img_title
Foto : Motion Array

IntipSeleb – Di era serba digital ini, banyak aplikasi Al-Quran yang dikembangkan untuk memudahkan umat Islam dalam membaca, memahami dan mempelajari kitab suci tersebut.

Aplikasi Al-Quran digital dalam daftar ini menawarkan berbagai fitur yang bisa membantu pengguna dalam membaca Al-Quran secara praktis, kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Aplikasi Al-Quran digital dan semacamnya ini diharapkan dapat turut membantu kepraktisan orang Islam dalam membaca Al-Quran dalam situasi yang tidak memungkinkan sekalipun, misalnya saat berada dalam perjalanan dan ketika berada di suatu tempat yang tidak ditemukan Al-Quran untuk dibaca.

Keberadaan aplikasi Al-Quran digital juga semakin dicari di momen-momen penting seperti saat bulan Ramadan. Pasalnya, ketika bulan Ramadan tiba, orang Islam akan berbondong-bondong memperbanyak amalan ibadah untuk mendapatkan pahala dan berkah yang melimpah.

Akan tetapi, kesibukan terhadap pekerjaan, studi atau urusan duniawi lainnya terkadang dapat mengalihkan perhatian mereka dari membaca Al-Quran. Nah, dengan keberadaan aplikasi Al-Quran digital yang banyak beredar, diharapkan agar umat Islam tak lagi memiliki alasan untuk tidak membaca Al-Quran sepanjang bulan di mana Al-Quran diturunkan ini.

Aplikasi Al-Quran Digital

Tangkapan Layar
Foto : Tangkapan Layar

Nah, buat kamu yang disibukkan dengan banyak hal sepanjang bulan Ramadan tapi tetap tidak mau kehilangan berkah di bulan suci ini dengan membaca Al-Quran, kamu bisa memanfaatkan sederet aplikasi Al-Quran digital yang akan memudahkanmu mengaji di mana pun dan kapan pun.

1. iQuran

Aplikasi Al-Quran digital yang pertama adalah iQuran. Aplikasi yang tersedia di perangkat android dan iOs ini menawarkan terjemahan Al-Quran dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Selain itu, iQuran juga menyediakan fitur informasi tajwid berwarna, pembacaan Al-Quran oleh berbagai qari terkenal, dan pencarian cepat untuk menemukan ayat tertentu. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penanda, catatan, dan pengaturan font yang memudahkanmu dalam mempelajari Al-Quran.

2. Al-Quran (Tafsir & by Word)

AL-Quran (Tafsir & Word) adalah aplikasi Quran digital yang menawarkan terjemahan kata per kata dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Aplikai ini juga menyediakan tafsir dari berbagai ulama terkenal, sehingga pengguna bisa memahami makna ayat secara lebih baik.

Fitur lain yang tersedia dalam aplikasi ini meliputi tajwid berwarna, pembacaan ayat Al-Quran oleh qari terkenal, serta kemampuan untuk membandingkan terjemahan dari berbagai penerjemah.

3. Quran Majeed

Quran Majeed merupakan aplikasi Al-Quran yang menawarkan berbagai fitur menarik, seperti terjemahan dalam lebih dari 45 bahasa, tajwid berwarna, dan dukungan audio dari para qari terkenal.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian, penanda, dan catatan untuk memudahkanmudalam mempelajari Al-Quran. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan jadwal waktu salat, arah kiblat, dan kalender Hijriyah.

4. Al-Quran Al-Kareem

Al-Quran Al-Kareem merupakan aplikasi Al-Quran digital yang menyediakan terjemahan dalam banyak bahasa, tajwid berwarna, serta audio dari para qari terkenal. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian, penanda, serta catatan yang memudahkan pengguna.

Al-Quran Al-Kareem menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pengguna dari berbagai tingkatan kemampuan membaca Al-Quran.

5. Ayat – Al Quran

Ayat – Al Quran merupakan aplikasi Al-Quran digital yang dikembangkan oleh King Saud University. Aplikasi ini menawarkan terjemahan Quran dalam banyak bahasa, termasuk bahasa indonesia dan tafsir Al-Quran dari berbagai ulama terkenal. Ayat Al-Quran juga menyediakan fitur tajwid berwarna, audio oleh para qari terkenal, serta pencarian cepat untuk menemukan ayat tertentu.

Fitur lain yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain, penanda, catatan, dan pengaturan font yang memudahkan pengguna dalam mempelajari Al-Quran. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan jadwal waktu salat dan arah kiblat.

6. Quran – Naskh by Quran.com

Rekomendasi aplikasi Al-Quran selanjutnya yang bisa diunduh adalah Quran – Naskh by Quran.com. Aplikasi ini bisa didapatkan di Play Store maupun App Store.

Quran – Naskh by Quran.com juga merupakan aplikasi mushaf Al-Quran yang bebas iklan, mendukung gambar Madani, terjemahan, dan memiliki efek transisi halaman yang lembut.

Lebih dari itu, aplikasi yang satu ini menawarkan bookmark dan penanda halaman dalam jumlah tak terbatas. Dengan demikian, pengguna dapat menemukan bacaan terakhirnya dengan mudah.

7. Quran Pro Muslim

Aplikasi Al-Quran digital yang satu ini cukup populer di kalangan pengguna, apalagi kalau bukan Quran Pro Muslim. Aplikasi ini mengklaim dirinya sebagai aplikasi yang memiliki koleksi audio qari terbesar dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.

Quran Pro Muslim juga menawarkan terjemahan dalam 30 bahasa yang berbeda. Yang lebih spesialnya lagi, aplikasi ini bisa diakses secara offline, sehingga memudahkan pengguna dengan data seluler atau sinyal terbatas. Selain itu, untuk pengguna iOs, Quran Pro Muslim juga mendukung AirPlay dan CarPlay.

8. Quran Kareem

Aplikasi Al-Quran ini menawarkan pengalaman membaca Al-Quran dengan lancar bagi penggunanya dan dilengkapi dengan 40 terjemahan dari berbagai bahas. Dengan fitur transisi yang lembut, aplikasi ini bisa dijadikan pilihan untuk dibaca kapan pun dan di mana pun.

9. Al Quran Indonesia

Rekomendasi aplikasi Al-Quran digital selanjutnya adalah Al Quran Indonesia yang memiliki fitur seperti mode terang dan gelap, daftar surah, daftar juz, tulisan latin, hingga tanda tajwid berwarna. Lewat fitur tersebut, membaca Al-Quran akan jauh lebih mudah.

10. Quran Best Indonesia

Quran Best Indonesia merupakan salah satu rekomendasi aplikasi Al-Quran digital yang bisa dijangkau dalam situasi sulit sinyal sekalipun. Sebab, aplikasi ini bisa diakses secara offline dan menawarkan banyak fitur menarik. Kamu bisa melakukan pencarian ayat berdasarkan kata kunci, menandai halaman bacaan dan banyak lagi.

11. Quran Kemenag

Aplikasi Al-Quran digital yang satu ini dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan bisa dijadikan sebagai pilihan untuk mempermudah aktivitas mengaji di mana pun dan kapan pun.

Quran Kemenag dilengkapi dengan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani lengkap dengan terjemahan, tafsir dalam dua macam, hingga suara murattal Al-Quran dari Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.

Nah, itulah sederet rekomendasi aplikasi Al-Quran digital yang dapat diunduh untuk memudahkan aktivitas mengaji, khususnya di bulan Ramadan ini. Semoga bermanfaat dan tunggu InTips lainnya, ya!

Topik Terkait