img_title
Foto : HiddenValey

IntipSeleb – Buah kurma identik dengan bulan Ramadan. Selain manfaat kurma bagi kesehatan, rasa manis pada buah yang satu ini juga bisa menjadi sumber energi selama berpuasa. Sayangnya, tidak semua orang menyukai kurma karena rasanya yang terlalu manis atau teksturnya yang lembek.

Tapi jangan salah, kurma bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat, mulai dari yang paling simpel, kue-kuean, salad buah, puding dan lainnya. Menarik, bukan?

Nah, jika kamu tetap ingin mendapatkan manfaat kurma, kamu bisa mencoba aneka olahan kurma yang bisa disesuaikan dengan seleramu. Aneka olahan kurma ini juga bisa jadi cemilan, santapan takjil atau sahur. Penasaran? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

1. Kolak Kurma

Kolak tentu menjadi salah satu hidangan wajib bulan Ramadan yang biasa disantap ketika buka puasa sebagai takjil. Siapa sangka ternyata kurma bisa lho dijadikan sebagai tambahan dalam kolak agar lebih manis.

Cara membuat olahan kurma yang satu ini juga cukup mudah. Buatlah kolak seperti pada umumnya dan tambahkan potongan kurma yang telah dipisahkan dari bijinya agar memudahkan saat dimakan.

2. Kurma Keju

HiddenValey
Foto : HiddenValey

Siapa sangka perpaduan kurma dan keju bisa jadi sesuatu yang enak banget? Kurma keju sempat populer beberapa waktu lalu dan cara membuatnya pun cukup mudah. Cukup belah kurma dan keluarkan bijinya lalu isi dengan keju cheddar atau krim cheese di tengahnya.

Rasa kurma yang manis dan legit bisa jadi lebih seimbang ketika dinikmati bersama dengan keju yang gurih. Keju kurma ini bisa jadi olahan kurma yang cocok buat kamu yang nggak terlalu suka makanan manis.

3. Kurma Goreng Tepung

Endeus TV
Foto : Endeus TV

Sudah jadi rahasia umum kalau orang Indonesia sangat menyukai gorengan. Dan siapa yang sangka kalau ternyata kurma bisa dijadikan gorengan juga, lho. Kurma goreng tepung namanya.

Cara membuat kurma goreng tepung pun sangat mudah. Cukup dengan membalut kurma dengan tepung basah lalu masukkan ke dalam tepung kering dan goreng hingga berwarna coklat keemasan. Kamu bisa menambahkan santan dan vanili ke adonan basahnya agar rasanya makin mantap.

Kurma goreng tepung merupakan salah satu aneka olahan kurma yang bisa disantap sebagai takjil ketika berbuka puasa dan cemilan biasa.

4. Bubur Ketan

Siapa yang suka bubur? Jika kamu suka bubur, kamu bisa lho menambahkan kurma ke dalamnya. Terutama jika bubur yang kamu buat adalah bubur yang manis, seperti bubur ketan misalnya.

Kurma bisa dimasukkan ke dalam adonan bubur ketika dimasak di atas api atau sebagai taburan maupun pelengkap saja. Gunakan kurma yang tidak berkulit agar lebih nikmat ketika dimakan.

5. Pisang Goreng Kurma

Kitamudamedia
Foto : Kitamudamedia

Siapa sih yang nggak suka pisang goreng? Nah, ternyata pisang goreng bisa dipadukan dengan kurma, lho. Cara membuatnya juga sangat mudah, mirip seperti proses pembuatan pisang goreng pada umumnya.

Pipihkan pisang tanduk atau pisang kepok lalu beri potongan kurma tanpa biji di dalamnya. Kemudian, balur dengan tepung lalu goreng hingga coklat keemasan. Untuk menambah cita rasanya supaya lebih mantap, pisang goreng kurma bisa diberi olesan selai atau kental manis dan parutan keju.

6. Puding Kurma

Cookpad
Foto : Cookpad

Setelah goreng-gorengan, yuk kita sambung dengan makanan yang bisa memberikan kesegaran, apalagi kalau bukan puding. Ya, kurma juga bia dibuat menjadi cemilan yang menyegarkan, puding kurma.

Kamu bisa membuat puding kurma dengan siraman saus yoghurt untuk memberikan sedikit rasa asam sehingga pudingmu menjagi lebih kaya rasa. Olahan kurma yang satu ini cocok banget untuk disantap sebagai takjil atau menu buka puasa.

7. Martabak Kurma

Cookpad
Foto : Cookpad

Selain coklat, stroberi, wijen, dan pisang, kurma bisa juga lho dijadikan topping martabak. Apalagi kurma ajwa yang teksturnya mirip kismis tapi tidak ada rasa asamnya. Untuk topping martabak, kurma bisa diiris tipis dan ditaburkan di bagian atasnya. Atau bisa juga padukan dengan pisang atau keju untuk menambah kenikmatan.

8. Brownies Kurma

Cookpad
Foto : Cookpad

Brownies jadi salah satu kue yang kerap dijadikan sebagai dessert atau snack untuk teman minum teh atau kopi. Jika biasanya brownies diberi topping keju atau chocochips, kamu bisa lho menggantikannya dengan kurma. Berikan krim sebagai perekat sebelum meletakkan kurma di atas brownies.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan potongan kurma ke dalam adonan kue brownies sebelum dicetak dan dipanggang di dalam oven. Untuk olahan kurma yang satu ini, kamu bisa memilih kurma sukari atau tunisia.

9. Salad Buah Saus Kurma

Dessert segar seperti salad buah juga bisa lho disandingkan dengan buah kurma yang manis. Selain sebagai campuran buah, kurma juga bisa digunakan untuk menjadi campuran saus saladnya.

Untuk membuat saus kurma, cukup haluskan kurma dan campur dengan air, susu, atau santan. Lalu, masak dengan api kecil hingga mengental, bisa juga beri larutan tepung maizena untuk menjaga tekstur sausnya lebih kental lagi.

10. Cake Pandan Kurma

Cookpad
Foto : Cookpad

Nggak cuma brownies, kurma juga bisa digunakan sebagai bahan pelengkap cake pandan atau yang lainnya. Bahkan, kurma bisa dicampur dengan kue bolu, lho.

Sebelum dicampur ke dalam adonan, sebaiknya buah kurma dipisahkan dari bijinya terlebih dahulu lalu dicincang halus agar lebih menyatu dengan adonan. Pilihlah jenis kurma yang manis dan legit agar lebih menyatu.

Topik Terkait