img_title
Foto : Www.freepik.com/jcomp

IntipSeleb – Ada sebagian orang yang justru mengalami kenaikan berat badan ketika berpuasa meski merasa sudah membatasi jam makan.

Ternyata, hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Intip yuk penjelasan selengkapnya lewat ulasan berikut ini.

Efek Puasa Untuk Berat Badan

www.freepik.com/jcomp
Foto : www.freepik.com/jcomp

Ketika berpuasa dan harus menahan untuk tidak mengkonsumsi minuman dan makanan, maka usus halus dan usus besar akan beristirahat dari pekerjaannya.

Kondisi ini akan membuat penyerapan air pada usus meningkat, sehingga baik untuk sistem pencernaan karena bisa mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi dan ginjal jadi lebih optimal dalam mengatur kadar air dalam tubuh.

Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan, dengan berpuasa juga bisa membantu menurunkan berat badan. Oleh karenanya muncul metode diet bernama Intermittent fasting, yang mana menerapkan jadwal waktu makan dalam periode tertentu selama satu hari, lalu selebihnya hanya diisi dengan minum air putih.

Adalah fakta bahwa puasa bisa menurunka berat badan. Hal ini karena lemak yang terdapat di dalam tubuh akan diubah menjadi energi karena tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan puasa kita bisa membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Pada saat puasa juga tubuh menghasilkan energi tidak hanya metabolisme, karbohidrat, atau gula, tapi juga dari lemak yang terdeposit dalam tubuh,” jelas dr. Gammarida Magfirah, melansir dari YouTube Kata Dokter, 15 Maret 2024.

“Lemak-lemak yang tertimbun dalam tubuh kta bisa dimetabolisme dan dipecah menjadi energi, otomatis lemak akan berkurang dan menurunkan berat badan,” sambung dr. Gammarida Magfirah.

Mengapa Ketika Puasa Berat Badan Justru Naik?

Pinterest
Foto : Pinterest

Namun, ada juga kejadian ketika berpuasa berat badan justru naik. Hal ini terjadi salah satunya karena faktor asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika berpuasa dianjurkan untuk berbuka puasa secukupnya dengan tidak berlebihan, serta mengkonsumsi hidangan yang kaya akan nutrisi serta menjaungi junk food karena terkandung banyak lemak.

Sehingga jika berat badan naik ketika sedang menjalani ibadah puasa, perlu diperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Topik Terkait