img_title
Foto : Www.freepik.com/rawpixel.com

IntipSeleb – Ada segudang manfaat yang bisa didapat oleh penderita diabetes ketika menjalani puasa. Namun, hal tersebut baru bisa dirasakan ketika pasien memperhatikan beberapa aturan.

Kira-kira apa saja ya? Intip selengkapnya yuk lewat ulasan di bawah ini.

Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes

Freepik
Foto : Freepik

Penderita diabetes bisa merasakan banyak manfaat yang dihasilkan dari berpuasa, diantaranya bisa meningkatkan sensitifikas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada tubuh.

Jadi baik untuk salah satu terapi menstabilkan diabetes,” jelas dr. Gammarida Magfirah, melansir dari YouTube Kata Dokter, 19 Maret 2024.

Hal ini terjadi karena asupan gula dan makanan yang masuk ke dalam tubuh menurun karena puasa, sehingga kadar gula dalam tubuh ikut menurun.

Lebih lanjut, dr. Gammarida Magfirah juga menjelaskan angka normal gula darah saat berpuasa dan sewaktu (proses memeriksa gula darah yang dapat dilakukan kapan saja) yang ternyata memiliki berbedaan.

Saat berpuasa, ambang batas normal umumnya berada di bawah angka 110, lalu jika berada di angka 110-126 bisa dikatakan sebagai pre-diabeti, dan di atas angka 126 perlu diperhatikan karena merupakan tanda-tanda diabetes.

Lalu ketika sewaktu, gula darah 140-200 merupakan pre-diabet, dan di atas 200 itu berkemungkinan menderita diabetes.

Perhatikan Asupan Makanan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Freepik/ wayhomestudio
Foto : Freepik/ wayhomestudio

Meski berpuasa bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh, namun hal ini bisa terjadi ketika pasien memperhatikan beberapa hal, salah satunya dengan mengatur pola makan.

Menu makanan saat sahur dan berbuka puasa tetap harus dikontrol, seperti hindari makan dan minuman manis secara berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Bagaimana, mudah bukan untuk merasakan manfaat puasa untuk tubuh bagi pasien diabetes. Kuncinya adalah mengatur pola hidup ke arah yang lebih sehat, dan konsumsi real food alias makanan asli tanpa diolah secara berlebih dan tinggi gula. (bbi)

Topik Terkait