img_title
Foto : Www.freepik.com/karlyukav

IntipSeleb – Di era serba digital ini, banyak aplikasi zikir dan doa yang dikembangkan untuk memudahkan umat Islam dalam memperbanyak amal ibadah dalam kondisi apapun. Aplikasi zikir dan panduan doa dalam daftar ini menawarkan berbagai fitur yang bisa membantu pengguna dalam berzikir dan membaca doa secara praktis, kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Aplikasi zikir dan semacamnya ini diharapkan dapat turut membantu kepraktisan orang Islam dalam berzikir dan berdoa dalam situasi yang tidak memungkinkan sekalipun, misalnya saat berada dalam perjalanan.

Keberadaan aplikasi zikir dan doa juga semakin dicari di momen-momen penting seperti saat bulan Ramadan. Pasalnya, ketika bulan Ramadan tiba, orang Islam akan berbondong-bondong memperbanyak amalan ibadah untuk mendapatkan pahala dan berkah yang melimpah.

Akan tetapi, kesibukan terhadap pekerjaan, studi atau urusan duniawi lainnya terkadang dapat mengalihkan perhatian mereka dari memperbanyak zikir. Nah, dengan keberadaan aplikasi zikir dan doa yang banyak beredar, diharapkan agar umat Islam tak lagi memiliki alasan untuk tidak melakukannya.

Rekomendasi Aplikasi Zikir dan Doa

www.freepik.com/rawpixel.com
Foto : www.freepik.com/rawpixel.com

1. Digital Tasbeeh Counter

Aplikasi Digital Tasbeeh Counter mempunyai tampilan penghitung zikir mirip dengan tasbih digital yang biasa dijual di pasaran. Yang unik dari aplikasi ini adalah meskipun aplikasinya ditutup, hitungan zikir tidak akan terhapus. Dengan demikian, saat pengguna me-restart aplikasi, hitungan zikir tetap muncul di layar.

Selain itu, tiap mengetuk layar handphone untuk perhitungan zikir, pengguna juga bisa merasakan getaran sehingga akan lebih terasa layaknya memegang tasbih.

2. Dzikir & Doa Lengkap

Rekomendasi aplikasi zikir dan doa selanjutnya adalah Dzikir & Doa Lengkap. Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk pengguna dalam kegiatan sehari-hari ataupun kegiatan khusus. Dalam aplikasi ini juga terdapat banyak pilihan bacaan yang akan memudahkanmu dalam berzikir, di antaranya:

  1. Adab dan waktu berdoa
  2. Zikir salat
  3. Zikir pagi dan petang
  4. Doa pilihan
  5. Zikir setiap saat
  6. Zikir dan doa harian
  7. Doa ruqyah
  8. Doa karena sebab
  9. Zikir haji dan umroh

3. Dzikir Pagi Petang Sesuai Sunnah

Salah satu zikir yang biasa dilakukan oleh umat Islam adalah Dzikir Pagi Petang. Zikir rutin yang nama lainnya Zikir Al-Ma’tsurot ini bisa diamalkan setiap hari, terlebih ketika berada di bulan Ramadan.

Dengan rutin membaca zikir pagi petang, maka kita akan mendapat manfaat berupa perlindungan dari Allah SWT. Amalkan zikir pagi petang dengan aplikasi Dzikir Pagi Petang Sesuai Sunnah.

4. Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Seperti diketahui, pada umumnya orang akan melakukan zikir setelah mendirikan salat, baik wajib maupun sunnah. Nah, di aplikasi Doa dan Dzikir Setelah Sholat, terdapat berbagai fitur yang cukup lengkap dan dapat digunakan secara offline tanpa koneksi internet, antara lain:

  1. Zikir lengkap selesai salat dilengkapi arab, latin, terjemahan, dan audio offline
  2. Doa lengkap setelah salat
  3. Bacaan salat lengkap
  4. Doa dan dzikir salat sunnah
  5. Zikir pagi dan petang
  6. Doa harian/ doa sehari-hari
  7. Doa para nabi dan rasul

5. Tasbih

Sesuai dengan namanya, aplikasi Tasbih merupakan salah satu aplikasi zikir dan doa yang memiliki tampilan penghitung tasbih yang sederhana. Pengguna juga bisa mengaktifkan audio bacaan tasbih saat berzikir.

Selain itu, aplikasi zikir yang satu ini juga mempunyai fitur penghitung zikir dan dilengkapi dengan fitur doa harian dan kalender tanggal-tanggal penting Islam. Yang unik, aplikasi ini juga dilengkapi dengan penunjuk arah ke masjid terdekat.

6. Simple Tasbih

Rekomendasi aplikasi zikir dan doa selanjutnya adalah Simple Tasbih. Sesuai dengan namanya, aplikasi Simple Tasbih hadir dengan antarmuka yang sangat sederhana sehingga menghasilkan pengalaman yang lebih user friendly.

Pada aplikasi ini terdapat tombol (+) yang tempatnya di tengah sehingga memudahkan pengguna menggapainya meski mata tidak tertuju ke layar smartphone. Saat memencet tombol (+), hitungan zikir akan berjalan menghitung. Hebatnya, aplikasi gratis ini tidak disusupi iklan sehingga pengguna tak perlu merasa terganggu.

7. Tasbeeh

Aplikasi zikir selanjutnya adalah Tasbeeh. Berbeda dari aplikasi lainnya yang menggunakan tasbih digital, aplikasi ini mempertahankan bentuk gelang tasbih manual yang sama seperti aslinya. Jadi, pengguna tidak memencet tombol, melainkan menggeser manik-manik tasbih untuk menghitung bacaan zikir. Tapi jika pengguna kurang nyaman dengan hal tersebut, pengguna bisa mengganti modenya menjadi memencet tombol.

8. Tasbih – Dhikr Counter

Hampir sama dengan aplikasi zikir dan doa pada umumnya, aplikasi ini memiliki keunggulan yaitu pengguna bisa menambahkan target bacaan zikir ke dalam lima kategori yang sudah disediakan. Mulai dari kalimat syahadat, durood, nama-nama Allah, surat dalam Al-Quran, dan bacaan zikir umum.

Nah, itulah sederet rekomendasi aplikasi zikir dan doa yang dapat dimanfaatkan oleh umat Islam yang ingin mempermudah amalan di bulan Ramadan ini dengan berzikir secara praktis. Semoga bermanfaat dan tunggu artikel InTips berikutnya, ya!

Topik Terkait