img_title
Foto : Freepik/ freepik

IntipSeleb – Marhaban ya Ramadan! Bulan puasa akhirnya telah tiba di depan mata. Selain sebagai ibadah wajib, puasa ramadan juga sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah. Jika berbicara soal puasa, maka sahur merupakan elemen yang tak bisa dipisahkan.

Sejumlah orang terkadang kurang paham dan mengerti keistimewaan makan sahur di dini hari. Terkadang banyak juga, umat muslim yang menunaikan puasa namun tidak mengikuti sahur sebelumnya.

Puasa menjadi salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh umat muslim. Bahkan hukumnya wajib ketika bulan Ramadhan tiba. Ibadah ini juga menjadi salah satu dari rukun Islam, dan menjadi amalan istimewa bagi kaum muslimin. Namun, untuk menjalankan ibadah puasa, ada amalan lain yang sangat dianjurkan untuk dilakukan terlebih dulu, yaitu makan sahur. Meski merupakan amalan sunnah, tapi sahur sangat dianjurkan ketika kita hendak menjalankan puasa.

Ini karena sahur bukan sekadar pemberi energi untuk beraktivitas selama berpuasa. Tapi juga karena keutamaan-keutamaan yang tersimpan saat kita menyantap menu makanan sahur. Salah satunya yang sudah banyak diketahui adalah adanya keberkahan dalam makan sahur.

Ketika sahur, jangan lupa juga untuk mengucapkan bacaan niat sahur. Bacaan sahur ini bisa berupa niat atau doa ketika sahur. Berikut kami sampaikan bacaan sahur yang bisa Anda amalkan saat sahur.

Bacaan Niat Puasa dan Doa Sahur

www.freepik.com/freepik
Foto : www.freepik.com/freepik

Sahur merupakan salah satu bentuk amalan sunnah baik saat puasa di Bulan Ramadhan maupun dalam puasa sunnah. Makan sahur itu menjadi barokah karena salah satunya berfungsi untuk menjaga kondisi tubuh saat berpuasa. Sebab, selama menjalani puasa tubuh tidak akan menerima makan dan minum selama sekitar beberapa belas jam.

Selain itu, meski secara langsung tidak berkaitan dengan penguatan tubuh, tetapi sahur itu tetap sunnah dan mengandung keberkahan. Bagi mereka yang terlambat bangun hingga mendekati waktu subuh, tetap disunahkan sahur meski hanya dengan segelas air putih saja. Karena dalam sahur itu ada barakah. Agar sahur semakin afdol, perhatikan pula waktunya. Jangan sampai melebihi batas sehingga sudah masuk waktu Subuh yang berarti sudah mulai puasa.

Sebelum mengawali puasa dianjurkan untuk niat dalam hati dengan bacaan niat sahur. Niat pada hakikatnya mesti berbarengan dengan ibadah yang dilakukan. Misal saat salat, beberapa pendapat menyebutkan bahwa niat dilakukan berbarengan dengan takbiratul ihram. Khusus untuk ibadah puasa, niat puasa Ramadan boleh dilakukan pada malam harinya saat memasuki bulan Ramadan atau sebelum masuk waktu subuh.

Di dalam kitab Sahihain, dari Anas r.a. disebutkan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:

"تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحور بَرَكَةٌ"

Artinya: Bersahurlah kalian, karena sesungguhnya di dalam sahur terkandung barakah.

Ketika sahur, terdapat doa atau bacaan niat sahur yang dipanjatkan oleh umat muslim. Doa atau bacaan niat sahur ini dibaca dengan tujuan untuk memperkuat tekad seorang muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Berikut ini bacaan niat puasa yang dibaca saat sahur Ramadan yang dapat dipanjatkan umat muslim.

"Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri ramadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa."

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Niat puasa atau doa sahur Ramadhan ini dapat dibaca ketika selesai sholat sunnah tarawih atau sebelum makan saat sahur sebelum imsak.

Doa sahur puasa Ramadan

Berikut ini bacaan doa sahur puasa Ramadan yang dilafalkan Rasulullah SAW. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani yang mana dibaca Rasulullah Saw ketika menyantap hidangan sahur. Selain itu, Rasulullah Saw juga mengatakan bahwa kurma merupakan sebaik-baik hidangan untuk sahur.

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Latin: Yarhamullahul mutasahhirin.

Artinya: Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi orang-orang yang sahur.

Keutamaan Sahur

freepik.com/odua
Foto : freepik.com/odua

Nah, berikut ada 5 keutamaan sahur di malam hari bagi umat yang berpuasa ramadan yang perlu kamu ketahui.

1. Sebagai Sumber Energi Waktu Puasa

Keutamaan sahur yang pertama yakni sebagai sumber energi. Seperti yang telah diketahui, bahwa puasa dilakukan sejak tetbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Maka dari itu, makan saat sahur menjadi sangat penting bagi umat Islam.

2. Menguatkan Tubuh

Selain itu, meski secara langsung tidak berkaitan dengan penguatan tubuh, tetapi sahur itu tetap sunnah dan mengandung keberkahan. Misalnya buat mereka yang terlambat bangun hingga mendekati waktu subuh. Tidak tersisa waktu kecuali beberapa menit saja. Maka tetap disunahkan sahur meski hanya dengan segelas air putih saja. Karena dalam sahur itu ada barakah.

Dari Abi Said al-Khudri RA. “Sahur itu barakah maka jangan tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur. (HR Ahmad: 3:12).

3. Pembeda Puasa Sunnah dan Wajib

Di dalam kitab Sahih Muslim disebutkan dari Amr ibnul As r.a. yang menceritakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:

"إن فَصْل مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أَهْلِ الْكِتَابِ أَكْلَةُ السَّحَر"

Artinya: Sesungguhnya perbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab ialah makan sahur.

Makan sahur itu menjadi barakah karena salah satunya berfungsi untuk mempersiapkan tubuh yang tidak akan menerima makan dan minum sehari penuh.

5. Keberkahan Melimpah

Orang yang bangun untuk mengerjakan sholat malam lalu berdoa, setelah itu ia makan sahur maka Allah akan mengirimkan malaikat untuk memberikannya keberkahan.

6. Mendekatkan Waktu Beribadah

Rasulullah SAW sering sahur saat menjelang imsak atau ketika mendekati waktu sholat subuh. Hal ini dilakukan supaya kita tidak tidur lagi saat selesai sahur. Sehingga sahur dapat dikatan sebagai kegiatan yang dapat mendekatkan waktu ibadah.

7. Allah SWT dan Malaikat Bershalawat

Meskipun makan saat sahur hukumnya sunnah, namun sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad meslipun hanya makan sesuap nasi dan seteguk air putih. Karena pada saat sahur Allah dan para malaikat akan berselawat. Selawat Allah diberikan kepada mereka yang sahur berupa rahmat dan selawat malaikat yakni permohonan ampun untuk manusia.

Nah, itulah penjelasan terkait bacaan niat sahur serta keutamaan sahur yang perlu kamu ketahui menjelang datangnya bulan Ramadan. Marhaban ya Ramadan!

Topik Terkait