img_title
Foto : Freepik/freepik

IntipSeleb – Inselicous, puasa Ramadan akan segera dimulai! Untuk menyambut bulan penuh rahmat ini, kita juga harus bersiap diri dan memerhatikan kesehatan tubuh kita agar tetap fit!

Terkait Ramadan, kira-kira seperti apa pengaruhnya terhadap kesehatan sistem pencernaan kita? Yuk kita simak penjelasannya menurut Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam! Jangan lupa di-scroll ya.

Manfaat Puasa Ramadan Bagi Pencernaan

freepik.com
Foto : freepik.com

Puasa Ramadan menjadi ibadah yang rutin dilakukan setiap umat Islam setiap tahunnya. Ini waktu saat kita berpuasa kurang lebih selama dua belas jam setelah melakukan sahur lalu berbuka saat terbenamnya matahari.

Dilansir dari YouTube Kata Dokter pada Minggu, 10 Maret 2024, dr. Ari Fahrial Syam menjelaskan bagaimana puasa Ramadan sangat bermanfaat untuk masalah pencernaan manusia, khususnya untuk kesehatan lambung. Apa alasannya?

Sebagian besar orang-orang yang sakit lambung itu, sakit lambungnya kambuh, itu karena memang pertama karena ketidakteraturan makan, kemudian hal yang kedua adalah karena mengkonsumsi cemilan-cemilan yang tidak sehat,” ungkap dr. Ari.

Topik Terkait