sahur sehat yang akan membuatmu tetap berenergi di Ramadan ini!

Milkshake kurma dan oat

Yeo Valley Organic
Foto : Yeo Valley Organic

Tak ada waktu untuk mempersiapkan makanan lengkap di saat sahur? Jika iya, mungkin menu makanan sahur ini cocok untukmu. Selain nikmat, bahan yang dibutuhkan untuk membuat milkshake kurma dan oat juga sangat mudah.

Kamu hanya perlu mempersiapkan susu, kurma, dan oat. Kamu juga bisa menggunakan susu kurma agar lebih praktis lagi. Dan jika kamu ingin menambahkan cita rasa kesegaran pada milkshakemu, kamu bisa menambahkan es batu.

Meski terlihat sangat sederhana, milkshake kurma dan oat ini akan membuatmu merasa kenyang sepanjang haru, lho. Karena kurma merupakan sumber serat, antioksidan, protein dan vitamin yang baik. Selain itu, oat juga berperan sebagai karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan dijamin bikin kenyang lebih lama.

Pancake Susu Pisang

Allrecipes
Foto : Allrecipes

Jika kamu ingin memanjakan diri saat sahur di akhir pekan, bagaimana kalau membuat Pancake Susu Pisang sebagai menu makanan sahur sehat? Tidak hanya enak, pisang juga kaya akan potasium, protein, dan serat makanan yang menjadikannya sumber energi yang baik untuk membantumu menjalani hari.

Bahan-bahan:

  • 2 cangkir tepung serbaguna
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula, opsional
  • 2 telur
  • 2 cangkir Susu Pisang
  • 2 sendok makan mentega cair yang didinginkan
  • Gunakan mentega atau gunakan minyak netral untuk mendinginkan

Cara membuat:

  1. Panaskan tefon dengan api sedang-kecil. Dalam mangkuk, campur semua bahan kering menjadi satu.se
  2. Tambahkan telur ke dalam 1 dan 1/2 cangkir Susu Pisang, tambahkan 2 sendok makan mentega cair yang sudah didinginkan (jika perlu). Campurkan bahan-bahan secara perlahan. Tambahkan sedikit susu jika teksturnya terlalu kental.
  3. Tambahkan 1 atau 2 sendok teh mentega atau minyak ke dalam wajan atau wajan. Panaskan mentega atau minyak, tuang adonan (menggunakan centong) ke atas wajan atau wajan, untuk menghasilkan ukuran pancake yang diinginkan. Sesuaikan panas kapan pun diperlukan. Balik pancake setelah gelembung mulai bermunculan di permukaan dan bagian bawah pancake berubah warna menjadi coklat/emas.
  4. Masak sampai berwarna coklat muda dan sajikan panas.
  5. Kamu juga bisa menambahkan lebih banyak pisang ke atas pancake sebagai toppingnya.

Yoghurt Bowl

The Fountain Avenue Kitchen
Foto : The Fountain Avenue Kitchen

Yoghurt bowl sangat cocok untuk sahur karena mudah disiapkan, lezat, dan kaya protein. Untuk resep menu makanan sahur sehat ini, kamu memerlukan greek yoghurt tanpa rasa, Susu Kurma untuk rasa manis alami, buah-buahan segar pilihanmu, kacang-kacangan, granola, biji chia, flax seed, dan topping tambahan lainnya yang mungkin kamu suka.

Sebetulnya, kamu juga tetap bisa menggunakan yoghurt biasa, tapi kami merekomendasikan penggunaan greek yoghurt karena kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan yoghurt biasa.

Masukkan greek yoghurt original ke dalam mangkuk, lalu campurkan dengan susu Kurma untuk mengencerkan konsistensi yoghurt karena lebih kental dibandingkan yoghurt biasa. Setelah kamu mendapatkan tekstur yang lebih lembut untuk yoghurtmu, tambahkan topping buah-buahan dan yang lainnya lalu siap disantap.

Banana Latte Smoothie

PlantBasedJess
Foto : PlantBasedJess

Untuk hari-hari ketika kamu hanya membutuhkan makanan tambahan di saat sahur karena terlalu sibuk, resep menu makanan sahur sehat berupa Smoothie Pisang Latte ini adalah yang kamu butuhkan! Siapkan 1 cangkir Susu Pisang, es batu, espresso dingin, dan bubuk coklat untuk taburan (opsional).

Campurkan susu pisang, es dan espresso dingin ke dalam blender atau pembuat smoothie, lalu haluskan bahan-bahan tersebut hingga mengental. Kemudian tuang adonan ke dalam gelas dan taburkan coklat bubuk untuk hasil akhir yang enak. kamu juga bisa mengganti bubuk coklat dengan bubuk kayu manis. Siapa sangka susu pisang dan kopi cocok dipadukan?

Overnight Oats

Downshiftology
Foto : Downshiftology

Overnight Oats selalu menjadi pilihan untuk menu makanan sahur sehat karena merupakan sumber serat yang baik dan akan membuatmu merasa kenyang dalam waktu lama. Overnight oats juga sangat praktis karena kamu bisa membuatnya pada malam sebelumnya, meninggalkannya di lemari es semalaman dan menyimpannya untuk sahur. Terlebih lagi, kamu dapat memberi cita rasa pada Overnight Oats sesukamu.

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir rolled oat
  • 1/2 cangkir Susu Kurma atau Susu Pisang
  • 1 sendok makan biji chia
  • 1 sendok makan madu (opsional)
  • 1 sendok makan selai kacang (opsional)
  • 1/4 cangkir buah beri segar dan/atau buah-buahan lainnya

Campurkan Susu Kurma atau Susu Pisang, biji chia, madu, dan selai kacang ke dalam stoples atau mangkuk. Lalu masukkan rolled oat dan campur semua bahan. Biarkan toples atau mangkuk di lemari es semalaman, tambahkan beri/buah segar dan nikmati saat sahur.

Chia Seed Pudding

Downshiftology
Foto : Downshiftology

Ini adalah salah satu resep menu makanan sahur praktis lainnya yang bisa kamu siapkan dalam semalam, Chia Seed Pudding! Chia seed sangat bergizi karena mengandung banyak serat, lemak sehat, kalsium, protein dan banyak lagi. Saat chia seed direndam semalaman, kamu akan mendapatkan puding krim kental yang cocok menjadi santapan sahur.

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir Susu Pisang
  • 2 sendok makan chia seed
  • 1 sendok teh madu atau sirup maple
  • Buah-buahan pilihanmu sebagai topping

Campurkan susu pisang, chia seed, dan madu/sirup maple ke dalam mangkuk. Pastikan semua chia seed tercampur dengan susu dan tidak ada gumpalan. Diamkan adonan selama beberapa menit, lalu aduk rata kembali sebelum ditutup dan disimpan di lemari es semalaman. Jika chia seed pudingmu kurang kental, tambahkan lebih banyak chia seed dan diamkan lebih lama. Keesokan paginya, keluarkan puding dan tambahkan topping buah sebelum menyantapnya.

Karena sahur adalah salah satu dari dua waktu makan yang akan kamu jalani setiap hari selama bulan Ramadan, penting untuk memiliki makanan yang bergizi dan mengenyangkan agar kamu tetap beraktivitas sepanjang hari!

Kurma, susu dan pisang memastikan kamu akan mendapatkan semua nutrisi yang kamu butuhkan. Bagian terbaiknya adalah kamu dapat menikmatinya sendiri atau menyiapkan resep luar biasa ini. Selamat mencoba! (bbi)

Topik Terkait