img_title
Foto : Instagram

IntipSeleb – Tahukah kamu bahwa di balik selebritis dan publik figur, ada sosok yang mendampingi keseharian mereka dan mengurus banyak hal. Nama Sensen dan Merry contohnya. Bekerja sebagai asisten artis sekelas Raffi Ahmad, keduanya selalu menemani bosnya ke mana pun.

Asisten artis memiliki peran penting dalam keseharian majikan mereka. Mereka mengurus banyak hal, mulai dari yang sepele hingga hal-hal terkait pekerjaan dan bisnis.

Coba bayangkan keseharian artis Indonesia papan atas seperti Raffi Ahmad. Memiliki jadwal yang super padat dan bisnis yang beraneka ragam, tentu ia kesulitan untuk mengatur semuanya sendirian. Maka dari itu, ia memerlukan jasa asisten artis untuk membantunya, siapa lagi kalau bukan Sensen asisten Raffi Ahmad.

Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang asisten artis dibutuhkan kemampuan yang bukan main-main mengingat pekerjaannya yang tidak mudah. Skill asisten artis akan mempengaruhi kinerja majikannya. Tanggung jawab yang besar, bukan?

Bagi kamu yang ingin berkarier sebagai seorang asisten artis atau publik figur lainnya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja tanggung jawab dan skill yang harus kamu miliki.

Apa Itu Asisten Artis?

Instagram/raffinagita1717
Foto : Instagram/raffinagita1717

Sebelum mengetahui skill yang harus dimiliki asisten artis yang perlu diketahui, penting untuk lebih dulu memahami definisi dari personal asisten.

Asisten artis merupakan seseorang yang dipercaya oleh majikannya untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan maupun urusan pribadi sehari-hari.

Mirip dengan asisten pribadi, asisten artis hanya berbeda dalam urusan atasannya saja. Jika asisten artis adalah tangan kanan seorang selebritis, asisten pribadi biasanya dibutuhkan orang-orang yang memiliki kesibukan tingkat tinggi, seperti manager, artis, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Dengan keberadaan personal asisten, mereka bisa menjadi lebih fokus pada pekerjaan-pekerjaan pentingnya.

Otomatis pekerjaan personal asisten mengikuti pekerjaan masing-masing atasannya. Jika kamu bekerja sebagai personal artis, kamu akan mengurus pekerjaan yang berkaitan dengan artis tersebut.

Secara umum, tugas personal asisten artis adalah menyusun jadwal syuting, mendampingi atasan di lokasi syuting dan di mana pun, mendampingi artis ketika menghadapi wartawan, kru televisi, hingga fans.

Tugas Asisten Artis

Instagram @sensen_ahmad
Foto : Instagram @sensen_ahmad

Tugas asisten artis adalah membantu atasan untuk mengelola urusan keseharian mereka tergantung kebutuhan. Namun bila dijabarkan, kira-kira beginilah tugas asisten artis:

  1. Mengelola email dan surat fisik dan merespons seperlunya
  2. Menyusun tanggapan dan komunikasi lainnya
  3. Menjawab atau melakukan panggilan telepon atas nama majikannya
  4. Memesan akomodasi perjalanan dan mengatur rencana perjalanan
  5. Memesan pertemuan dan akomodasi untuk pertemuan seperti makan siang dan teknologi
  6. Menemani majikan mereka ke rapat dan menelepon untuk membuat catatan
  7. Melakukan penelitian yang dibutuhkan sebelum rapat
  8. Membuat laporan
  9. Menjalankan tugas untuk majikan atau orang
  10. Mengkomunikasikan pembaruan kepada klien dan karyawan lainnya

Skill yang Harus Dimiliki Asisten Artis

Instagram @sensen_ahmad
Foto : Instagram @sensen_ahmad

Menjadi seorang asisten artis dengan tanggung jawab besar tentu membutuhkan keterampilan yang luar biasa dalam banyak hal. Berikut ini skill yang harus dimiliki asisten artis yang perlu kamu ketahui untuk menjalankan profesi itu secara profesional:

1. Etika yang baik

Penting bagi seorang asisten artis untuk bisa dipercaya dan menghargai etika dalam pekerjaan mereka. Asisten pribadi sering kali menerima semua informasi penting terkait majikan, mulai dari kata sandi media sosial, informasi kartu kredit, dan akses email.

Maka dari itu, penting bagi seorang asisten artis untuk bisa berlaku jujur dan tidak menyalahgunakan akses mereka terhadap hal-hal pribadi seorang majikan.

2. Keterampilan komunikasi

Sebagai asisten artis, kamu akan terus berkomunikasi dengan atasanmu dan berbagai pihak ketiga terkait, seperti klien dan rekan kerja. Maka, kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan efektif adalah salah satu skill personal asisten yang wajib dimiliki. Sebab, komunikasi adalah kunci.

3. Kemampuan bersosialisasi

Kemampuan seseorang untuk bersosialisasi akan membantu berinteraksi dengan banyak orang. Dengan kemampuan bersosialisasi yang baik, kamu akan bisa mengembangkan hubungan positif dengan atasan dan klien-kliennya. Tak heran bila ini menjadi salah satu skill personal asisten yang diperhitungkan.

4. Keterampilan manajeman waktu

Dalam banyak bidang pekerjaan, manajemen waktu adalah skill yang harus dimiliki asisten artis. Manajemen waktu maksudnya adalah kemampuan untuk mengatur dan merencanakan cara membagi waktu dengan perhitungan yang jelas dan cerdas agar pekerjaan atasan berjalan efektif.

Seorang personal asisten tidak hanya bertanggung jawab atas waktu mereka sendiri, tapi juga mengelola waktu atasan agar pekerjaan terselesaikan dengan baik.

5. Multitasking

Mengingat pekerjaan atasan yang tak ada habisnya, tugas seorang asisten artis pun demikian. Tidak sekadar mendukung secara administratif atau menemani, mereka juga bertugas menjadwalkan kegiatan atau bisa dibilang buku harian berjalan. Tak heran, multitasking adalah skill asisten artis yang wajib dimiliki.

6. Teliti

Ketelitian dan perhatian pada hal-hal kecil akan sangat membantu pekerjaanmu jika kamu adalah seorang asisten artis. Sebab, dengan bersikap teliti akurasi pekerjaanmu lebih terjamin. Skill ini akan membantumu mendeteksi hal sepele yang kemungkinan berdampak besar nantinya.

7. Kemampuan menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan

Kemampuan memecahkan masalah adalah salah satu skill asisten artis yang wajib dimiliki. Sebab, saat sedang bertugas atas nama atasanmu, berbagai masalah mungkin akan terjadi dan kemampuanmu untuk menanganinya dengan cepat dan efektif sangat diperlukan.

Selain itu, terkadang atasan akan mengalihtugaskan beberapa pekerjaan padamu. Dalam hal ini, kamu harus bisa memecahkan masalah dan menemukan solusi yang sejalan dengan pemikiran atasanmu.

8. Kemampuan komputer

Skill yang harus dimiliki asisten artis selanjutnya adalah kemampuan komputer. Artinya, seorang asisten harus bisa mengelola spreadsheet, mengatur file, mengatur buku harian digital, dan menggunakan perangkat lunak pemesanan online.

Nah, itulah definisi, tanggung jawab, dan skill yang harus dimiliki asisten artis yang penting diketahui bagi kamu yang tengah mencari peluang karier di bidang ini. Semoga bermanfaat, ya!

Topik Terkait