img_title
Foto : Freepik/ Wayhomestudio

IntipSeleb – Banyak orang yang mengaku sulit untuk konsentrasi ketika merasa lapar, termasuk saat menjalankan ibadah puasa. Perut yang lapar dan kerongkongan yang kering, terkadang membuat orang sulit untuk fokus pada aktivitas sehari-hari yang harus tetap dikerjakan.

Ditambah lagi, berkurangnya energi yang tersimpan di dalam tubuh ketika seseorang tengah berpuasa membuat tubuh menjadi lemas dan semakin enggan untuk bergerak, apalagi olahraga yang membutuhkan motivasi yang lebih kuat lagi.

Melihat pentingnya konsentrasi bagi kelangsungan kegiatan sehari-hari, penting untuk mengetahui strategi atau cara tetap fokus saat puasa agar tidak mengganggu produktivitas seseorang sepanjang bulan Ramadan.

Nah, jika kamu merasa susah konsentrasi selama menjalankan puasa, yuk simak penjelasan dr. Gammarida Magfirah di kanal YouTube Kata Dokter tentang cara tetap fokus saat puasa!

Mengapa Susah Fokus Saat Puasa?

Freepik/ cookie_studio
Foto : Freepik/ cookie_studio

Sebenarnya, konsentrasi seseorang dipengaruhi terhadap aktivitas fisik. Biasanya, pada pagi hari ketika kita baru mulai beraktivitas, tubuh sedang dalam kondisi fokus-fokusnya, terutama pada orang yang menjalankan ibadah puasa dengan nilai religius yang tinggi.

Ketika hari menjelang siang biasanya dipengaruhi oleh kelelahan tubuh sehingga fokus biasanya agak berkurang. Akan tetapi, apabila bisa beristirahat sejenak pada siang hari, tidak harus dengan tidur, istirahat bisa juga dengan rehat dari beberapa aktivitas yang melelahkan. Setelah itu fokus bisa kembali lagi seperti semula.

Biasanya, menjelang berbuka puasa fokus akan menurun karena kadar gula darah dalam tubuh sudah berada di angka yang rendah. Setelah berbuka puasa, pada saat sudah mulai terehidrasi dengan baik dan nutrisi juga sudah masuk dengan baik, fokus juga akan kembali lagi seperti semula.

Cara Tetap Fokus Saat Puasa

Freepik/ Wayhomestudio
Foto : Freepik/ Wayhomestudio

Konsentrasi itu penting bagi kita untuk menjalani aktivitas sehari-hari, maka dari itu kita harus tahu cara mempertahankan konsentrasi selama berpuasa di bulan yang suci Ramadan ini.

1. Pastikan asupan air putih cukup

Puasa sebenarnya bisa meningkatkan konsentrasi tapi kita harus memastikan asupan cairan pada tubuh kita tercukupi meskipun puasa kita harus tetap mengonsumsi air dengan kadar yang normal, yaitu sekitar 2 liter per hari.

Jadi kita harus mengatur berapa liter cairan yang masuk pada saat sahur dan pada saat berbuka sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing agar tidak mengalami dehidrasi.

“saya selalu menekankan air putih karena air itu adalah bagian terbesar dari keseimbangan tubuh, sehingga apabila cairan terasupi dengan baik, fokus tubuh dan kesehatan tubuh tentu juga akan terjaga dengan baik,” kata dr. Gammarida Magfirah.

2. Mengonsumsi makanan tinggi nutrisi saat sahur dan buka puasa

Kita juga harus memastikan asupan makanan yang kita makan pada saat sahur dan berbuka juga harus tinggi nutrisi, karena asupan tersebut bisa mempengaruhi fokus dari otak kita karena nutrisi yang baik tentunya akan menjaga stabilitas konsentrasi kita.

3. Tetap lakukan aktivitas dan olahraga ringan

Saat berpuasa tentu kita harus tetap menjaga aktivitas tubuh kita dengan baik, meskipun badan cenderung lemas namun olahraga tentu masih tetap bisa dilakukan dan dibutuhkan. Tapi olahraga yang dilakukan adalah yang tingkat kesulitannya rendah, misalkan jalan santai, gerak ringan.

Dengan aktivitas fisik yang tetap terjaga, asupan nutrisi juga yang sudah dikonsumsi pada saat sahur, asupan cairan yang sudah dikonsumsi pada saat sahur tadi, diharapkan puasa bisa lebih terjaga, lebih fokus, aktivitas yang lain pun bisa dilakukan dengan baik.

4. Hindari makanan tinggi lemak secara berlebihan

Yang perlu diperhatikan pertama adalah asupan makanan pada saat sahur harus mengandung gizi yang seimbang, harus memiliki cairan yang cukup, rehidrasi yang cukup untuk persiapan puasa selama satu hari, kemudian mengandung mineral dan vitamin yang tercukupi, lalu tidak mengonsumsi lemak berlebihan.

5. Jangan buang energi secara percuma

Kemudian pada saat berpuasa, jangan buang energi dengan aktivitas yang tidak perlu namun tetap lakukan aktivitas fisik ringan, olahraga ringan, istirahat yang cukup di sela-sela beraktivitas. Jika letih bisa rehat sejenak

6. Hindari makanan yang mengiritasi lambung

Persiapan pada saat buka, persiapkan tubuh dalam kondisi yang fit dengan cara makan amkanan yang baik, diawali dengan yang mengadnung gula kemudian lanjutkan dengan gizi seimbang dan hindari makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, santan, atau kafein berlebihan.

7. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan konsentrasi

Sebenarnya semua baik asal dikonsumsi dengan gizi seimbang. Namun, ada beberapa makanan tinggi vitamin dan mineral yang bisa membantu proses regulasi dalam tubuh, seperti sayur-sayuran, buah-buahan tinggi vitamin dan jika ingin mengonsumsi protein tentunya protein yang kadar gizinya baik dan tercukupi, misalkan seafood. Seafood baik untuk fokus.

8. Mengonsumsi suplemen jika perlu

Dan apabila kita tidak dapat memastikan makanan masuk dengan baik, ada nutrisinya, kita bisa menambahkan beberapa suplemen seperti vitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Nah, itulah penjelasan tentang cara tetap fokus saat puasa menurut dr. Gammarida Magfirah lewat kanal YouTube Kata Dokter. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa ya, Inselicious! (bbi)

Topik Terkait