img_title
Foto : Www.freepik.com/lifeforstock

IntipSeleb – Umat muslim yang hendak berpuasa dianjurkan untuk bangun sahur di sepertiga malam yaitu sekiar pukul 3-4 pagi.

Kendati begitu, tidak jarang waktu sahur terlewatkan begitu saja karena terlalu nyenyak tidur hingga membuat sulit untuk terbangun. Namun, ada deretan cara yang ampuh diterapkan agar tidak telat untuk bangun sahur. Apa saja ya? Intip sama-sama yuk!

1. Hindari Olahraga Mendekati Jam Tidur

Freepik/ Drazen Zigic
Foto : Freepik/ Drazen Zigic

Meski baik untuk kesehatan, namun olahraga perlu memperhatikan jam pelaksanaannya, diantaranya hindari olahraga yang mendekati waktu tidur.

Hal ini dikarenakan olahraga bisa memunculkan hormon adrenalin yang membuat sulit terlelap.

2. Makan Secukupnya Ketika Buka Puasa

Freepik
Foto : Freepik

Rasa lapar yang timbul ketika mendekati jam berbuka puasa tidak jarang bikin ingin menyantap berbagai hidangan yang ada. Hal ini perlu dicegah karena kondisi terlalu kenyang membuat tidur semakin nyenyak dan tentu saja sulit bangun keesokan harinya.

Oleh karena itu, konsumsi makanan secukupnya saat berbuka yang juga bermanfaat untuk mencegah naiknya asam lambung.

3. Jangan Bergadang

freepik.com
Foto : freepik.com

Dengan tidak bergadang dan tidur lebih awal ampuh mencegah telat bangun sahur. Selain itu dengan beristirahat dengan cukup tubuh juga akan lebih fresh saat menjalani puasa.

4. Atur Tempat Tidur Agar Nyaman

Pinterest
Foto : Pinterest

Kondisi tempat tidur yang nyaman tentu membuat mudah terlelap dan tidur semakin nyeyak, sehingga bisa bangun sahur dalam keadaan yang fresh dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

5. Tips Setting Alarm

www.freepik.com/lifeforstock
Foto : www.freepik.com/lifeforstock

Alarm tentu sangat membantu untuk membangunkan sahur karena suara keras yang ditimbulkan. Jika sulit untuk bangun meski sudah menyalakan alarm, bisa mencoba setting 30 menit lebih awal dari waktu bangun agar terus berdering.

Itu tadi deretan tips ampuh agar tidak telat bangun sahur. Semoga informasinya membantu ya!

Topik Terkait