img_title
Foto : Herzindagi

IntipSeleb – Seorang perempuan harus melalui beberapa perubahan pada tubuhnya sepanjang hidupnya dan oleh karena itu mereka membutuhkan nutrisi tambahan untuk kesehatan secara keseluruhan. Lantas, apa saja nutrisi yang dibutuhkan perempuan menurut usianya? Simak untuk mengetahui lebih lanjut.

Beberapa hari lalu, kita memperingati Hari Perempuan Internasional. Maka dari itu, semua perempuan penting untuk bertanggung jawab atas hidup mereka, salah satunya dari segi kesehatan dan nutrisi.

Seorang perempuan mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya sepanjang hidupnya. Setiap tubuh manusia membutuhkan nutrisi untuk kesejahteraannya secara keseluruhan, namun dalam kasus perempuan, kebutuhan nutrisi meningkat berkali-kali lipat dan perempuan sering kali mengabaikan kesehatannya saat mengurus kebutuhan keluarganya.

Sehubungan dengan hal yang sama, Natalie P Carroll, MS, RDN, CDN CLC, Ahli Diet Terdaftar dan Konselor Laktasi yang berspesialisasi dalam nutrisi kesehatan wanita memberikan sederet saran tentang nutrisi yang dibutuhkan perempuan sesuai usai. Seperti dikutip dari Herzindagi pada Minggu, 10 Maret 2024, Natalie berkata, “Bergantung pada tahap kehidupan, kebutuhan nutrisi seorang wanita akan berubah.”

Lantas, apa saja nutrisi yang dibutuhkan perempuan menurut usianya? Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Nutrisi yang Dibutuhkan Perempuan Menurut Usianya

Ilustrasi - Pixabay
Foto : Ilustrasi - Pixabay

Nutrisi yang Dibutuhkan Perempuan Di Awal Usia 20an Dan 30an

Di awal usia 20-an dan 30-an, tubuh wanita membutuhkan zat besi dan folat karena menstruasi dan kemungkinan memiliki anak. Oleh karena itu, perempuan harus memasukkan makanan yang kaya akan zat besi. Sayuran berdaun hijau dan biji-bijian yang diperkaya kaya akan folat sehingga harus menjadi bagian dari makananmu. Kamu bisa mengonsumsi protein hewani, kacang-kacangan, dan polong-polongan untuk memastikan zat besi dalam tubuhmu.

Kamu harus memasangkan sumber zat besi dengan beberapa Vitamin C untuk memastikan penyerapan yang lebih baik. Paprika dan buah jeruk seperti lemon dan jeruk merupakan sumber vitamin C.

Kalsium adalah nutrisi penting lainnya yang harus diprioritaskan wanita sejak dini. Memilih makanan kaya kalsium seperti produk susu, sayuran berdaun gelap, dan salmon kalengan sangat penting untuk kesehatan tulang – dan dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

Penting untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan cukup lemak sehat selama masa hidupmu – karena dapat membantu mengoptimalkan produksi hormon dan siklus menstruasi yang teratur. Konsumsi sumber lemak baik, seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian sebab keduanya mengenyangkan dan menyehatkan jantung.

Nutrisi yang Dibutuhkan Perempuan Di Usia 40an

Saat seorang perempuan memasuki usia 40-an, dia mulai mengalami gejala perimenopause sekitar 10-15 tahun sebelum dia mengalami menopause. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan menimbulkan gejala yang dapat diatasi melalui perubahan pola makan dan gaya hidup.

Oleh karena itu, pada fase kehidupan ini, seorang wanita harus memprioritaskan nutrisi seperti vitamin D, B, magnesium, dan asam lemak omega-3. Nutrisi ini dapat membantu tingkat energi, peradangan, kesehatan jantung, dan kualitas tidur.

Kamu bisa mengonsumsi telur, dan salmon untuk mendapatkan pasokan vitamin D yang cukup. Salmon juga merupakan sumber asam lemak Omega 3 – yang penting didapat dari makanan atau suplemen kita. Menambahkan kenari, flaxseed, dan chia seed juga dapat membantu.

Nutrisi yang Dibutuhkan Perempuan Di Akhir Usia 40an Dan 50an

Wanita yang memasuki usia 40-an dan 50-an juga ingin mengonsumsi makanan yang mengandung cukup protein, produk kaya antioksidan, dan serat. Nutrisi ini bagus untuk rasa kenyang, pengelolaan berat badan, kesehatan usus, dan keseimbangan gula darah. Cobalah untuk menambahkan makanan kaya serat seperti raspberry, alpukat, dan ubi ke dalam makananmu.

Seiring bertambahnya usia wanita, kebutuhan protein (manfaat biji bunga matahari dalam makanan) dapat meningkat untuk membantu menjaga massa otot tanpa lemak. Cara terbaik untuk mencapai hal ini adalah dengan mencoba mengonsumsi 20-30 gram protein setiap kali makan dan memasukkan sumber hewani dan nabati ke dalam makanan harianmu. Banyak sumber protein nabati, seperti lentil dan kacang-kacangan juga akan membantu meningkatkan asupan serat – yang membantu kesehatan usus dan hormonal.

Nah, itulah sederet informasi terkait nutrisi yang dibutuhkan perempuan menurut usianya, yang terdiri dari usia 20 hingga 30 tahun, 40 tahunan awal dan 40-50 tahunan akhir. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait